Buka Tabungan Neo Bank & Dapatkan Hadiah Tunai 10Jt, Bisa Langsung Ambil!
Tanpa Syarat & Aman

Ambil

Inilah Kelebihan dan Kekurangan (Paling Bahaya) Root Andoid Yang Wajib Kamu Ketahui

Kelebihan dan kekurangan Root Android Terbesar. Keuntungan Dan Risiko saat Android di root. Manfaat dan bahayanya melakukan root pada Hp Android 2021.
5 Kelebihan Dan 9 Kekurangan Serta Risiko Paling Bahaya Melakukan Root Pada Smartphone Android Yang Wajib Kamu Ketahui - Seperti yang kita ketahui bersama, root adalah salah satu perbuatan yang melanggar ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan oleh developer pada setiap brand smartphone yang dimiliki.

Walaupun berbeda merek dan berbeda pembuatnya, tapi untuk masalah melakukan root pada smartphone yang telah dibuat tetap itu menjadi sesuatu hal yang ilegal dan dilarang keras. Hal ini bertujuan agar produk (smartphone Android) yang digunakan dapat berjalan dengan lancar dan nyaman untuk digunakan.

Yah, sebab semua smartphone Android yang telah dirombak sistemnya (yakni di root), maka itu artinya dia telah melanggar seluruh persyaratan dari pembuatan Android tadi. Dan pihak developer brand tersebut juga akan berlepas diri dari smartphone yang sudah di root.


Jadi pihak developer (pembuat smartphone tadi) tidak akan lagi bertanggung jawab dan menjaga sistem operasi yang digunakan oleh smartphone kamu. Karena pada asalnya semua jenis smartphone apapun yang telah dibuat itu dalam kendali sistem operasi Android tadi. Sistem akan menjaga keamanan perangkat yang digunakan dari berbagai serangan jelek seperti virus, peretasan dan yang lainnya.

Walaupun disisi lain terdapat banyak manfaat dan kelebihan pada smartphone yang sudah di root. Entah itu merombak seluruh sistem operasi Android, menambahkan fitur (yang tidak dapat dimasukan ke dalam smartphone yang belum di root), mengurangi kekurangan yang ada atau hal lainnya.


Dari sisi inilah penyebab utama kenapa banyak orang yang tergiur untuk melakukan rooting pada smartphone yang digunakan dalam keadaan tahu atau tidak resiko dan kelebihan yang akan di dapat setelah rooting.

Di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa informasi yang saya ketahui terkait permasalahan rooting smartphone Android. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan serta risiko terbesar yang akan di dapat setelah melakukan rooting Android.

Mungkin kamu juga termasuk salah satu orang yang ingin melakukan rooting tapi belum tahu risiko yang akan di dapat serta kelebihannya. Saya harap dengan sedikitnya penjelasan yang saya jelaskan dibawah ini dapat mengurungkan niat kamu.

Yang pertama akan saya jabarkan terlebih dahulu kekurangan dan risiko terbesar yang akan kamu dapat jika me-root smartphone kamu. Karena siapa tahu kamu bosen membaca hingga akhir dan belum sempat membaca kekurangan dan risiko pada root ini. Berikut ini beberapa kekurangan dan risiko terbesar yang akan kamu alami jika melakukan rooting Hp Android.

Kekurangan, Bahaya Dan Risiko Terbesar Melakukan Root Smartphone Android

Gambar Inilah Kelebihan Serta Kekurangan dan Risiko Root Andoid Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Garansi Smartphone Resmi Hangus

Risiko pertama yang pasti akan kamu alami ialah hangusnya masa garansi smartphone kamu. Garansi merupakan satu-satunya solusi terkahir yang dapat dilakukan ketika smartphone sedang mengalami masalah. Entah itu eror, rusak, mati total karena beberapa sebab, dan lain sebagainya.

Tanpa garansi, smartphone yang rusak karena sebab-sebab yang disebutkan diatas, konsekuensinya kamu pasti harus mengeluarkan sejumlah uang yang besar agar smartphone dapat bekerja dengan normal kembali. Dan biasanya ini bisa lebih mahal dari pada smartphone kamu dengan harga bekas.

Satu-satunya jalan keluar untuk permasalahan yang satu ini adalah ganti Hp baru. Tapi hal ini gak gampang dilakukan. Karena bisa saja ada data-data penting yang tidak bisa di pulihkan ke smartphone baru.

2. Smartphone Mengalami Malfungsi, Bootlop Atau Crash

Smartphone yang gagal di modifikasi atau gagal dalam memodifikasi aplikasi sistem lainnya kemungkinan besar smartphone kamu bukannya menjadi canggih dan sesuai harapan, namun smartphone Android kamu akan mengalami banyak kerusakan seperti crash atau yang semacamnya.

Tentu ini akan menjadi hal yang paling buruk jika smartphone mengalami bootlop atau bahkan crash. Karena kalau Android sudah mengalami bootlop atau crash, pasti usia smartphone tidak akan lama lagi. Satu-satunya solusi untuk mencegah agar tidak lebih parah, kamu harus mengembalikan sistem operasi Android kamu seperti awal. Yakni kembali di unroot.

3. Keamanan Hp Android Rentan Terkena Virus Malware Dan Serangan Hacker

Sebelum melakukan rooting, tujuan kamu yang sebenarnya apa. Apakah untuk mendalami pembelajaran di dunia teknologi seperti pembelajaran hacking, program, cheat software atau hanya sekedar main-main aja atau coba-coba aja?

Kalau tujuan kamu hanya untuk coba-coba dan masih awam dengan apa yang harus kamu lakukan saat smartphone di root, sebaiknya jangan. Karena cara penggunaan smartphone yang sudah di root dengan yang tidak di root itu sangat berbeda jauh dan kalau kamu masih awam dan tidak tahu cara menggunakan smartphone yang sudah di root, itu dapat berakibat fatal dan akan sangat berbahaya.

Saat smartphone Android yang sudah di root, kamu harus waspada dalam penggunaan aplikasi software terlebih lagi dalam browsing di internet. Pasti bakalan banyak iklan-iklan berupa virus yang tidak terdeteksi dan tidak terblokir oleh sistem Android kamu yang dapat mengakibatkan masuknya virus tadi ke dalam smartphone tanpa kamu sadari.

Kalau smartphone sudah terkena virus, kinerja smartphone Android kamu pasti aman menurun. Beberapa aplikasi akan mengalami eror, bootlop bahkan crash.

Jadi gimana nih, tetep masih kepengin rooting Android kamu? Lanjut baca dulu sebelum root ya!

4. Tidak Bisa Update OS OTA

Kekurangan dan risiko lainnya jika smartphone di root adalah tidak bisa melakukan update OS OTA. Hal ini disebabkan karena sistem operasi normalnya sudah kamu rombak dan sudah terlepas dengan sistem operasi bawaan Android.

Hal ini menyebabkan sistem operasi menolak sistem Android kamu untuk menerima update OS OTA. Padahal melakukan update OS merupakan salah satu hal yang bisa membuat smartphone menjadi lebih awet dan dapat meningkatkan kinerja smartphone kamu.

Tapi walaupun sistem operasi Android menolak smartphone kamu untuk melakukan update OS OTA, kamu tetap masih bisa update sistem OS kamu secara manual. Yaitu dengan cara update melalui Recovery.

Jadi saya sarankan kalau kamu betul-betul ingin melakukan rooting, sebaiknya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dirasa penting seperti tadi dan bahan-bahan lainnya untuk melakukan unroot kembali.

5.  Memperpendek Usia Smartphone Android Kamu

Risiko terbesar yang bakal kamu alami saat smartphone Android kamu di root adalah root dapat mempercepat usia smartphone menjadi mati. Pasti semua orang gak mau Hp yang digunakan mati sia-sia hanya karena perbuatan yang tidak ada manfaatnya sama sekali.

Di poin yang satu ini saya harap kamu betul-betul memikirkan dengan matang. Karena akibatnya bisa fatal banget. Kalau Hp sudah mati total, alamat ganti dengan yang baru.

Biasanya smartphone yang sudah di root dan mengalami kegagalan (walaupun hanya sedikit), smartphone kamu akan mengalami bootlop, ngeleg, softbrick, hardbrick atau bahkan crash sekaligus. 


Hal ini disebabkan karena beberapa sebab dan yang paling seringnya adalah karena smartphone kamu tidak kuat dan kinerja akan semakin menurun. Saran saya kalau mengalami kegagalan atau ada sedikit masalah eror di Hp kamu, sebaiknya langsung saja di unroot kembali.

6. Tidak Bisa Memasang Aplikasi Tertentu

Kekurangan dan risiko selanjutnya yang bakalan kamu Alami setalah rooting adalah tidak dapat menginstall beberapa aplikasi. Walaupun secara logika atau teori, smartphone yang sudah di root itu bebas meng-install dan meng-uninstall aplikasi yang kita inginkan.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang memiliki keamanan yang tinggi yang tidak dapat menerima pengguna dengan smartphone yang di root. 

Salah satunya adalah aplikasi mobile banking. Kalau kamu meng-install aplikasi ini, pasti kamu akan ditolak untuk mengakses lebih jauh ke dalam aplikasi ini.

Hal ini disebabkan karena keamanan sistem yang sudah tertanam dalam aplikasi untuk menolak dari device yang mencurigakan seperti root ini. Hal ini agar tidak terjadinya pembobolan sistem keamanan ataupun data user yang terdaftar di mobile banking ini.

7. Ponsel Menjadi Cepat Panas

Melakukan rooting smartphone Android memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan di saat itulah seluruh sistem yang tertanam pada smartphone akan bekerja sepenuhnya. Maka sudah tak heran lagi jika setelah melakukan root ponsel kamu akan selalu menjadi panas.

8. Aplikasi Sering Eror

Menjumpai beberapa aplikasi dalam ponsel menjadi eror setelah rooting sudah menjadi hal yang wajar. Karena ini merupakan salah satu kekurangan dan risiko ponsel yang di root. Misalnya seperti aplikasi game atau Play Store yang tidak bisa di akses atau bahkan sering menutup sendiri.

Satu-satunya solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah melalukan unroot kembali dan install ulang aplikasi tersebut.

9. Kerusakan Pada Sistem, Seperti Error,  Bootlop, Softbrick, Hardbrick

Kekurangan lainnya dari root yaitu Hp Android kamu dapat mengalami kerusakan sistem. Baik itu error, bootlop, softbrick dan hardbrick. Hal ini akan terjadi jika ada kegagalan saat proses root Hp Android. Hampir sama dengan poin yang sebelumnya.

Nah, setelah kamu membaca dan memahami seluruh kekurangan dan risiko terbesar jika Hp Android di root seperti yang sudah dijelaskan diatas, tetep mau root Hp Android? Itu terserah diri masing-masing aja.

Setelah menjelaskan panjang lebar mengenai kekurangan dan risiko root, sebaiknya kita bahas juga kelebihan dan manfaat Hp atau smartphone Android yang di root. Berikut beberapa kelebihan dan manfaat terbesar dan paling banyak diincar oleh banyak orang.

Kelebihan Dan Manfaat Root Hp Android

Gambar Inilah Kelebihan Serta Kekurangan dan Risiko Root Andoid Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Yang Tidak Digunakan

Hp Android yang kita gunakan umumnya terdapat beberapa aplikasi bawaan atau bloatware yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah sama sekali.
Dengan melakukan root, kamu bisa dengan bebas membuang aplikasi bawaan yang dirasa gak penting dan gak pernah kamu pakai. Tentunya ini juga akan membuahkan manfaat lain seperti memperluas ruang penyimpanan smartphone Android kamu.

2. Ruang Penyimpanan Lebih Luas, Android Jadi Ngebut dan Ringan

Pasti kamu sudah tahu kelebihan dan manfaat root Android yang satu ini. Karena poin atau kelebihan dan manfaat  ini menjadi salah satu alasan utama banyak orang yang ingin dan tergiur melakukan root Hp Android.

Ada banyak cara agar ruang penyimpanan Hp Android kamu menjadi lebih lega, ringan dan ngebut setelah melakukan root. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify yang dapat membantu kamu untuk membersihkan, memperluas, meringankan beban pada RAM Hp Android kamu. Dengan begitu seluruh kinerja Hp Android bisa berjalan dengan maksimal tanpa ada masalah ruang penyimpanan yang penuh.


Mungkin kalau Hp Android kamu sering mengalami ruang penyimpanan yang hampir habis dan jadi lemot, mungkin solusi terbaiknya adalah melakukan root untuk meringankan dan memperluas ruang penyimpanan Hp Android kamu. Tapi ingat dengan kekurangan dan risiko root yang sudah dijelaskan diatas ya.

3. Baterai Hp Lebih Hemat

Keuntungan dan manfaat root lainnya adalah dapat menghemat penggunaan pada baterai Hp Android. Setelah melakukan root, kamu bisa membuang seluruh data-data dan aplikasi yang dapat membebankan baterai Hp kamu dan membuat baterai jadi boros.

Karena pada umumnya, terdapat banyak sistem Android yang selalu berjalan di latar belakang pengguna smartphone yang membuat baterai menjadi lebih cepat habis dan boros. Tapi kalau Hp kamu sudah di root, kamu bisa bebas dari sistem tersebut dan dapat memaksimalkan kinerja Hp Android dan baterai Hp juga akan lebih awet.

4. Memblokir Iklan Yang Ganggu

Pasti kamu pernah kan saat bermain game atau menjalankan sebuah aplikasi kemudian muncul banyak iklan yang menggangu? Nah, kalau Hp Android kamu sudah di root, kamu bisa menghilangkan semua iklan yang menggangu tersebut dengan cara menggunakan aplikasi Adblock Plus atau AdFree.

Aplikasi tersebut dapat membantu untuk menghilangkan segala macam jenis iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan game.
Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada smartphone yang sudah di root!

5. Bebas Menginstall Aplikasi Dan Game

Salah satu kelebihan dan manfaat dari root yang paling banyak dicari adalah bebasnya meng-install aplikasi dan game sepuasnya. Seperti yang kamu tahu, tidak semua aplikasi dan game untuk Android itu dapat di install di semua perangkat. Namun ada juga beberapa aplikasi tertentu yang tidak bisa di install kecuali setelah root.

Itulah 9 kekurangan dan risiko terbesar jika smartphone Hp Android kamu di root serta lima kelebihan dan manfaat Hp Android yang di root. Intinya sih, kalau kamu ingin melakukan root Hp Android, sebaiknya kamu sudah tahu betul apa yang harus dan jangan dilakukan pada Hp yang di root.

Selain itu, kamu juga wajib tahu cara untuk unroot Android. Agar jika ada kegagalan saat root, kamu masih bisa menyelamatkan Hp Android kamu agar tidak mengalami kerusakan pada sistem dan hardware. Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.
Seorang Mahasiswa yang hampir lulus dari sekolah yang memberatkan diri. Suka berbagi ilmu pengetahuan dengan cara menuliskan artikel-artikel yang ada di Blog ini.

Post a Comment

New comments are not allowed.