Pilihan Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita
Sumber: Freepik.com

Jurusan kuliah di Indonesia sekarang sudah ada begitu banyak baik untuk peminatan IPA, IPS, dan juga Bahasa. Pemilihan jurusan kuliah ini sangatlah penting bagi Anda karena akan menentukan masa depan. Selain dari peminatan, wanita dan pria memiliki kecenderungan memilih suatu jurusan tertentu. Misalnya jurusan teknik mayoritas peminatnya pria, sedangkan jurusan tata rias untuk wanita. Nah, Anda pastinya penasaran jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, bukan? Karena bagaimanapun juga peluang untuk setiap jurusan kuliah berbeda-beda sehingga pemilihnya harus selektif.

Ada banyak dasar dan alasan untuk memilih jurusan dan universitasnya untuk menempuh pendidikan tinggi. Namun, sebagian besar siswa merasa kesulitan untuk memilih jurusan yang tepat untuk dirinya sendiri. Hal ini tidak aneh sama sekali karena mereka terlalu fokus untuk mengerjakan tugas, mengejar ujian, dan mengikuti try out. Meskipun semua informasi tersedia dan bisa mereka akses dari ponsel, mereka tak punya cukup waktu untuk melakukannya. Ketika terbebas dari ujian dan tanggungan tugas di sekolah, mereka akan sibuk belajar untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi. Oleh karena itulah, silakan simak informasi mengenai jurusan kuliah yang menjanjikan untuk para wanita dan peminatnya sedikit.

Bingung Pilih Jurusan? Yuk Simak Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

Bila ada jurusan yang menjadi primadona dan banyak yang memperebutkan, tentunya ada pula jurusan yang sepi peminat. Jurusan-jurusan yang seperti ini meningkatkan peluang Anda bisa masuk di jurusan tersebut karena persaingannya tidak terlalu ketat. Tidak jarang para siswa menggunakan pilihan ini agar bisa masuk ke universitas impiannya. Hal ini jangan sampai Anda tiru karena yang terpenting adalah jurusan bukan universitas. Asalkan akreditasi jurusannya bagus berkuliah di mana pun tidak masalah.

Selain itu, yang menjadi persyaratan untuk masuk ke perusahaan dan melamar pekerjaan adalah jurusan tertentu dan bukan universitasnya. Lulus dari universitas kenamaan memang bagus tetapi bila di jurusan yang peluang kerjanya tidak banyak pun juga susah untuk cari kerja. Pada akhirnya ini akan merugikan Anda karena kesulitan untuk mencari lowongan kerja yang sesuai. Maka dari itu tidak heran bila banyak yang mencari jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita. Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah dengan kriteria tersebut yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca juga: Meningkatkan Efektivitas Permainan Edukatif bagi Anak: Memperkuat Pembelajaran dengan Kesenangan

Jurusan Manajemen Transportasi

jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita
Sumber: Freepik.com

Manajemen Transportasi adalah salah satu jurusan yang sepi peminat karena tidak banyak yang mengetahui jurusan ini begitu pula dengan potensinya. Sekarang ini, Indonesia mulai memperbaiki lini transportasinya sehingga banyak membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Anda akan belajar mengenai perhitungan biaya operasional transportasi, mengatur rute transportasi, dan juga perkiraan bahan bakar transportasi tersebut.

Lulusan dari jurusan Manajemen Transportasi berkesempatan untuk bekerja di Dinas Perhubungan. Selain itu, Anda juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan lain yang bekerja di bidang transportasi atau perhubungan. Bagi Anda yang berminat untuk belajar di jurusan Manajemen Transportasi bisa memilih salah satu dari beberapa kampus ini.

  • Universitas Negeri Jakarta
  • Institut Transportasi & Logistik Trisakti
  • Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Institut Teknologi Sepuluh November

Jurusan Administrasi Fiskal

Sumber: Freepik.com

Pilihan jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita berikutnya adalah Administrasi Fiskal. Ini merupakan bagian dari jurusan Administrasi tetapi lebih fokus ke fiskal atau perpajakan. Di sini Anda akan belajar banyak hal mulai dari dasar-dasar perpajakan, kebijakan-kebijakan dalam perpajakan, tata kelola aset negara, dan masih banyak lainnya. Lulusan dari Administrasi Fiskal memiliki peluang kerja yang cukup luas. Pasalnya, Anda bisa bekerja menjadi petugas bea cukai, petugas imigrasi, konsultan pajak, akademisi atau peneliti.

Bagi Anda yang berminat untuk berkarier di perpajakan bisa masuk ke Administrasi Fiskal. Ada beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan kuliah ini. Berikut ini adalah beberapa pilihan universitas dengan jurusan Administrasi Fiskal yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Islam Makassar
Bagi Anda yang berminat dengan jurusan kuliah anak IPS bergaji tinggi bisa cek ulasan ini! Makin banyak informasi jurusan tentu akan makin bagus, bukan?

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Sumber: Freepik.com

Program Studi yang satu ini mempelajari seputar tata kelola perpustakaan, statistika, dan ilmu komputer. Anda akan belajar bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi yang Anda dapatkan. Sumber informasinya sendiri beragam bisa dari dokumen, buku, ataupun berkas-berkas digital. Jurusan yang satu ini memiliki kesempatan kerja yang cukup luas dan cukup jarang pula peminatnya. Sebagian karena mengira Ilmu Perpustakaan hanya bisa bekerja di perpustakaan sebagai pustakawan saja.

Padahal Anda bisa bekerja sebagai arsiparis, sekretaris, redaksi penerbit, dan kurator. Ada banyak pilihan pekerjaan bagi seorang lulusan Ilmu Perpustakaan. Berikut ini adalah beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Ilmu Perpustakaan.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Airlangga

Jurusan Ilmu Sejarah

Sumber: Freepik.com

Selanjutnya ada jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita khusus bagi Anda yang suka dengan Sejarah. Sebagian besar mengira bahwa di jurusan Sejarah ini Anda akan mempelajari itu-itu saja dan sehingga membosankan. Padahal semua itu tidak benar karena di jurusan ini Anda akan mempelajari sejarah dari berbagai sisi. Mulai dari sejarah dari aspek politik, militer, geografi, maritim, dan budaya.

Baca juga: Mengetahui jam berapa pengumuman seleksi administrasi cpns 2023

Tentunya ini akan menjadi hal yang menyenangkan karena banyak informasi baru yang bisa Anda pelajari dan ketahui. Mahasiswa jurusan Sejarah membutuhkan skill menulis, menghafal, presentasi, problem solving, juga analitis konseptual dan teoritis. Lulusan Ilmu Sejarah bisa bekerja sebagai juru arsip, peneliti sejarah, staf pemerintah, staf museum, dan sejarawan. Di bawah ini adalah beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Sejarah.

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Veteran Jawa Timur
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Pattimura
  • Universitas Pasundan

Jurusan Aktuaria

jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita
Sumber: Freepik.com

Ini adalah salah satu jurusan yang jarang memiliki peminat karena merupakan gabungan dari ilmu Matematika, ilmu probabilitas, keuangan, dan ilmu Statistika. Kedua bidang ilmu ini termasuk yang paling dihindari oleh para mahasiswa karena terkenal sulit dan memusingkan. Namun hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk meraih salah satu kursi di jurusan Aktuaria di salah satu universitas Indonesia.

Jurusan Aktuaria adalah salah satu jurusan yang tergolong baru di Indonesia. Untuk masalah lapangan kerjanya sendiri Anda tidak perlu khawatir. Banyak yang membutuhkan lulusan jurusan Aktuaria khususnya industri asuransi dan bidang keuangan. Ada beberapa universitas di Indonesia yang sudah membuka jurusan ini antara lain sebagai berikut.

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Veteran Jawa Timur
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Pattimura
  • Universitas Pasundan

Sampai di sini saja pembahasan mengenai jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita. Dengan informasi jurusan yang ada di atas Anda bisa lebih kenal dan tahu mengenai jurusan-jurusan yang tersedia di universitas. Anda juga bisa mengecek informasi tentang jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan pekerjaan sebagai tambahan informasi. Selanjutnya, pikirkan dan pertimbangkan dengan baik jurusan mana yang ingin Anda pelajari.

Post a Comment for "Pilihan Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita"