Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Gaji Besar

jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar
Sumber: Freepik.com

Setelah lulus dari bangku SMA atau sederajatnya, Anda yang memilih untuk melanjutkan pendidikan akan berhadapan dengan banyak sekali pilihan jurusan. Saking banyaknya Anda bisa sampai kesulitan dan merasa dilema harus memilih jurusan yang mana. Ada banyak sekali kriteria pemilihan jurusan yang bisa Anda gunakan dan salah satunya adalah jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar. Pada akhirnya Anda akan bekerja dengan bekal ilmu yang sudah Anda dapatkan dari universitas. Jadi, sah-sah saja bila Anda memilih jurusan yang memiliki peluang kerja dan gaji yang besar.

Tentu saja Anda harus menyesuaikan apakah Anda mampu ataukah tidak untuk belajar di jurusan tersebut. Menempuh pendidikan tinggi adalah persoalan yang serius dan tidak bisa Anda anggap enteng. Sehingga, Anda pun perlu berhati-hati agar bisa menyelesaikan pendidikan di universitas dengan baik dan tepat waktu. Apa gunakan peluang kerja dan gaji yang besar di jurusan tertentu bila Anda tidak bisa apply di pekerjaan tersebut karena tidak bisa menyelesaikan pendidikan. Informasi mengenai jurusan di ulasan ini dapat Anda gunakan untuk memilih jurusan yang ingin Anda masuki dan mengatur strategi untuk memperjuangkannya.

Inilah 5 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Gaji Besar

Saat ini Anda mungkin sering kali mendengar mengenai mahasiswa-mahasiswa baru yang merasa kesulitan mengikuti perkuliahan mereka. Alasannya jelas karena mereka merasa tidak sesuai dengan jurusan pilihan dan ingin berhenti untuk pindah jurusan. Apa pun motivasi Anda untuk memilih suatu jurusan sebenarnya tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah Anda bisa berkomitmen terhadap pilihan dan menyelesaikannya sampai akhir.

Memilih jurusan dengan kriteria jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar alih-alih minat dan bakat tentu tidak masalah. Asalkan Anda mampu belajar di sana dengan baik dan meraih gelar Sarjana dengan membanggakan. Siapa pun juga tahu betapa sulitnya mencari pekerjaan di masa sekarang. Mencari lowongannya saja sudah sulit tetapi ketika mendapatkannya pun tawaran gajinya banyak yang tidak sesuai dengan workload-nya.

Maka, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja bagus dan berkesempatan dapat gaji besar. Simak dengan baik karena siapa tahu salah satunya akan cocok dengan Anda.

Baca juga: 7 Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris dan Tips Cepat Mahir Berbahasa Inggris

Desain Game

Sumber: Freepik.com

Jurusan yang satu ini jarang sekali terdengar di Indonesia sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Industri game sekarang makin ramai dan akibatnya kebutuhan akan designer game pun meningkat. Jurusan Desain Game ini sebenarnya sudah ada sejak lama tetapi namanya tidak seterkenal jurusan lain di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini jelas karena game bukan sesuatu yang masyarakat sukai. Banyak yang menganggap game adalah hal yang menyebabkan anak malas belajar dan lupa waktu.

Jadi, Anda mungkin membutuhkan waktu untuk meyakinkan orang tua Anda untuk masuk ke jurusan ini. Ini adalah salah satu jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar mengingat perkembangan teknologi dan minat terhadap game makin meningkat. Beberapa universitas yang membuka jurusan Desain Game di Indonesia adalah Bina Nusantara, ITS, ITB, UMN, Ubaya, UC Surabaya, dan lain-lain. Rentang gaji yang Anda dapatkan dari pekerjaan yang berhubungan dengan game ini hingga Rp 30 juta. 

Teknik Penerbangan

Sumber: Freepik.com

Bisa dibilang jurusan Teknik Penerbangan adalah salah satu jurusan yang menjadi banyak incaran bagi mereka yang ingin bekerja dengan gaji yang besar. Teknisi penerbangan ini posisinya tak kalah penting dari awak pesawat seperti pramugari dan pilot. Tanpa adanya teknisi penerbangan tidak ada yang memastikan kondisi pesawat dalam keadaan baik dan aman untuk terbang.

Anda bukan hanya bisa menjadi seorang teknisi pesawat saja bila memilih jurusan Teknik Penerbangan. Seorang lulusan Teknik penerbangan bisa bekerja sebagai Sekbang-AU dan Dislitbang-AU di TNI. Di jurusan ini Anda akan belajar membuat dan juga mengoperasikan pesawat, roket, dan juga satelit. Rentang gaji yang bisa Anda dapatkan dari jurusan ini berkisar di angka Rp 20 juta hingga 25 juta.

Teknik Pertambangan

Sumber: Freepik.com

Jurusan yang satu ini memang terkenal sebagai jurusan yang banyak uangnya. Lulusan dari jurusan Teknik Pertambangan jelas akan bekerja di perusahaan tambang yang mampu menawarkan gaji tinggi. Tidak tanggung-tanggung Anda berkesempatan untuk mendapatkan gaji berkisar di angka Rp 11 juta hingga 32 juta per bulannya. Teknik Pertambangan akan membekali Anda dengan ilmu pertambangan mulai dari minyak buni, gas alam, batu bara, dan barang tambang lainnya.

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar ini memiliki risiko tinggi sehingga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Lokasi kerja yang hanya ada di daerah-daerah tertentu dengan berbagai teknologi pertambangan serta armada pertambangan yang luar biasa besar. Anda akan seperti berada di dunia yang berbeda bila sudah terjun ke lapangan dan bekerja di bidang pertambangan. Bagi Anda yang berasal dari Soshum juga ada rekomendasi jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi.

Data Sains

jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar
Sumber: Freepik.com

Jurusan Data Sains terbilang sebagai jurusan baru di Indonesia sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan di lapangan akibat perkembangan teknologi. Sebelum jurusan perkuliahannya ada di Indonesia sebenarnya lapangan kerja sebagai data sains sudah ada. Tawaran gaji untuk mengisi posisi sangat fantastis karena berkisar di angka Rp 11 juta hingga Rp 360 juta. Meski demikian, masih belum banyak SDM yang bisa mengisi posisi Data Sains dengan baik.

Baca juga: Mengulas Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Oleh karena itulah peluang berkarier di bidang data ini masih terbuka lebar. Anda berkesempatan bekerja di berbagai perusahaan startup di Indonesia dan perusahan-perusahaan besar lainnya. 

Teknik Perminyakan

Sumber: Freepik.com

Jurusan yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan jurusan Teknik Pertambangan karena sama-sama mengolah hasil bumi. Teknik Perminyakan menawarkan rentang gaji di angka Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per bulannya. Jumlah yang fantastis tetapi sesuai dengan kerja dan risikonya di lapangan yang berhubungan dengan sumur minyak dan gas.

Dari jurusan ini Anda bukan hanya belajar mengenai proses pengeboran minyak dan gas tetapi juga perhitungan nilai ekonomis dan manajemen pengelolaan lokasi pengeboran. Lulusan dari jurusan Teknik Perminyakan bisa bekerja di perusahaan-perusahaan asing atau nasional. Sebagian besar jurusan di atas identik untuk pria, bagi Anda yang wanita bisa mencoba mengecek jurusan kuliah ips untuk wanita di sini! 

Sampai di sini saja pembahasan mengenai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar. Dari kelima jurusan di atas adakah jurusan yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan Anda? Jangan lupa untuk berdiskusi dengan orang tua maupun guru BK mengenai pilihan jurusan Anda. Mereka bisa membantu Anda untuk menilai apakah jurusan tersebut sesuai dengan Anda atau tidak. Karena bagaimanapun orang yang paling tepat untuk menilai diri Anda adalah orang tua dan guru BK selain diri sendiri. Orang tua Anda mengenal Anda dengan baik sehingga mereka memahami Anda dengan baik. Sedangkan guru memiliki kemampuan menilai dan juga mengetahui sedikit banyak mengenai sebagian besar jurusan perkuliahan. 

Post a Comment for "Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Gaji Besar"