Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak, Sih?

 

kuliah jurusan pendidikan bahasa inggris susah gak
Sumber: Freepik.com

Memilih jurusan kuliah adalah sesuatu yang sangat mudah membuat dilema dan bingung siswa-siswa yang saat ini duduk di bangku SMA atau sederajat. Bukan hanya siswa SMA saja, terkadang mereka yang gap year pun juga masih kesulitan untuk menentukan jurusan kuliahnya. Pemilihan jurusan ini sangatlah penting karena menyangkut kenyamanan belajar serta nasib pekerjaan di masa depan sehingga Anda sendiri pun pasti akan memikirkannya dengan baik. Tidak jarang Anda pasti mendengar ada yang bertanya kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak atau jurusan kuliah tertentu lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sangat wajar muncul karena itu adalah pertanyaan untuk mengukur kemampuan sehingga bisa memutuskan harus masuk atau tidak ke jurusan tersebut. Namun, terkadang banyak yang lupa bahwa kemampuan setiap individu berbeda-beda sehingga tanggapan akan pertanyaan itu pastinya juga akan berbeda. Ada yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris bagus sebagai modal awal sehingga merasa kuliahnya tidak seberat itu. Sedangkan ada yang basic Bahasa Inggrisnya buruk sehingga dia kesulitan untuk mengikuti perkuliahan. Nah, mari mempelajari lebih lanjut mengenai jurusan kuliah Pendidikan Bahasa Inggris bisa memiliki gambaran harus tidaknya Anda mempertimbangkan jurusan ini lebih lanjut. 

Mengenal Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak adalah berkenalan dengan jurusan tersebut. Anda tidak bisa menilai susah tidaknya suatu jurusan tanpa tahu banyak mengenai jurusan tersebut. Karena bagaimanapun pada akhirnya Anda harus bertanya kepada diri sendiri apakah mampu mempelajari semua mata kuliah dan tuntutan yang ada di jurusan tersebut.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa Inggris, dan juga Sastra Inggris adalah tiga jurusan yang berbeda. Sebagian universitas ada yang menggabungkan antara bahasa dan juga sastra menjadi satu jurusan yang sama, yaitu jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Nah, fokus pembahasan di sini adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang benar-benar berbeda dengan jurusan Bahasa Inggris atau pun Sastra Inggris.

Baca juga: Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya untuk Anak IPA

Orientasi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah mencetak seorang guru Bahasa Inggris. Jadi, yang Anda pelajari di jurusan ini bukan hanya Bahasa Inggris atau Sastra Inggris semata saja. Anda juga mempelajari ilmu kependidikan untuk mengajarkan ilmu Bahasa dan Sastra Inggris yang Anda terima.

Dari penjelasan singkat di atas Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran mengenai jawaban kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak. Ya, belajar dua hal yang berbeda tentu tidak mudah terlebih keduanya yang akan Anda jadikan bekal untuk mengajar Bahasa Inggris di kelas. Tanpa pemahaman yang baik mengenai kedua hal tersebut Anda pasti akan kesulitan untuk memainkan peran sebagai guru mereka.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir tidak mampu mengikuti perkuliahan di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pembahasan mengenai Bahasa Inggris tidak akan terlalu mendalam seperti ketika Anda memilih Bahasa dan Sastra Inggris. Sisanya Anda akan belajar ilmu pendidikan sehingga bisa menghandle kelas dan siswa dengan baik. Ketahui juga tips memilih jurusan kuliah tepat latsol agar Anda tak salah pilih jurusan kuliah.

Belajar Apa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

kuliah jurusan pendidikan bahasa inggris susah gak
Sumber: Freepik.com

Hal yang sering membuat penasaran berikutnya adalah apa saja yang akan Anda pelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini. Sebagai calon mahasiswa sudah sewajarnya Anda tahu apa yang akan Anda hadapi dan pelajari demi memperjuangkan gelar Sarjana. Jangan kira apa yang akan Anda pelajari di jurusan ini hanya sebatas mahir menggunakan Bahasa Inggris dan juga mampu mengajarkan ilmu Bahasa Inggris tersebut.

Di jurusan ini Anda akan belajar mengenai bahasa dan juga budaya pada penggunaan Bahasa Inggris. Hal ini tentunya baru bagi Anda dan bahkan tidak Anda temui di kehidupan sehari-hari. Karena bagaimanapun juga budaya negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kebangsaan jauh berbeda dengan budaya di Indonesia.

Apa yang akan Anda pelajari ini tentu akan sangat berpengaruh pada pertanyaan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak. Tanpa tahu hal ini bagaimana Anda bisa memperkirakan atau menilai mampu tidaknya Anda untuk belajar di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris akan fokus pada pembelajaran cara mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Pembelajaran seperti grammar, syntax, sosiolinguistik, dan juga linguistik adalah makanan Anda sehari-hari. Selain itu, Anda juga akan mempelajari sedikit tentang psikologi peserta didik, tata cara berperilaku dan bersikap sebagai pendidik, serta hal-hal terkait administrasi pendidikan seperti RPP, silabus, dan sebagainya.

Jadi, Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak?

Setelah membaca ulasan di atas, Anda tentunya sudah memiliki gambaran yang cukup jelas untuk menjawab pertanyaan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak ini, bukan? Anda perlu menyesuaikan dan bertanya pada diri sendiri apakah mampu dan menyukai jurusan yang isi perkuliahannya seperti demikian.

Kalau membicarakan perkuliahan secara umum ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa poin pertimbangan untuk mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris

Berkuliah di jurusan yang berbau Bahasa Inggris jelas menuntut Anda untuk menguasai bahasa ini dengan segera. Karena yang akan Anda pelajari di jurusan ini bukan semata-mata penguasaan terhadap bahasa saja tetapi lebih dari itu. Belajar bahasa bukanlah sesuatu yang mudah karena banyak sekali perbedaan dan hal-hal baru yang harus Anda hafalkan dan pahami.

Bagi Anda yang penguasaan Bahasa Inggrisnya nol tentu akan kesulitan untuk mengikuti proses perkuliahan karena dosen tidak akan mengajari Anda sampai sedetail dan sedasar itu. Anda perlu belajar mandiri agar lebih mudah ketika sudah mengikuti perkuliahan di jurusan pendidikan Bahasa Inggris.

Praktik Berbahasa Inggris

Yang Anda pelajari nanti bukan hanya teori saja melainkan juga praktik berbahasa. Bagi Anda yang kurang percaya diri tampil di hadapan orang banyak tentu menjadikan ini sebagai hal yang sulit dan juga merepotkan. Hal ini jelas harus Anda jadikan pertimbangan dalam menjawab pertanyaan kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak?

Baca juga: Mengulas Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Pikirkan baik-baik apakah Anda adalah seseorang yang bisa dengan percaya diri di hadapan banyak orang. Namun sebenarnya bila Anda mau belajar dan berusaha lama kelamaan tentu Anda akan menjadi pribadi yang bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Mempelajari Dua Hal Sekaligus

Anda pastinya sudah tahu betul bahwa berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tujuannya adalah menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Tidak harus, tetapi orang yang memilih berkuliah di jurusan Pendidikan tentunya sudah berniat menjadi tenaga pengajar ketika sudah lulus, bukan? Untuk itu, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris juga mempelajari ilmu pendidikan. Hal ini agar mereka bisa menyampaikan ilmu Bahasa Inggris yang mereka pelajari kepada siswanya.

Keduanya harus Anda pelajari dan pahami dengan baik agar ilmu yang Anda sampaikan bisa siswa terima dengan baik. Karena bagaimanapun belajar Bahasa Inggris akan sangat berbeda dengan mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang-lain. Dan tentu saja untuk belajar ilmu Pendidikan Anda juga harus mempraktikkan ilmunya. Dengan demikian, rasa percaya diri dan kemampuan untuk menyampaikan serta berbicara di depan orang banyak sangat Anda butuhkan. Anda yang masih ragu terkait pemilihan jurusan bisa mempertimbangkan untuk mengikuti tes soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah.

Demikianlah pembahasan mengenai kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris susah gak. Keputusan mengenai jurusan kuliah adalah keputusan yang besar sehingga Anda bisa mengambil waktu sebanyak mungkin untuk mempertimbangkan dan menentukannya. Jangan sampai merasa tidak cocok dengan suatu jurusan ketika sudah Anda jalani. Hal ini bukan hanya akan menambah biaya pendidikan tetapi juga membuang waktu yang berharga karena harus mengulang pendidikan dari awal.

Post a Comment for "Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak, Sih?"