Bahasan Terkait Soal Psikologi untuk Memilih Jurusan Kuliah

soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah
Sumber: Freepik.com

Soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah adalah alternatif opsi yang sering kali terlintas di benak para calon mahasiswa. Pasalnya, sebagian besar dari mereka merasa kesulitan menentukan jurusan perkuliahan untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan tidak jarang ada siswa yang mengikuti temannya tanpa tahu apa pun mengenai jurusan tersebut. Hal ini tentu sangat tidak baik karena kemampuan setiap individu jelas berbeda. Apabila Anda salah satunya, maka ada kemungkinan Anda tidak cocok dengan jurusan tersebut. Masalah-masalah seperti kurang mampu mengikuti perkuliahan, tidak semangat, hingga ingin pindah jurusan adalah hal yang wajar.

Namun, tentu saja hal itu harus Anda hindari karena tidak baik untuk masa depan Anda. Ketidakcocokan jurusan kuliah tersebut bisa membuat Anda kurang maksimal dalam menimba ilmu. Padahal Anda sudah berupaya untuk mencari dan memahami tips memilih jurusan kuliah tepat latsol. Oleh karena itulah permasalahan jurusan kuliah ini menjadi dilema dan membuat galau banyak calon mahasiswa.  Mengingat tes psikologi bisa jadi salah satu cara penemuan solusi, Anda tentunya penasaran dengan tes psikologi ini, bukan? Mari mempelajari lebih lanjut mengenai tes psikologi untuk pemilihan jurusan.

Mengenal Soal Psikologi untuk Memilih Jurusan Kuliah

Sumber: Freepik.com

Anda mungkin penasaran mengenai tes psikologi karena di tes yang satu ini cukup berbeda dengan tes-tes yang lainnya. Biasanya Anda harus mendapatkan nilai tes tertentu untuk mengetahui kemampuan diri atau bagus tidaknya Anda pada suatu hal. Namun, di tes ini lebih ke cara untuk mengenali diri sendiri sehingga tidak ada batasan tertentu. Tes psikologis adalah cara untuk mengetahui dan memberikan penilaian terkait fungsi psikologis seseorang.

Untuk fungsinya sendiri ada berbagai macam mulai dari soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah, mengetahui kondisi medis, seleksi pekerjaan, dan kondisi mental seseorang. Sehingga tentu saja Anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan tanpa adanya rekomendasi ahli atau kebutuhan khusus. Pemilihan jurusan atau peminatan biasanya memang menggunakan tes psikologis karena dengan tes ini Anda bisa tahu kemampuan diri yang sebenarnya.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

Tentu saja dengan catatan Anda mengerjakan tes tersebut dengan baik dan benar. Dalam hal ini, Anda tidak belajar dan mengerjakannya sendiri sesuai dengan kemampuan diri.

Jenis-Jenis Soal Psikologi untuk Memilih Jurusan Kuliah

Dalam hal kebutuhan penentuan jurusan kuliah Anda bisa mengikuti beberapa tes psikologis yang berbeda. Masing-masing tesnya tentu memiliki prosedur yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula. Dengan demikian Anda perlu menyesuaikan pemilihan tes psikologis agar bisa mendapatkan hasil yang Anda butuhkan. Penting sekali untuk mendapatkan arahan dan bimbingan dari orang yang berpengalaman di bidang psikologi dan konseling.

Anda bisa berkonsultasi dengan guru BK atau orang tua mengenai keinginan mengikuti tes psikologis. Mereka akan mengarahkan dan membantu Anda untuk menemukan jawaban atas kegundahan dan dilema dalam menentukan jurusan kuliah.

Anda mungkin saja penasaran dengan jenis-jenis tes psikologis yang dapat Anda ambil. Di bawah ini adalah penjelasan jenis-jenis soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah. Silakan simak dengan baik agar Anda mengetahui dan tidak bingung ketika guru menjelaskan mengenai tes-tes psikologi yang mungkin Anda ambil.

Tes Bakat Diferensial atau Differential Aptitude Test

Jenis tes psikologi yang satu ini bertujuan untuk mengetahui bakat terpendam dari seseorang dengan menggunakan sistem battery test. Di Indonesia penggunaan tes bakat diferensial ini sudah sangat sering dan umum. Anda mungkin sudah pernah menjalani tes ini ketika akan masuk ke SMP atau SMA.

Tes ini sangat umum untuk membantu proses bimbingan karier pada siswa kelas 8 hingga kelas 12. Pada tes ini ada sebanyak 7 subtes yang berbeda antara lain verbal reasoning, language usage, numerical ability, clerical speed acurary, space relation, abstract reasoning, dan mechanical reasoning.

Tes Flanangan Aptitude Classification Test

Soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah satu ini bertujuan untuk mengetahui bakat dan juga kemampuan dasar seseorang pada saat melakukan tugas tertentu. Umumnya tes ini penggunaannya untuk kebutuhan kerja tetapi tidak jarang pula yang memanfaatkan tes Flanangan untuk memilih jurusan kuliah. Pada tes ini sebenarnya ada 14 item soal yang berbeda dan penggunaannya berdasarkan kebutuhan. Pemberi tes sangat mungkin memberi Anda semua item tersebut maupun memberikan sebagian setelah mencari tahu kebutuhan Anda.

Adaptasi tes Flanangan di Indonesia menjadi 8 item soal saja dari 14 soal keseluruhan. Item-item tes tersebut antara lain adalah tes kode dan ingatan, tes merakit objek, tes ungkapan, tes skala dan grafik, tes pemahaman, tes mengutip, tes table, dan tes komponen. Anda tidak perlu khawatir merasa lelah atau keberatan ketika menjalani tes ini. Proses pengerjaan tes Flanangan terbagi menjadi dua tahap dan ada istirahat di setiap pergantian item tesnya.

Tes General Aptitude Test Battrey

Sama seperti tes DAT, tes GATB merupakan tes yang penggunaannya cukup sering di Indonesia. Tes yang satu ini biasanya untuk mengukur IQ seseorang dan sebagai dasar menentukan jurusan kuliah. Ada banyak sekali kelebihan dari tes GATB sehingga pengguna lebih suka dengan tes ini daripada tes psikologi lainnya.

Salah satu kelebihan dari tes GABT adalah administrasi pelaksanaan tes yang lebih singkat dan waktu pengerjaan tes yang juga singkat. Anda mungkin sering mendengar bahwa soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah membutuhkan waktu yang lama dan sering kali melelahkan.

Tes GATB memiliki hingga 12 subtes untuk mengukur 9 jenis bakat yang berbeda dari seseorang. Anda pastinya penasaran dengan subtes-subtes yang akan Anda jalani bila memilih tes psikologi yang satu ini, bukan? Subtesnya antara lain persepsi klerical, bakat numerik, tes tiga dimensi ruang, tes perbendaraan kata, tes tool matching, tes penalaran aritmatik, tes form matching, tes mark making, tes place, tes memutar, tes memasang, dan tes membongkar.

Manfaat Mengikuti Tes Psikologi untuk Memilih Jurusan Kuliah

Tes psikologi ini bukan hanya untuk mendapatkan jawaban pemilihan jurusan yang selama ini membuat Anda dilema. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti dan melakukan tes psikologi yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tes psikologi dengan tujuan penentuan jurusan kuliah.

Baca juga: Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan

Informasi Mengenai Potensi Diri

Sebagian dari Anda mungkin tidak bisa mengenali diri sendiri sehingga kebingungan ketika ada yang bertanya mengenai kemampuan diri. Misalnya pertanyaan sederhana seperti mata pelajaran yang paling mereka kuasai dan sebagainya. Untuk menjawabnya mereka harus berpikir dan mengingat-ingat tanpa bisa memberikan jawaban secara spontan. Bahkan tidak jarang ada yang tidak bisa memberi jawaban atas pertanyaan sederhana seperti itu.

Nah, dengan tes psikologi ini Adna tidak perlu bingung lagi karena semua potensi diri akan muncul pada hasil tesnya. Dengan demikian Anda mengetahui arah kemampuan dan juga bakat yang Anda miliki.

Pedoman Penentuan Keputusan

Hasil pengerjaan soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah bisa Anda jadikan dasar untuk menentukan keputusan di masa depan. Anda tentunya harus memiliki rencana jangka panjang terkait pendidikan ataupun pekerjaan Anda. Pembuatan rencana jangka panjang tentunya bisa makin sukses bila sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Jangan lupa untuk melibatkan orang-orang terdekat mengenai rencana masa depan idaman Anda. Mereka bisa membantu memberikan pandangan dan masukan sehingga menjadi keputusan yang baik dan benar-benar sesuai dengan keinginan serta kemampuan.

Meminimalkan Kesalahan Pemilihan Jurusan

Manfaat yang paling utama dari pelaksanaan tes psikologi untuk memilih jurusan ini jelas adalah meminimalkan kesalahan pemilihan jurusan. Anda mungkin sudah mengetahui betapa merugikannya salah memilih jurusan kuliah. Bukan hanya rugi waktu, Anda juga akan rugi secara materi karena harus pindah jurusan dan mengulang dari awal. Selain itu, proses belajar tentunya akan lebih menyenangkan dan nyaman bila Anda bisa mengikutinya dengan baik.

Apa gunanya menempuh pendidikan yang justru membuat Anda stres karena tidak bisa paham sama sekali. Anda tidak bisa maksimal dalam belajar sehingga nilai IPS jelek setiap semesternya. Akibatnya, tentu saja IPK yang merosot dan makin sulit bersaing dengan para pencari kerja dengan IPK yang tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah yang bisa Anda pelajari. Sekarang, Anda bisa memutuskan untuk memilih tes psikologi sebagai solusi atau berusaha mencari jalan keluarnya sendiri. Sambil menunggu hasilnya keluar Anda bisa cek jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar, siapa tahu salah satunya cocok dengan Anda. 

Post a Comment for "Bahasan Terkait Soal Psikologi untuk Memilih Jurusan Kuliah"