Jenis dan Harga Alat Alat Pertukangan Kayu

Nama dan gambar alat pertukangan

Harga Alat Alat Pertukangan Kayu - Dalam membuat berbagai furnitur kayu, bagian-bagian rumah atau kerajinan kayu lainnya, seorang tukang kayu pastinya membutuhkan berbagai jenis peralatan. Banyak peralatan tersebut yang sudah dipakai secara tradisional mulai dari puluhan tahun yang lalu. Tetapi banyak juga peralatan tukang kayu yang baru diciptakan beberapa tahun terakhir ini. Semua peralatan tersebut dibuat untuk mempermudah dan mempercepat kerja seorang tukang kayu. 

Nama dan gambar alat pertukangan

Apa saja alat alat pertukangan? Alat Alat Pertukangan Kayu atau Daftar Perkakas/Alat Pertukangan seperti Mesin Bor, Palu, Obeng,  Tang, Kunci Inggris, Gergaji, Gunting Baja Ringan, Paku. Adapun jenis dan harga alat alat pertukangan kayu diantaranya adalah:

Mesin profil

Mesin profil merupakan alat yang dipakai untuk membuat motif pada kayu. Motif yang dihasilkan memiliki berbagai model, ada yang cekung, cembung atau berupa garis. Berbagai motif pada daun pintu atau jendela juga bisa dibuat dengan mesin ini. Selain itu mesin profil juga dapat digunakan membuat slop atau lubang pada jendela yang menjadi tempat kaca, atau pada pintu yang menjadi tempat daunan. Mesin ini bisa dikatakan bukan termasuk alat tukang kayu tradisional. Adapun harganya adalah sekitar 550ribu hingga 800ribu rupiah.

Pahatan

Alat kedua yang banyak dipakai oleh tukang kayu adalah pahatan. Alat ini digunakan untuk bisa merapikan purusan ataupun memahat bermacam-macam bentuk dengan ukuran 1 cm hingga 7 cm. Pahatan juga dipakai untuk membuat lubang kunci serta lubang purusan. Harga pahatan tidak terlalu mahal, seperti halnya harga alat alat pertukangan kayu lainnya. Kita bisa membeli pahatan dengan kisaran harga antara 10 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah.

Meteran

Bekerja dengan kayu tidak akan lepas dari meteran. Alat ukur ini sangat penting untuk mengetahui tebal, lebar ataupun tinggi kayu. Dengan meteran, maka kayu yang akan dikerjakan dapat ditentukan ukurannya dengan tepat. Terdapat berbagai jenis meteran yang bisa dibeli dipasaran. Harganyanya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga lebih dari seratus ribu rupiah. Meteran ini juga menjadi salah satu peralatan tukang bangunan yang sangat sering digunakan.

Mesin gergaji

Untuk berbagai keperluan, gergaji manual yang menggunakan tenaga manusia dirasa kurang efisien untuk digunakan. Karena itu banyak tukang kayu yang menggunakan mesin gergaji. Mesin ini dapat dipakai untuk membelah ataupun memotong berbagai jenis kayu, seperti balok, papan maupun triplek. Melakukan gergaji ringan seperti untuk membuat purusan maupun prostekan juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat ini. Mesin gergaji bisa dibeli dengan harga 650 ribu hingga 3 jutaan rupiah.

Harga alat alat pertukangan kayu memang sangat bervariasi. Apalagi saat ini terdapat banyak sekali merk dari peralatan tersebut. Saat membelinya beberapa hal bisa menjadi pertimbangan. Seperti harganya yang murah, keawetan atau daya tahan alat tersebut, kemudahan dalam perawatannya serta tingkat kesulitan dalam pemakaiannya. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut seorang tukang kayu dapat memilih peralatan terbaik yang akan dipakai.

Baca Juga:

Mesin Amplas

harga cat berkualitas

harga alat tukang kayu

harga pemotong keramik

harga perkakas tukang kayu

harga mesin tukang kayu

harga tang peralatan tukang

daftar harga alat tukang 

merk harga alat tukang


Post a Comment for "Jenis dan Harga Alat Alat Pertukangan Kayu"