Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya untuk Anak IPA

 

macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya
Sumber: Freepik.com

Saat ini sudah banyak macam jurusan kuliah yang ada di Indonesia dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini jelas akibat dari perubahan zaman, perkembangan teknologi, dan juga kebutuhan di masyarakat sendiri. Dengan banyaknya macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya yang tersedia, tentunya Anda akan kesulitan untuk memilih. Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk benar-benar mengenali semua jurusan-jurusan tersebut. Hanya dengan informasi tersebut Anda baru bisa menentukan mana jurusan yang akan Anda pelajari di pendidikan tinggi.

Anda jelas tidak ingin salah jurusan dan pada akhirnya membuang-buang waktu dan tenaga Anda secara percuma. Berhubung Anda sudah berada di bangku SMA dengan jurusan peminatan IPA, sudah pasti jurusan kuliah Anda akan berhubungan dengan ilmu tersebut. Memang tidak menutup kemungkinan untuk lintas jurusan ke IPS ketika kuliah. Namun sebaiknya tentu Anda memilih jurusan dari IPA saja agar apa yang Anda pelajari di SMA bisa berguna dan membantu pendidikan Anda selanjutnya. Sebaliknya, Anda harus belajar dari awal bila memutuskan untuk memilih jurusan kuliah dari peminatan IPS. Di ulasan ini Anda akan belajar beberapa macam jurusan kuliah dan pekerjaannya yang bisa Anda pertimbangkan.

Inilah Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Sampai saat ini masih cukup banyak siswa yang kurang informasi mengenai jurusan kuliah dan berakhir kebingungan saat harus mengambil keputusan. Hal-hal semacam ini bisa menimbulkan masalah serius seperti kesalahan pemilihan jurusan. Ini merupakan kesalahan yang harus Anda hindari agar Anda bisa berkuliah dengan nyaman karena sesuai dengan kemampuan dan minat.

Nah, berikut ini adalah macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya yang dapat Anda ketahui. Gunakan informasi ini untuk membantu mempertimbangkan mana jurusan yang sekiranya paling cocok dengan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membaca tips memilih jurusan kuliah tepat latsol agar tahu apa yang perlu Anda pertimbangkan.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

Kuliah di Jurusan Kedokteran

macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya
Sumber: Freepik.com

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan primadonanya anak IPA karena banyak sekali yang ingin masuk ke jurusan ini. Sudah menjadi suatu kebanggaan tersendiri bila berhasil masuk ke jurusan yang tergolong sulit ini. Ilmu Kedokteran tentunya sangat sesuai dengan peminatan IPA yang Anda ambil di SMA.

Dengan ilmu dasaran dari SMA Anda tidak akan terlalu terkejut dengan pelajaran yang akan Anda terima di bangku perkuliahan. Namun, Anda tentunya mengetahui bahwa biaya yang harus Anda keluarkan di jurusan Kedokteran tidak terjangkau sama sekali. Belum lagi proses belajar di jurusan Kedokteran amat panjang sampai Anda bisa menjadi seorang dokter dan mendapatkan gaji. Untuk urusan pekerjaannya Anda bisa berkesempatan untuk menjadi bagian dari rumak sakit pemerintah ataupun swasta.

Kuliah di Jurusan Farmasi

Sumber: Freepik.com

Masih di bidang kesehatan, ada jurusan Farmasi yang tak kalah bagus dengan jurusan Kedokteran. Prospek kerja dari jurusan Farmasi cukup bagus sehingga patut untuk Anda pertimbangkan sebagai tujuan ketika berkuliah. Di jurusan ini Anda akan mempelajari bagaimana cara mengidentifikasi, meracik, dan juga menyimpan obat-obatan. Akan tetapi tentu bukan hanya itu saja yang akan Anda pelajari di jurusan Farmasi ini. Kalau sesederhana itu, jurusan Farmasi tidak akan menjadi jurusan yang paling sulit di dunia.

Di jurusan Farmasi Anda akan mempelajari banyak hal mulai dari Fisika, Matematika, Biologi, hingga kosmetik. Jadi tidak heran bila banyak yang setuju bahwa ini merupakan jurusan yang sulit. Sebagai lulusan Farmasi, Anda bisa menjadi seorang quality control, peneliti di bidang kesehatan, product developer, dan lain sebagainya.

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya
Sumber: Freepik.com

Secara sekilas, jurusan Teknik Informatika ini tidak terhubung secara gamblang dengan imu IPA. Sehingga banyak yang mengira jurusan ini bukan untuk anak IPA. Namun bila Anda tilik lebih jauh mengenai jurusan Teknik Informatika ini Anda akan mendapati relasinya dengan ilmu IPA. Teknik Informatika juga termasuk ke salah satu jurusan yang cukup sulit sehingga Anda perlu berhati-hati ketika mempertimbangkannya. Anda akan belajar mengenai algoritma, pengembangan software, kecerdasan buatan, dan pemrograman.

Macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya satu ini memiliki potensi yang bagus di masa depan. Karena bagaimana pun teknologi sekarang makin berkembang sehingga kebutuhan akan ilmu Teknik Informatika akan meningkat pula. Anda bisa menjadi seorang pengembang aplikasi, designer website, konsultan IT, analis sistem, admin network, dan lain sebagainya.

Kuliah di Fakultas MIPA

Sumber: Freepik.com

Bagi Anda yang berasal dari peminatan IPA di SMA bisa memilih jurusan apa saja dari Fakultas MIPA. MIPA merupakan kependekan dari Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semua jurusan yang ada di fakultas ini berhubungan secara langsung dengan apa yang Anda pelajari di bangku SMA. Dengan demikian Anda bisa mempelajari jurusan di Fakultas MIPA lebih mudah karena sudah punya dasarnya.

Anda bisa memilih jurusan yang paling Anda sukai, minati, atau yang menurut Anda paling mampu untuk Anda pelajari. Bagi banyak siswa biasanya lebih memilih jurusan lain dan menghindari jurusan-jurusan dari FMIPA. Mempelajari ilmu murni dari bidang ilmu tentunya tidak mudah belum lagi Anda harus belajar penerapannya di kehidupan sehari-hari. Dari fakultas ini Anda bisa bekerja sebagai ahli statistik, analis laboratorium, pengembang dan riset, surveyor tanah, peneliti, dan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah IPS untuk Wanita dan Tips Pilihnya

Kuliah di Jurusan Pendidikan

Sumber: Freepik.com

Macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya yang satu ini merupakan jurusan untuk mempersiapkan lulusannya menjadi seorang guru. Bagi Anda yang masuk ke jurusan ini jelas memiliki mimpi mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada peserta didiknya. Fakultas dari jurusan pendidikan ini adalah FKIP atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di fakultas ini Anda bisa memilih mata pelajaran yang ingin Anda pelajari lebih mendalam.

Mata pelajaran ini pula yang akan menjadi identitas Anda dan Anda gunakan sebagai bahan mengajar. Misalnya Anda memilih FKIP jurusan Matematika artinya Anda akan mengajar sebagai guru Matematika dan bukanya mapel Biologi.

Kuliah di Jurusan Teknik Biomedis

Sumber: Freepik.com

Anda ingin berkuliah di jurusan yang berhubungan dengan kesehatan tetapi tidak ingin menjadi seorang dokter? Jurusan Teknik Biomedis bisa jadi alternatif pilihan jurusan kuliah yang bagus. Jurusan ini pertama kali ada di Indonesia pada tahun 2007 dan pencetusnya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sekarang, UI, UGM, Unair, dan ITB juga memiliki jurusan Biomedis. Teknik Biomedis akan mengajarkan pengembangan alat kesehatan kepada Anda.

Prospek kerja lulusan Teknik Biomedis sangat besar karena tidak banyak perusahaan yang bergerak di penyediaan alat medis. Anda bisa menjadi seorang peneliti atau ahli forensik setelah lulus dari jurusan Biomedis. Selain itu, Anda juga bisa menjadi supplier alat-alat medis untuk rumah sakit atau lembaga kesehatan lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya yang bisa Anda pelajari. Ternyata ada banyak sekali jurusan kuliah yang menarik pada peminatan IPA, bukan? Berpegang pada informasi ini Anda bisa mulai memikirkan jurusan kuliah mana yang Anda jadikan incaran dan impian. Silakan pikirkan dengan baik sejak dini sehingga Anda bisa mempersiapkannya sedini mungkin pula. Anda bisa juga membaca rekomendasi jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi bila berniat lintas jurusan.

Post a Comment for "Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya untuk Anak IPA"