5 Alat Pertukangan Kayu dan Fungsinya Yang Wajib Dimiliki Dirumah


Alat Pertukangan Kayu dan Fungsinya Yang Wajib Dimiliki Dirumah - Banyak orang yang menganggap bahwa alat pertukangan kayu hanya perlu dimiliki oleh tukang kayu saja. Padahal alat pertukangan kayu dan fungsinya juga sangat bermanfaat untuk melakukan berbagai kegiatan dirumah. Nah, ada beberapa alat pertukangan kayu yang wajib Anda miliki dirumah. Walaupun Anda bukan seorang tukang kayu, namun alat-alat pertukangan kayu ini sangat bermanfaat bagi Anda dirumah. Khusus untuk Anda akan diberikan daftar alat tukang kayu yang wajib Anda miliki dirumah.

Alat pertukangan kayu modern

Apa saja alat alat pertukangan? Daftar Perkakas/Alat Pertukangan Wajib Mesin Bor, Palu, Obeng, Tang, Kunci Inggris, Gergaji, Gunting Baja Ringan, Paku.

Berikut ini daftar alat pertukangan kayu dan fungsinya yang wajib Anda miliki dirumah:

Palu

Palu merupakan peralatan tukang bangunan ataupun tukang kayu yang sangat dibutuhkan dirumah. Peralatan ini merupakan peralatan umum yang seharusnya setiap rumah mempunyainya. Hal ini dikarenakan palu mempunyai fungsi yang sangat banyak, salah satunya yaitu membantu memasangkan paku ataupun lainnya. Perbaikan perabotan ataupun alat rumah tangga lainnya pasti membutuhkan palu.

Pisau dempul

Alat pertukangan lainnya yang wajib Anda miliki adalah pisau dempul. Pisau ini biasanya digunakan oleh tukang kayu untuk mendempul kayu atau menghaluskan bagian kayu yang kurang rata. Dalam kehidupan sehari-hari, pisau dempul ini sangat berguna pada saat akan melakukan pengecatan dinding. Pisau ini bisa digunakan untuk mengelupas lapisan dinding lama sehingga nantinya hasil pengecatan akan maksimal dan bagus.

Gergaji

Gergaji termasuk alat tukang kayu tradisional yang sangat bermanfaat untuk melakukan berbagai kegiatan perbaikan dirumah. Alat ini sangat dibutuhkan untuk memotong kayu baik yang kecil ataupun yang besar. Walaupun penggunaannya masih sangat tradisional dengan cara manual, namun ketika Anda melakukan perbaikan pada perabotan rumah Anda gergaji sangat dibutuhkan. Tanpa gergaji pekerjaan perbaikan perabot Anda akan tersendat bahkan tidak bisa selesai dengan baik.

Bor manual

Bor manual merupakan alat pertukangan yang memang tidak digunakan setiap hari dirumah. Namun ada baiknya Anda memiliki bor manual, hal ini dikarenakan bor manual sangat berguna jika Anda perlu melubangi kayu ataupun tembok untuk kepentingan tertentu. Dengan menggunakan bor manual memang tidak secepat jika menggunakan mesin bor, namun untuk kebutuhan rumah bor ini akan sangat berguna.

Meteran

Apa nama alat untuk mengukur kayu? Penggaris umumnya terbuat dari bahan kayu , plastik , besi dan kertas. Fungsi utama penggaris adalah sebagai alat ukur panjang dan alat bantu untuk menggambar garis lurus ataupun melengkung dan meteran atau roll meter adalah salah satu alat ukur yang dimiliki nyaris semua tukang kayu adalah meteran. 

Tukang kayu dan tukang bangunan biasanya menggunakan alat ukur jenis apa? Biasanya para tukang menggunakan alat pertukangan kayu manual Meteran dan water pass.

Meteran saku digunakan untuk apa? Sebuah Meteran Saku (rol kecil) digunakan untuk mengukur bangun atau benda yang panjangnya kurang dari 10 meter. Sering digunakan oleh tukang bangunan atau tukang kayu.

Mungkin bagi Anda meteran bukan merupakan salah satu alat yang cukup berguna, namun ada baiknya Anda memilikinya. Meteran ini sangat bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan pengukuran. Dengan memiliki meteran Anda bisa melakukan pengukuran dengan cepat dan akurat. Selain itu, meteran ini juga sangat dibutuhkan ketika Anda akan melakukan pengukuran penempatan perabotan ataupun memperbaiki perabotan rumah.

Alat pertukangan kayu dan fungsinya diatas bisa membantu Anda dalam melakukan perbaikan kecil untuk rumah Anda. Selain itu, dengan alat pertukangan kayu tersebut Anda juga bisa memperbaiki furnitur atau perabot rumah yang sudah mulai rusak. Dengan memperbaiki perabot rumah sendiri tentunya akan lebih menghemat anggaran Anda dalam perawatan perabotan dirumah.

Baca Juga:

Post a Comment for "5 Alat Pertukangan Kayu dan Fungsinya Yang Wajib Dimiliki Dirumah"