Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah IPS untuk Wanita dan Tips Pilihnya

jurusan kuliah ips untuk wanita
Sumber: Freepik.com

Hal yang paling membuat galau dan dilema adalah menentukan jurusan kuliah IPS untuk wanita yang paling tepat dan pas. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan agar Anda tidak merasa menyesal dan mampu mengikuti perkuliahan dengan baik. Mencari jurusan bukan hanya soal nyaman saja tetapi juga harus sesuai dengan kemampuan, minat, serta memiliki prospek kerja yang bagus. Karena tidak jarang lulusan Sarjana kesulitan mencari kerja karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang sesuai. Alhasil, mereka harus bekerja di tempat yang tidak selinier dengan pendidikan dan tak jarang mendapatkan gaji tidak sesuai pula. Anda juga bisa secara khusus mencari jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi, lho!

Hal seperti ini harus Anda perhatikan sejak sekarang karena akan terlambat bila menyadarinya setelah lulus dari universitas. Sudah bukan rahasia lagi bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia sangatlah terbatas dan sulit. Oleh karena itu, Anda harus memilih jurusan yang memang memiliki peluang kerja yang tinggi. Memang bukan tugas seorang wanita untuk mencari nafkah dalam keluarga tetapi dengan pendidikan yang baik Anda bisa menjadi ibu maupun istri yang baik pula. Dengan gelar Sarjana yang Anda miliki tentunya kesempatan untuk membantu perekonomian keluarga bisa menjadi lebih besar. Ulasan ini akan memberi Anda beberapa informasi mengenai jurusan kuliah peminatan IPS yang cocok untuk para wanita.

Inilah Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah IPS untuk Wanita

Jurusan kuliah sekarang ada banyak sekali baik untuk peminatan Bahasa, IPA, maupun IPS. Semuanya memiliki tempat tersendiri untuk mengembangkan apa yang sudah dipelajari di bangku SMA. Anda tentunya ingin meneruskan pendidikan di jurusan yang tepat agar tidak merasa kesulitan ketika belajar. Ada beberapa jurusan yang memang bagus untuk para wanita karena tidak terlalu berat di fisik maupun membutuhkan waktu kerja yang panjang. Kelemahan paling besar bagi seorang wanita ada pada fisiknya yang tak sekuat kaum pria.

Meski tidak semua demikian tetapi sebagian besar wanita tidak akan kuat bekerja terlalu berat atau terlalu lama. Oleh karenanya inilah beberapa jurusan kuliah IPS untuk wanita yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi diri Anda karena setiap individu memiliki minat, bakat, dan kemampuan yang berbeda-beda.

Baca juga: Kapan Hari Batik Nasional? Dan Apa Saja Sejarah Yang Terkandung Didalamnya?

Jurusan Ilmu Komunikasi

jurusan kuliah ips untuk wanita
Sumber: Freepik.com

Rekomendasi jurusan kuliah untuk kaum wanita yang pertama adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan ini mengharuskan Anda untuk banyak bicara khususnya di hadapan banyak orang. Sehingga, cocok sekali dengan para perempuan yang senang dan pandai berbicara di depan publik. Bagi Anda yang merasa kurang pandai berbicara pun tidak masalah untuk masuk ke jurusan ini karena seiring berjalannya waktu kemampuan berbicara Anda akan terasah.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan lagi bila Anda memiliki masalah kepercayaan diri bila harus berbicara di hadapan banyak orang. Jurusan ini juga kurang cocok untuk orang yang lebih suka berhitung atau mempelajari ilmu eksak. Setelah menempuh pendidikan Anda bisa bekerja sebagai copywriter, staf humas, content creator, dan juga seorang penyiar.

Jurusan Sosiologi

Sumber: Freepik.com

Jurusan kuliah IPS untuk wanita berikutnya adalah jurusan Sosiologi yang mempelajari perilaku sosial antar individu, antar kelompok, maupun antar individu dan juga kelompok. Di jurusan ini Anda akan mempelajari mengenai masyarakat mulai dari struktur, karakter, permasalahan, fenomena sosial, dan juga gerakan-gerakan yang terjadi di lingkup masyarakat. Sosiologi adalah jurusan yang sebagian besar memungkinkan lulusannya untuk terjun ke pemerintahan khususnya kementerian.

Pekerjaan di pemerintahan tentu tidak akan terlalu berat untuk seorang wanita, bukan? Menariknya, sebagian besar mata kuliah di jurusan ini banyak penelitiannya. Sehingga, mahasiswa jurusan Sosiologi bisa memilih untuk lulus dengan skripsi ataupun tidak. Tentunya ini adalah kesempatan yang bagus bagi Anda yang suka dengan penelitian dan terjun langsung ke lokasi pembelajaran.

Jurusan Ekonomi

Sumber: Freepik.com

Lulusan peminatan IPS akan sangat cocok untuk berkuliah di jurusan Ekonomi. Anda sudah belajar mengenai Ekonomi ketika duduk di bangku SMA sehingga mata kuliah yang akan Anda pelajari di universitas sudah Anda dapatkan dasarnya. Hal ini tentu membuat Anda tidak begitu kesulitan untuk memahami maupun beradaptasi. Di jurusan Ekonomi Anda akan mempelajari mengenai prinsip-prinsip ekonomi, statistika ekonomi, matematika ekonomi, dan masih banyak lagi.

Melalui jurusan ini Anda bukan hanya bisa menggunakannya sebagai modal untuk mencari pekerjaan. Anda juga bisa menggunakan pemahaman mengenai ilmu ekonomi untuk mengatur dan mengambil berbagai keputusan untuk diri sendiri dan keluarga. Dari jurusan Ekonomi Anda bisa bekerja di bidang perbankan, menjadi konsultan bisnis dan keuangan, analis data, dan analis risiko.

Jurusan Hukum

Sumber: Freepik.com

Pilihan jurusan kuliah IPS untuk wanita yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah jurusan Hukum. Di jurusan ini Anda akan banyak membaca, menghafal, dan menganalisis. Kegiatan ini tentunya tidak berat dan sulit bagi seorang wanita dan juga tidak banyak menuntut untuk praktik. Anda akan belajar banyak hal mengenai hukum seperti hukum perdata, hukum ekonomi, hukum administrasi negara, dan hukum-hukum lainnya.

Mereka yang berasal dari jurusan Hukum bisa bekerja sebagai seorang pengacara, staf legal perusahaan, hakim, penasihat hukum, notaris, konsultan hukum, diplomat, dan jaksa. Pekerjaan-pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang cocok untuk para wanita.

Jurusan Tata Rias

Sumber: Freepik.com

Rekomendasi jurusan yang satu ini jelas sekali jurusannya wanita sekali. Memang tidak menutup kemungkinan ada pria yang memilih jurusan Tata Rias, tetapi sebagian besar dari jurusan ini adalah wanita. Tata Rias akan mengajarkan kepada Anda mengenai struktur wajah, alat-alat kecantikan, dan juga teknik untuk merias wajah sesuai dengan strukturnya. Bukan hanya wajah saja, di jurusan ini Anda juga mempelajari mengenai kesehatan kulit, rambut, serta anatomi dan fisiologi.

Prospek kerja dari jurusan Tata Rias sudah pasti menjadi seorang penata rias wajah. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir harus menjadi penata rias karena masih ada opsi menjadi guru Tata Rias, trainer, dan juga wirausahawan.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

Dari sekian banyak jurusan di atas, Anda mungkin sudah memiliki satu atau dua jurusan yang Anda pilih. Atas dasar apa Anda memilih dan merasa bahwa jurusan-jurusan kuliah tertentu cocok dan bisa Anda isikan pada formulir seleksi masuk perguruan tinggi? Pemilihan jurusan tentunya bukan hal yang sepele dan perlu pertimbangan dan pemikiran yang panjang. Dengan demikian Anda tidak sampai salah pilih jurusan dan membuat tidak nyaman di kemudian hari.

Namun hal itu tidak perlu Anda pusingkan lagi bila sudah merasa yakin dengan pilihan jurusan kuliah IPS untuk wanita yang Anda lakukan. Khususnya bila Anda menargetkan jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita. Bagi Anda yang masih belum yakin dan butuh bantuan bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

Memilih Jurusan Berdasarkan Minat dan Bakat

Selanjutnya Anda akan belajar dan bekerja sesuai dengan jurusan yang Anda pilih. Untuk hal ini tentu saja Anda harus memilih jurusan berdasarkan minat serta bakat yang Anda miliki. Kedua hal ini memastikan bahwa Anda bisa mempelajari jurusan tersebut tanpa kesulitan dan menyenangkan tentunya.

Pikirkan hal-hal apa saja yang Anda sukai dan bisa Anda lakukan dengan baik. Catatlah di kertas dan carilah hubungan dari kegiatan-kegiatan tersebut. Dari sana Anda bisa mendapatkan kesimpulan mengenai garis besar hal yang ingin Anda lakukan dan bisa Anda lakukan dengan mudah. Carilah jurusan yang sesuai dengan hasil kesimpulan yang Anda dapatkan tersebut.

Baca juga: Buku Ipa Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013 Terlengkap

Berkonsultasi dengan BK atau Orang Berpengalaman

Sebenarnya tidak semua orang bisa mencari tahu mengenai dirinya sendiri dan cenderung lebih mudah bingung. Misalnya saja pertanyaan sederhana seperti mata pelajaran apa yang paling dikuasai dan disenangi atau hobi di waktu luang. Untuk beberapa orang, mereka perlu waktu lama untuk mencari jawabannya atau bahkan tidak memiliki jawaban sama sekali.  Kalau begini Anda jelas akan kesulitan memilih jurusan kuliah IPS untuk wanita yang paling sesuai dengan Anda.

Anda bisa menemui guru Bimbingan Konseling dan mengutarakan kegundahan Ana dalam memilih jurusan. Guru BK akan mengajak Anda mengobrol sambil membantu mencari minat dan bakat Anda. Jadi, jawablah dan ceritakan dengan sebenar-benarnya agar guru BK tidak salah mengarahkan Anda.

Memikirkan Potensi Karier

Apakah Anda merasa Anda tidak memiliki sesuatu yang menonjol dalam bidang apa pun? Seperti, apa pun yang Anda lakukan Anda bisa melakukannya dengan baik meskipun tidak menjadi yang terbaik. Anda tidak memiliki masalah dengan mata pelajaran Matematika seperti kebanyakan siswa, tidak malu berbicara di depan umum, memiliki ingatan yang baik, dan kemampuan fisik yang standar. Selain itu, Anda pun tidak  memiliki ketertarikan atas sesuatu secara khusus dan memandang semua hal itu sama.

Bila Anda adalah orang yang seperti itu, ini merupakan kelebihan tersendiri karena Anda bisa dengan bebas memilih apa pun. Tanpa berpikir Anda bisa memilih jurusan dan pastinya Anda bisa belajar maupun bekerja dengan baik di jurusan tersebut. Namun, tentunya Anda sendiri merasa tidak mungkin asal pilih jurusan tanpa pertimbangan meskipun tak ada hal yang memaksa Anda mempertimbangkannya, bukan?

Untuk kasus seperti ini Anda bisa menggunakan potensi karier di masa depan sebagai pertimbangan pemilihan jurusannya. Cari tahu mana jurusan yang paling banyak perusahaan atau industri butuhkan, punya jenjang karier bagus, dan tingkat persaingannya tidak begitu tinggi.

Demikianlah informasi mengenai rekomendasi jurusan kuliah IPS untuk wanita yang bisa Anda ketahui. Seorang wanita sekarang juga membutuhkan pendidikan tinggi layaknya pria. Karena wanita bukan hanya menjadi ibu rumah tangga saja tetapi juga menjadi sekolah pertama bagi putra putrinya. Bekerja memang bukan kewajiban wanita tetapi tidak ada salahnya bila bekerja untuk membantu ekonomi keluarga, bukan? 


Post a Comment for "Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah IPS untuk Wanita dan Tips Pilihnya"