Kelebihan dan Kekurangan Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern

Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern

Kelebihan dan Kekurangan Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern - Alat pertukangan kayu listrik merupakan salah satu jenis alat pertukangan modern yang dijalankan dengan menggunakan bantuan tenaga listrik. Saat ini kemajuan teknologi yang semakin maju membuat peralatan tukang kayu semakin canggih. Jika dulu peralatan tukang kayu masih digunakan secara manual, maka sekarang ini sudah banyak peralatan tukang kayu modern yang dioperasikan dengan menggunakan bantuan tenaga listrik. Peralatan ini tentu saja lebih canggih dibandingkan peralatan tukang tradisional.

Alat Pertukangan Kayu Listrik

  • Mesin Gergaji Circular Saw.
  • Mesin Bor Listrik.
  • Jigsaw.
  • Mesin Ampelas.
  • Gergaji Mesin Miter Saw.

Kelebihan Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern

Bagi Anda yang ingin memulai usaha mebel atau furnitur memang lebih disarankan untuk menggunakan alat pertukangan kayu listrik. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan alat pertukangan listrik ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan mesin kayu listrik:

Lebih hemat biaya produksi

Keuntungan pertama menggunakan mesin listrik dibandingkan alat tukang kayu tradisional adalah lebih hemat biaya produksi. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan alat listrik, maka pengusaha tidak perlu terlalu banyak menggunakan bekerja sehingga biaya produksi bisa lebih dihemat. Dengan demikian pengusaha tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membuat satu buah mebel.

Lebih hemat waktu

Selain hemat biaya, dengan menggunakan alat pertukangan kayu listrik maka pengusaha juga bisa lebih menghemat waktu. Pengerjaan mebel dengan bantuan alat mesin listrik ini bisa selesai lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan alat tradisional. Dengan demikian pengusaha bisa memproduksi banyak mebel dengan biaya yang minim, sehingga keuntungan yang akan didapat juga akan lebih banyak.

Hasil lebih bagus dan sempurna

Keuntungan yang terakhir dalam menggunakan mesin kayu multifungsi adalah hasil mebel yang dibuat akan tampak lebih sempurna dan bagus. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan mesin hasil mebel akan lebih sempurna tanpa cacat. Apalagi sekarang sudah terdapat mesin finishing yang akan menjamin bahwa mebel yang dihasilkan sempurna tanpa cacat.

Menggunakan mesin listrik memang mempunyai banyak keuntungan bagi para pengusaha. Walaupun demikian, tidak dipungkiri bahwa dalam membuat mebel kayu tetap dibutuhkan peralatan tradisional. Peralatan tradisional ini digunakan untuk menunjang pembuatan mebel, hal ini dikarenakan ada juga beberapa bagian mebel yang memang harus diselesaikan dengan menggunakan peralatan tradisional. Oleh karena itu, pengusaha mebel harus tetap memiliki peralatan tukang kayu yang tradisional.

Kekurangan Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern

Walaupun alat pertukangan kayu listrik memberikan banyak keuntungan, namun ada juga kekurangan menggunakan peralatan listrik. Kekurangan menggunakan alat listrik ini ada pada penggunaan daya listrik. Pengusaha mebel harus menyediakan daya listrik yang besar untuk menjalankan mesin-mesin listrik. Selain itu, konsumsi daya listrik mesin-mesin ini juga cukup besar sehingga jika digunakan berlebihan bisa membuat tagihan listrik membengkak. Namun kekurangan ini bisa disiasati dengan selalu mengontrol penggunaan mesin dan mematikan mesin ketika sudah tidak digunakan.

Baca Juga:

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Alat Pertukangan Kayu Listrik Modern"