Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan

 

jurusan kuliah ips yang menjanjikan pekerjaan
Sumber: Freepik.com

Jurusan kuliah IPS merupakan jurusan yang memiliki masa depan pekerjaan yang cerah. Dari jurusan ini Anda bisa masuk ke berbagai perusahaan atau bahkan mendirikan perusahaan Anda sendiri. Hal ini tentu menjadi peluang yang bagus bagi mereka yang berasal dari jurusan SMA IPS. Mengingat persaingan di dunia pendidikan sekarang sudah makin ketat tentunya Anda pun harus berpikir dengan matang sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah Anda. Tidak jarang pula yang memilih berdasarkan jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan daripada apa yang mereka minati dan inginkan sebenarnya. Terlebih bila itu adalah jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi yang menggiurkan.

Bagaimana tidak, sekarang sangat sulit mencari pekerjaan karena persaingannya meningkat. Tentu saja Anda sebagai calon mahasiswa memikirkan mana jurusan yang paling cepat dan memiliki peluang yang besar di dunia kerja. Dengan demikian Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan dan bisa membantu kedua orang tua di rumah. Melalui ulasan ini Anda akan mengetahui jurusan-jurusan kuliah IPS apa saja yang memiliki peluang bekerja yang baik.

Apa Saja Sih Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan?

Tidak jarang siswa kebingungan harus memilih jurusan apa ketika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan dari bangku SMA. Jelas saja karena ketika masih duduk di bangku SMA mereka tidak punya waktu untuk memikirkan atau mencari tahu mengenai hal ini. Beban tugas, ulangan harian, dan ujian-ujian yang ada membuat mereka sibuk. Belum lagi pelajaran tambahan dan juga les untuk membantu agar lebih mudah mempelajari materi. Jadi tidak heran bila para siswa kurang informasi mengenai jurusan-jurusan yang ada di universitas.

Memang ada pengenalan jurusan kuliah ketika para siswa sudah kelas 12 SMA. Akan tetapi ini sangatlah terbatas sekali dan biasanya berhubungan dengan alumni yang berkunjung ke SMA. Tanpa adanya alumni di jurusan atau universitas tertentu mereka tidak akan tahu keberadaan jurusan tersebut. Sehingga, banyak yang memutuskan untuk mencari jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan saja. Hal ini tidak ada salahnya asalkan Anda memiliki minat dan juga kemampuan untuk mempelajari jurusan tersebut. Karena bagaimanapun menempuh pendidikan tinggi bukanlah hal yang sederhana.

Baca juga: Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak, Sih?

Nah, berikut ini beberapa jurusan kuliah IPS yang memiliki peluang kerja bagus.

Jurusan Akuntansi

Sumber: Freepik.com

Ini merupakan jurusan yang mata pelajarannya pun Anda pelajari sejak duduk di bangku SMA. Anda tentunya sudah sangat familier dengan mata pelajaran Akuntansi, bukan? Kurang lebihnya tentu saja pembelajaran di jurusan ini sama dengan apa yang Anda pelajari selama ini. Di jurusan Akuntansi Anda akan mendalami ilmu tersebut hingga ilmu tersebut cukup untuk Anda gunakan sebagai modal bekerja. Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang tertua dan di dunia kerja kebutuhan akan seorang akuntan tak termakan zaman.

Saat ini ada kekhawatiran karena beberapa jenis pekerjaan tergantikan oleh mesin dan juga AI. Namun sebagai seorang akuntan Anda tidak perlu takut kalah bersaing dengan kemajuan teknologi. Selain itu, Anda bisa masuk ke berbagai bidang perusahaan yang ada di Indonesia dan memperbesar peluang Anda bisa mendapatkan pekerjaan. Memperdalam ilmu Akuntansi yang sudah Anda dapatkan di SMA tentu tidak terlalu sulit karena Anda sudah memiliki dasar ilmunya.

Jurusan Administrasi Fiskal

jurusan kuliah ips yang menjanjikan pekerjaan
Sumber: Freepik.com

Anda mungkin belum pernah mendengar nama jurusan yang satu ini karena jurusan Administrasi saja yang lebih terkenal. Ya, ini merupakan bagian dari ilmu Administrasi tetapi lebih fokus ke bagian pajak. Di sini Anda akan bertemu dengan hitungan, pengelolaan keuangan negara, dan dasar-dasar perpajakan tentunya. Untuk urusan pajak tentu Anda juga harus mampu memahami dan menghafalkan aturan pajak yang berlaku.

Jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan satu ini menuntut Anda untuk bekerja dengan teliti dan juga rapi. Urusan keuangan selalu menjadi urusan yang sensitif sehingga Anda harus selalu berhati-hati ketika memutuskan untuk masuk jurusan ini. Setelah lulus, Anda bisa menjadi staf kementerian keuangan, pegawai bank di kota Anda, pegawai pajak, dan juga konsultan pajak. Pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan pajak juga bisa Anda kerjakan dengan ilmu dari jurusan Administrasi Fiskal ini.

Jurusan Bisnis Digital

Sumber: Freepik.com

Bisnis dan Manajemen adalah salah satu jurusan yang memiliki peminat cukup banyak di Indonesia. Hal ini jelas karena peluang pekerjaan di jurusan ini sangat bagus dan bukan itu saja, Anda pun bisa mendirikan perusahaan sendiri. Nah, sekarang ini Anda pastinya sudah tahu bahwa kemajuan teknologi membuat perubahan di berbagai bidang. Kemunculan jurusan Bisnis Digital adalah salah satu bukti besarnya peranan teknologi dalam dunia Bisnis. Jurusan ini muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 2018 lalu di Universitas Padjajaran.

Bisnis Digital adalah jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di sini Anda akan mempelajari banyak hal terkait start-up, marketplace, big data, dan juga kecerdasan buatan.

Jurusan Arkeologi

Sumber: Freepik.com

Sepertinya jurusan yang satu ini kurang terkenal di Indonesia dan peminatnya tidak cukup banyak. Tentunya hal ini membuka peluang besar kepada Anda yang tertarik dengan budaya masa lampau. Arkeologi berperan besar dalam membantu manusia di masa sekarang mempelajari tentang manusia di masa lampau. Dengan adanya informasi ini peradaban manusia di masa sekarang bisa berkembang dengan lebih cepat.

Bagi Anda yang juga tertarik pada mata pelajaran Sejarah tentunya bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Arkeologi. Anda tidak harus menjadi seorang arkeolog bila memilih jurusan ini. Ilmu Arkeologi bisa mengantar Anda menjadi seorang pengelola museum, jurnalis Sejarah, pemandu wisata Sejarah, dan juga terjun ke dunia pendidikan. Jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan ini tentunya layak untuk Anda pertimbangkan.

Jurusan Manajemen Perbankan

jurusan kuliah ips yang menjanjikan pekerjaan
Sumber: Freepik.com

Ini merupakan salah satu jurusan yang nantinya memungkinkan Anda untuk berkarier di sektor perbankan. Siswa dari jurusan IPS pun banyak yang tertarik untuk menekuni jurusan ini sehingga tingkat persaingannya cukup ketat. Meski demikian jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan memiliki jenjang karier yang jelas. Kesempatan untuk memilih kerjanya juga cukup banyak tidak hanya di bank saja. Anda bisa bekerja di perusahaan sebagai analis kredit atau analis keuangan dari perusahaan tersebut.

Jurusan Psikologi

jurusan kuliah ips yang menjanjikan pekerjaan
Sumber: Freepik.com

Dahulu, kemungkinan besar kurang menjanjikan bila Anda masuk ke jurusan Psikologi. Namun sekarang sudah berbeda karena makin banyak yang sadar akan pentingnya ilmu Psikologi untuk kehidupan. Permasalahan kesehatan mental akhir-akhir ini sangat ramai di media sosial karena banyak yang membahasnya. Ternyata, banyak sekali masalah mental yang ada di Indonesia sehingga memicu berbagai permasalahan.

Dengan kesadaran dan juga permasalahan mental seperti itu Psikologi menjadi jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan di masa depan. Ilmu Psikologi yang Anda pelajari di masa kuliah bisa Anda gunakan untuk membantu masyarakat yang mengalami permasalahan dengan dirinya sendiri. Bukan hanya itu saja, Anda juga berkesempatan untuk bekerja di perusahaan sebagai psikolog.

Baca juga: Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya untuk Anak IPA

Jurusan Fashion Design

Sumber: Freepik.com

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan jurusan Tata Busana karena jurusan ini bisa Anda temukan bahkan di tingkat SMA. Di jurusan ini Anda akan mempelajari produksi pakaian mulai dari perancangan hingga pembuatannya. Anda bisa belajar mendesain pakaian Anda sendiri, membuat pola, memotong kain, dan menjahitnya. Ini adalah jurusan kuliah IPSuntuk wanita yang cocok bagi Anda yang tertarik dengan dunia fashion.

Jurusan Fashion Design adalah jurusan yang menjanjikan untuk Anda tekuni karena dunia fashion tak ada matinya. Sekarang pun dunia fashion sangat ramai dan memiliki peluang besar untuk Anda terjuni dan tekuni. Anda bisa membuat brand fashion Anda sendiri dan memasarkannya ke masyarakat.

Jurusan Kesejahteraan Sosial

Sumber: Freepik.com

Kesejahteraan Sosial adalah jurusan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan namanya. Jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan ini membutuhkan jiwa sosial yang tinggi dan keinginan untuk membantu masyarakat sejahtera dalam kehidupannya. Meski terdengar seperti kegiatan sosial yang biasanya menitikberatkan pada praktik, jurusan ini memiliki metode dan tekniknya sendiri, lho. Jadi, Anda tidak bisa asal membantu masyarakat untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Prospek kerja dari jurusan Kesejahteraan Sosial adalah menjadi seorang ahli kesehatan, manajer layanan sosial, dan manajemen trainee. Bukan hanya itu saja, melalui jurusan ini Anda juga bisa menjadi seorang akademisi ataupun seorang wirausaha.

Jurusan Manajemen Pemasaran

Sumber: Freepik.com

Di jurusan ini Anda akan belajar mengenai tata kelola kegiatan pemasaran dari suatu perusahaan. Jurusan ini tidak terbatas pada bidang industri tertentu sehingga kesempatan Anda untuk bekerja bisa makin besar. Manajemen Pemasaran bukan hanya tentang memasarkan produk dari perusahaan tempat Anda bekerja. Melainkan juga mempelajari perilaku konsumen, karakter konsumen, dan membuat strategi pemasaran yang baik.

Jurusan ini akan sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan ilmu pemasaran dan gemar berdagang. Tentunya Anda harus pandai berbicara, memiliki keberanian berbicara di depan umum, dan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Profesi yang tersedia untuk para lulusan Manajemen Pemasaran adalah analis pemasaran, konsultan pemasaran, media planner, digital marketing manager, account manager, dan product manager.  

Jurusan Manajemen pendidikan

jurusan kuliah ips yang menjanjikan pekerjaan
Sumber: Freepik.com

Anda berminat di bidang manajemen tetapi kurang tertarik di dunia bisnis? Tidak masalah karena ada jurusan Manajemen Pendidikan di mana fokus Anda nanti akan ada di dunia pendidikan. Ini juga merupakan jurusan yang cocok bagi Anda yang ingin membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Di jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan ini Anda akan mempelajari proses manajemen sistem pendidikan di Indonesia.

Anda bisa menjadi seorang konselor pendidikan setelah lulus dari jurusan Manajemen Pendidikan. Selain itu, Anda juga bisa menjadi staf akademisi di sekolah maupun perguruan tinggi. Anda juga memiliki kesempatan untuk berkarier sebagai dosen di universitas. Tentunya Anda harus memiliki bekal ilmu tertentu untuk menjadi dosen dan bukan hanya sekadar ilmu untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa saja.

Demikianlah informasi mengenai jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan yang bisa Anda ketahui. Mulai dari sekarang silakan pikirkan dengan baik minat Anda condong ke mana. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk memilih jurusan ketika akan melanjutkan kuliah. Jangan sampai salah memilih jurusan karena 4 tahun bukan waktu yang sebentar dan dunia perkuliahan berbeda dengan bersekolah di SMA.

Post a Comment for "Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan"