10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu

 

jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu
Sumber: Freepik.com

Karakter masing-masing siswa tidak sama sehingga pilihan untuk masa depan mereka pastinya berbeda. Memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan diri sendiri tentunya akan sangat menguntungkan dan membuat Anda makin nyaman pula. Karena bagaimanapun Anda sudah pasti tidak ingin merasa tidak nyaman atau kehilangan semangat ketika berkuliah. Khususnya bila Anda merasa termasuk ke orang yang pendiam atau pemalu. Anda harus mencari tahu jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu agar proses pembelajaran bisa maksimal.

Sebagian besar orang mungkin menganggap pendiam dan pemalu merupakan kekurangan atau kelemahan tersendiri bila membicarakan mengenai pendidikan. Bagaimana tidak, dunia perkuliahan sudah tidak sesuai dengan bersekolah di SMA. Anda perlu aktif bertanya dan berdiskusi agar bisa berkembang dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Tidak jarang pula dosen memberikan poin khusus bagi mahasiswanya yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Bila Anda menargetkan untuk mendapatkan nilai yang bagus tentu saja Anda harus berusaha menabung poin di sepanjang semester. Sifat pendiam dan pemalu bisa jadi halangan bila tidak Anda perhatikan dengan baik. Untuk meminimalisirnya Anda bisa memilih jurusan yang memang baik untuk orang dengan sifat pendiam dan pemalu. 

Ini Dia 10 Jurusan Kuliahkuliah-untuk-orang-pendiam-dan-pemalu untuk Orang Pendiam dan Pemalu yang Paling Cocok

Sebenarnya orang yang pendiam bukan berarti orang tersebut tidak akan berbicara sama sekali. Namun lebih kepada tidak berbicara bila memang dia merasa tidak perlu. Bagi Anda yang memiliki sifat seperti ini jelas tidak masalah karena ketika proses pembelajaran Anda tidak akan keberatan untuk berbicara. Namun, bila sifat ini sudah bergabung dengan sifat pemalu tentu berbeda cerita. Meski ingin dan harus berbicara sekalipun orang yang pemalu cenderung kesulitan untuk melakukannya.

Untuk menyikapi hal ini sebenarnya ada dua alternatif yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah memilih jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu yang tidak membutuhkan banyak bicara. Opsi keduanya adalah memilih jurusan yang membutuhkan diskusi setiap saat meski tidak terlalu banyak untuk bisa membiasakan diri. Anda bisa menyesuaikan mana yang memang bisa Anda toleransi dan baik untuk diri Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa cek jurusan kuliah ips untuk wanita sebagai referensi pemilihan jurusan.

Nah, berikut ini adalah beberapa jurusan yang bisa Anda pertimbangkan untuk jenjang pendidikan Anda selanjutnya.

1. Jurusan Akuntansi

Sumber: Freepik.com

Anda yang berasal dari SMA IPS atau SMK Akuntansi pastinya sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini. Ini merupakan lanjutan dari peminatan yang sudah Anda pilih dan Anda tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya. Di bangku SMA Anda sudah mendapatkan dasar-dasarnya dan bahkan mempraktikkan ilmu Akuntansi. Di jurusan ini Anda akan fokus mempelajari metode-metode pencatatan dan juga penyusunan laporan transaksi keuangan.

Daripada berbicara dan berdiskusi Anda akan banyak membaca, menganalisis, dan juga membuat berbagai laporan keuangan. Dalam prosesnya pun yang Anda hadapi adalah komputer dan kertas sehingga jurusan ini sangat pas untuk Anda yang cenderung pendiam dan pemalu.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan untuk Wanita

2. Jurusan Teknik Informatika

Sumber: Freepik.com

Jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu berikutnya adalah Teknik Informatika. Ketika mendengar kata teknik Anda mungkin menganggap bahwa jurusan yang satu ini untuk kaum pria. Meski demikian bukan berarti Anda yang wanita tidak bisa memilih jurusan ini karena tidak ada persyaratan khusus yang mengecualikan wanita untuk memilihnya. Di jurusan Teknik Informatika ini Anda akan banyak berinteraksi dengan komputer untuk mengolah data berbasis digital.

Teknik Informatika adalah jurusan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman komputer. Anda membutuhkan kemampuan analisis dan keterampilan logika yang kuat untuk bisa bertahan di sini. Ada banyak sekali tantangan yang harus Anda hadapi di jurusan Teknik Informatika. Jurusan teknik yang satu ini merupakan salah satu jurusan teknik yang ada di peringat paling sulit untuk dipelajari.

3. Jurusan Desain Grafis

jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu
Sumber: Freepik.com

Untuk jurusan kali ini Anda mungkin sudah membayangkan bagaimana Anda belajar dan bekerja nantinya. Ya, di jurusan ini Anda tidak akan banyak-banyak berdiskusi dengan dosen maupun teman sejawat. Anda akan mengungkapkan apa yang ingin Anda sampaikan melalui karya, bukan kata-kata. Desain Grafis akan menghabiskan waktu Anda untuk duduk di depan komputer atau laptop dengan konsentrasi tinggi.

4. Jurusan Arsitektur

jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu
Sumber: Freepik.com

Sebenarnya jurusan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan jurusan Desain Grafis. Yang berbeda hanya objek desain yang akan Anda pelajari. Di Arsitektur Anda akan secara khusus belajar untuk membuat gambar kerja bangunan. Arsitektur adalah jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu karena di sini Anda pun tidak perlu tampil di publik atau berdiskusi terlalu banyak.

Anda akan belajar desain visual bangunan, mengatur tata letak ruangan, hingga memilih bahan konstruksi bangunan. Untuk belajar di jurusan Arsitektur sudah pasti Anda harus memiliki kemampuan untuk menggambar dan juga ide atau imajinasi yang bagus. 

5. Jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sumber: Freepik.com

Semua jurusan di Fakultas MIPA pada dasarnya mempelajari bidang eksak dan tidak membutuhkan adu argumen. Sebaliknya, Anda akan mengandalkan logika, analisis, dan juga hitungan sehingga menyibukkan Anda dan dunia sendiri. Ini bukanlah jurusan yang tergolong mudah dan membutuhkan dasaran ilmu yang kuat. Modal pengetahuan yang Anda pelajari di bangku SMA sangat mendukung dan berguna di dunia kuliah.

Karena di sini Anda akan belajar lanjutan dari mata pelajaran yang sudah Anda pelajari dan temui sehari-hari. Kurang lebihnya Anda pasti tahu bagaimana mata pelajaran tersebut. Pastikan untuk memilih jurusan yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

6. Jurusan Farmasi

jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu
Sumber: Freepik.com

Rekomendasi jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu selanjutnya adalah jurusan Farmasi. Di jurusan ini Anda akan belajar banyak hal mengenai meracik obat. Anda akan mempelajari cara untuk mengidentifikasikan kandungan obat, meracik, membuat formula, dan juga menganalisis obat-obatan. Bukan hanya obat-obatan saja, Farmasi juga mengajarkan formulasi mengenai makanan, minuman, dan juga kosmetik.

Jurusan Farmasi membutuhkan pemahaman yang bagus terhadap mata pelajaran Fisika, Kimia, dan juga Biologi. Pastikan ketiga mata pelajaran ini Anda kuasai dengan baik bila tertarik untuk berkuliah di jurusan Farmasi. Bagi Anda yang tertarik dengan jurusan Saintek, Anda bisa cek ulasan terkait macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya untuk peminatan IPA di sini!

7. Jurusan Digital Marketing

Sumber: Freepik.com

Ini termasuk jurusan baru di Indonesia yang kemunculannya akibat perkembangan teknologi yang pesat. Pendahulunya adalah jurusan Manajemen Pemasaran atau marketing yang sekarang masih ada di kampus-kampus Indonesia. Saat ini kegiatan pemasaran sangat bergantung dengan media sosial karena akses internet yang mulai menyeluruh. Anda tidak perlu melakukan pemasaran secara langsung kepada pelanggan, melainkan bisa melalui media sosial.

Digital Marketing adalah jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu karena tidak mengharuskan Anda berhadapan langsung dengan seseorang. Di sini Anda akan belajar bagaimana cara memasarkan produk atau jasa dengan bantuan internet. Prospek kerja dari seorang lulusan digital marketing juga cukup luas. Jurusan ini bukan hanya cocok untuk orang yang pendiam dan pemalu saja tetapi juga orang yang tak suka hitungan.

8. Jurusan Teknologi Pangan

jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu
Sumber: Freepik.com

Teknologi Pangan adalah jurusan yang mungkin kurang familier di telinga Anda. Ini merupakan sebuah jurusan yang mempelajari berbagai teknik untuk mengolah hasil pertanian dan juga peternakan. Hasil akhir dari pengolahan ini tentu saja adalah produk yan sudah jadi. Terdengar kurang menarik tetapi jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan, lho!

Berangkat dari jurusan ini Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan atau industri bidang makanan dan juga minuman. Belum lagi saat ini industri pangan makin ramai di pasaran dan memiliki banyak peminat. Di jurusan ini Anda tidak perlu takut harus banyak berkomunikasi dan diskusi karena akan sibuk mempelajari dan meneliti bahan pangan.

9. Jurusan Sastra

Sumber: Freepik.com

Bagi Anda yang ingin menantang diri sendiri, ini adalah jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu yang paling tepat. Di jurusan ini Anda akan banyak membaca, mengamati, dan menciptakan berbagai karya. Tidak jarang pula Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan atau menampilkan karya buatan Anda di hadapan umum. Dengan demikian Anda akan mulai belajar berbicara di hadapan publik dan mengurangi sifat pemalu Anda.

Baca juga: Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak, Sih?

Jurusan Sastra adalah jurusan yang istimewa karena tidak semua orang bisa masuk ke jurusan ini. Secara pribadi Anda pasti merasa bahwa jurusan ini bukan sesuatu yang bisa Anda pelajari dengan sendirinya tanpa ada bekal jiwa sastra sama sekali. Sastra tidak sama dengan seperti Matematika, Hukum, atau Politik yang bisa Anda pelajari. Tanpa jiwa sastra atau jiwa seni, Anda mungkin bisa tahu tekniknya tetapi tidak dengan feel atau rasanya.

10. Jurusan Bahasa Asing

Sumber: Freepik.com

Sama dengan jurusan sebelumnya ini juga merupakan jurusan yang cukup menantang untuk Anda yang pendiam dan pemalu. Pasalnya di jurusan Bahasa Asing ini Anda dituntut untuk praktik berbahasa. Interaksi atau diskusi sangat mungkin dan sangat Anda butuhkan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Anda. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena komunikasi dan interaksinya hanya sebatas praktik berbahasa saja.

Dengan latihan yang cukup Anda pasti bisa lancar ketika harus maju dan menunjukkan kebolehan berbahasa asing Anda. Jurusan ini sangat cocok untuk membantu Anda menjadi pribadi yang lebih terbuka dan bisa bergaul dengan rekan sesama mahasiswa.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi 10 jurusan kuliah untuk orang pendiam dan pemalu yang bisa Anda ketahui. Pilihlah jurusan-jurusan yang paling sesuai dengan minat dan juga bakat yang Anda miliki. Dengan demikian Anda bisa belajar dengan nyaman, bisa memperjuangkan nilai dengan maksimal, dan mendapat pengalaman menempuh ilmu yang luar biasa.

Post a Comment for "10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam dan Pemalu"