3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan


Gambar 3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
Inilah Penyebab Telegram Tidak Bisa Mengirim Pesan Chat Dan Cara Mengatasinya - Masalah tidak dapat mengirim pesan atau chat di aplikasi telegram ini merupakan masalah yang kerap terjadi belakangan ini. Banyak pengguna telegram yang hal seperti ini tapi mereka sendiri tidak tahu apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Umumnya, penyebab yang kerap terjadi tidak dapat mengirim chat itu di karenakan user atau akun tersebut telah melanggar beberapa ketentuan dan kebijakan dari pihak telegram. Itu umumnya, tapi ada juga yang selain itu. 

Di artikel kali ini saya akan memberi tahu beberapa sebab kenapa tidak bisa mengirim chat di telegram dan solusi untuk mengatasi masalah ini. Sebelum kamu mencari solusi untuk mengatasi masalah yang kamu alami, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apa sebabnya akun kamu tidak bisa mengirim chat ke orang lain di telegram. Kamu bisa cari tahu beberapa sebab untuk masalah ini dibawah ini. 

Penyebab Tidak Dapat Mengirim Chat Di Telegram 

1. Koneksi Jaringan Internet Bermasalah

Sebab pertama yang bisa saja terjadi itu di karenakan koneksi internet kamu yang tidak stabil atau hilang sama sekali. Bisa saja hal ini terjadi tanpa kamu sadari saat tidak dapat mengirim chat.

Biasanya, kalau di telegram kamu terdapat banyak sekali grup atau channel yang isinya penuh dengan media seperti foto, video, audio atau dokumen, itu dapat berpengaruh terhadap kestabilan koneksi internet kamu. 

Walaupun kamu tidak menyimpan seluruh media tersebut ke memori internal Hp kamu, semua media itu akan otomatis masuk ke folder Hp kamu dalam folder Telegram (disebut dengan cache).

Saat kamu masuk ke channel atau grup di telegram, kamu bisa lihat seberapa stabilnya koneksi internet kamu dengan cara melihat info atau tulisan yang ada dibawah nama grup atau channel tersebut. Biasanya kalau koneksi internet tidak stabil, statusnya akan muncul "Menghubungkan..."

2. Sistem Aplikasi Sedang Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan tidak dapat mengirim chat disebabkan karena sistem aplikasi atau Andoid kamu tidak stabil. Masalah ini kerap terjadi pada sebagian pengguna telegram karena penyimpanan memori internal smartphone yang kurang luas. Sehingga semua media dan data yang sudah kamu simpan dari telegram ini menyebabkan smartphone bekerja dengan tidak stabil.

3. Akun Kamu Terkena Pembatasan Akun (Banned Sementara atau Selamanya)

Masalah tidak dapat mengirim chat di telegram bisa saja disebabkan karena pembatasan akun atau biasa disebut dengan banned atau blokir. Kalau masalah yang seperti ini biasanya disebabkan karena kamu telah mengirimkan chat, link, foto, video atau dokumen yang di anggap spam oleh sistem aplikasi telegram.

Ini sebenarnya sudah menjadi peraturan bagi seluruh pengguna di telegram agar tidak melakukan aktifitas yang di anggap spam oleh sistem. Sehingga jika akun kamu terdeteksi ada spam atau bahkan melanggar peraturan kebijakan dan ketentuan pihak telegram, sudah bisa dipastikan akun kamu terkena blokir atau pembatasan akun. 

Dampak buruknya akun kamu tidak dapat mengirim chat ke pengguna telegram lain yang tidak menyimpan nomor kamu. Kecuali mereka dulu yang mengirim chat kepada kamu dan kamu bisa membalas chat tersebut. Selepas dari itu, tetap aja gak bisa kirim chat lagi. 

Selain itu, penyebab lainnya yang mengakibatkan akun kamu diblokir oleh pihak telegram adalah disebabkan karena ada pengguna telegram lain yang melaporkan kamu.

Coba kamu ingat-ingat lagi kamu pernah gak kirim chat ke pengguna lain yang tidak ada di kontak kamu? Mengirim chat spam, link atau foto dan video yang membuat dia tidak nyaman?  Kalau pernah, fix! Berarti itu sebab utamanya. 

Udah tahu penyebab masalah yang kamu alami di poin beberapa? Kamu masuk ke poin yang ke berapa? 1,2 atau ke 3? Nah, setelah kamu tahu penyebab utama yang membuat akun kamu tidak dapat mengirim chat telegram, sekarang waktunya mengatasi semua masalah tersebut dengan cara-cara yang saya berikan dibawah ini.

Ingat!
Lakukan sesuai dengan masalahnya masing-masing ya. Jangan salah kaprah melakukannya. Sesuaikan dengan penyebab yang kamu alami.

Cara Mengatasi Masalah Tidak Dapat Mengirim Chat Telegram 

1. Periksa Koneksi Jaringan Internet Kamu

Solusi pertama tidak bisa kirim chat adalah dengan cara cek koneksi jaringan internet kamu. Seperti yang sudah di jelaskan diatas tadi, kalau penyebabnya karena ada status "Menghubungkan..." dibawah nama grup atau channel, sudah bisa dipastikan bahwa ini masalah koneksi internet saja. 

Kamu bisa cek kecepatan koneksi jaringan internet kamu menggunakan tool yang saya buat. Kalau ternyata memang koneksi internet kamu tidak stabil, kamu bisa muat ulang koneksi internet kamu dengan cara mematikan data seluler atau hidupkan mode pesawat untuk beberapa menit ke depan atau baca tutorial cara mengunci jaringan internet di semua jenis smartphone Android.

Setelah memulai ulang koneksi internet kamu, kamu bisa cek kembali chat ke pengguna tadi di telegram. Seharusnya sih ini sudah bisa kembali dengan normal. Tapi kalau masih tidak bisa kirim chat karena koneksi internet tidak stabil, kamu bisa reboot (restart) ulang Hp kamu. 

Dengan melakukan restart atau reboot, sistem operasi Android kamu akan memulai ulang dan memulihkan semuanya agar kembali normal. Karena bisa saja sistem smartphone kamu sedang menurun dan tidak stabil. 

2. Hapus Data Cache Pada Aplikasi Telegram

Solusi lain untuk memulihkan telegram yang tidak bisa kirim chat disebabkan karena sistem aplikasi yang tidak stabil atau eror adalah dengan cara menghapus seluruh cache aplikasi. Dengan cara inilah satu-satunya cara aplikasi kembali dengan normal tanpa harus menghapus seluruh data atau bahkan meng-uninstall aplikasinya.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bisa saja memori internal Hp kamu itu penuh dengan seluruh data dan cache dari aplikasi telegram ini. Baik itu foto, video, voice note, link, chat dan dokumen-dokumen yang membuat penyimpanan internal penuh. Untuk solusinya seperti yang sudah saya jelaskan diawal tadi, kamu cukup hapus data (foto, video dll) dan cache di aplikasi telegram ini. 

3. Minta Kepada Pihak Moderator Bot Telegram Untuk Memulihkan Akun Yang Di Banned

Kalau kamu tidak bisa kirim chat yang di sebabkan bukan karena dua poin diatas, kemungkinan akun kamu sudah diblokir oleh pihak telegram langsung. Dan ini juga bisa terjadi karena dua sebab juga.

Yang pertama karena kamu melanggar peraturan dan kebijakan pihak telegram. Bisa itu karena mengirim chat spam atau mengirim chat dan media yang tidak senonoh kepada pengguna, grup atau channel lain.

Atau bisa jadi karena ada orang lain yang sudah melaporkan akun kamu kepada pihak telegram untuk segera memblokir akun kamu. Nah, untuk masalah yang ini, kalau kamu tidak merasa kamu melanggar peraturan dan ketentuan aplikasi, kamu bisa mengajukan pending terhadap akun yang telah diblokir.

Ke dua masalah ini sebenarnya sama saja. Hampir tidak ada perbedaannya. Sama-sama diblokir oleh moderator aplikasi dan cara mengatasinya pun sama. 

Kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melaporkan pending terhadap akun yang terkena banned atau blokir. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah banned akun :
  1. Pertama kamu buka dulu browser Google Chrome kamu. Atau kamu juga bisa langsung masuk ke aplikasi telegram-nya.
  2. Kemudian masukan kata kunci "Spam Info Bot" di pencarian Google atau pun pencarian di aplikasi telegram langsung (Pastikan memilih yang terdapat tanda centangnya).Gambar 3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
  3. Kemudian klik tombol mulai dan bot akan mengirimkan status akun kamu.Gambar 3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
  4. Di langkah ini kamu bisa mengetahui status akun kamu saat ini. Jika bot mengirimkan pesan yang menunjukkan akun kamu diblokir, kamu bisa mengajukan pending kepada pihak moderator dengan cara meng-klik tombol "Tapi, saya tidak dapat mengirim pesan untuk orang di luar kontak!".
  5. Tapi kalau bot mengirimkan pesan seperti gambar dibawah ini, itu berarti status akun kamu baik-baik saja dan tidak ada masalah yang terdeteksi.Gambar 3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
  6. Ikuti langkah-langkah yang diberikan bot dengan benar dan sebutkan alasan mengapa kamu mengajukan pending terhadap akun yang dibatasi atau di banned. 
  7. Kalau kamu sudah mengirimkan pengajuan pending akun yang diblokir dan pihak telegram masih tidak menyetujuinya, maka bot akan mengirimkan pesan seperti gambar dibawah ini.Gambar 3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan
  8. Pada gambar di atas sudah bisa disimpulkan bahwa akun kamu betul-betul di blokir karena sebab yang sudah disebutkan. Jadi kalau akun kamu tidak dapat dipulihkan kembali, kamu hanya bisa menunggu hingga waktu pembatas akun (proses banned) selesai. 

Nah, itulah penyebab mengapa tidak dapat mengirim pesan telegram dan cara mengatasinya yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.

Post a Comment for "3 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan"