Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Alat Pertukangan Kayu Modern

cara merawat alat pertukangan kayu modern

Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Alat Pertukangan Kayu Modern - Alat pertukangan kayu modern sekarang ini sudah banyak digunakan oleh para pengusaha mebel ataupun para tukang kayu. Dengan menggunakan alat modern pekerjaan tukang kayu terasa lebih ringan, hal ini dikarenakan dengan menggunakan mesin modern semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan bisa selesai lebih cepat. 

Namun penggunaan mesin modern ini juga harus diimbangi dengan perawatan yang teratur. Tanpa perawatan yang tepat maka mesin ini bisa cepat rusak. Oleh karena itu, para pengguna peralatan tukang kayu modern harus mengetahui cara merawatnya.

Peralatan sederhana yang diperlukan tukang kayu antara lain

Alat pertukangan kayu apa saja? Alat Tukang Kayu yaitu seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge.

Tips Perawatan Alat Pertukangan Kayu Modern

Cara merawat alat pertukangan kayu modern sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

Matikan mesin jika tidak digunakan

Peralatan tukang bangunan yang menggunakan listrik termasuk peralatan modern yang perlu dimatikan setelah selesai digunakan. Jadi, jangan lupa untuk selalu mematikan mesin setelah selesai digunakan. Dengan mematikan mesin, Anda juga menghemat penggunaan listrik dan membuat mesin tidak mudah rusak.

Selalu bersihkan setelah selesai digunakan

Cara merawat perkakas kayu modern yang selanjutnya adalah selalu membersihkan alat setelah selesai digunakan. Peralatan modern pertukangan juga perlu dibersihkan secara rutin, dengan melakukan pembersihan secara rutin bisa membuat usia mesin lebih panjang sehingga lebih awet.

Pisau pada mesin juga perlu untuk diasah dan dibersihkan

Perawatan yang perlu dilakukan pada mesin peralatan kayu adalah mengasah dan membersihkan mata pisau pada mesin. Anda bisa melakukan pembersihan mata pisau mesin dengan menggunakan oli bekas. Pengasahan mata pisau pada mesin sangat penting, hal ini dikarenakan dengan mata pisau yang selalu tajam maka mesin bisa bekerja dengan baik.

Cara Memperbaiki Alat pertukangan kayu canggih

Lalu bagaimana jika alat pertukangan kayu modern yang Anda miliki mati? Jika peralatan pertukangan yang Anda miliki mati tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan matinya mesin ini biasa diatasi dengan cara berikut ini:

Lakukan pengecekan pada kabel dan stop kontak mesin

Jika mesin kayu multifungsi Anda mati maka langkah pertama yang dilakukan adalah cek kabel atau stop kontak. Matinya mesin kayu ini bisa terjadi karena ada kabel yang putus. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu kabel dan stop kontak sebelum melakukan pengecekan pada bagian lainnya.

Cek bagian angker mesin

Jika sudah dilakukan pengecekan pada kabel dan stop kontak tapi tidak ada kabel yang putus maka langkah selanjutnya Anda perlu cek angker mesin. Angker mesin yang rusak ditandai dengan adanya bau gosong pada mesin. Nah, jika hal ini terjadi maka Anda perlu menggantinya.

Cek golboster mesin

Matinya mesin juga bisa dikarenakan gobooster yang sudah rusak atau habis. Oleh karena itu, lakukan pengecekan pada golbooster jika mesin mendadak mati.

Harga alat pertukangan kayu modern yang tidak murah ini tentunya harus dirawat dengan benar. Dengan perawatan yang benar, maka peralatan mahal ini bisa awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, perawatan dan perbaikan pada mesin harus dilakukan secara rutin agar kinerja mesin tetap bagus.

Baca Juga:

Post a Comment for "Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Alat Pertukangan Kayu Modern"