Mengetahui Jurusan Kuliah di BSI untuk Setiap Fakultasnya

jurusan kuliah di bsi
Sumber: news.bsi.ac.id

BSI atau Bina Sarana Informatika adalah salah satu universitas swasta di Indonesia yang telah berdiri sejak 1988 silam. Saat ini BSI memiliki 3 buah fakultas dengan 22 Program Studi yang berbeda. Ada jenjang Diploma Tiga dan juga Strata Satu yang siap untuk Anda pilih dan pertimbangkan. Menariknya, sekarang BSI sedang mempersiapkan jenjang Strata Dua untuk Program Studi Manajemen. Mengingat ada begitu banyak jurusan yang tersedia Anda pastinya bingung harus memilih jurusan kuliah di BSI yang mana.

Jurusan kuliah adalah salah satu dilema terbesar bagi siswa kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikannya. Bagaimana tidak, mereka kurang mendapatkan informasi mengenai jurusan kuliah dan apa yang akan mereka pelajari di jurusan tersebut. Maka, silakan membaca dan mempelajari ulasan mengenai jurusan-jurusan yang ada di BSI agar Anda memiliki pandangan yang lebih luas. Ketahui juga beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar sebagai referensi tambahan.

Inilah Jurusan Kuliah di BSI

Kepanjangan dari nama BSI sendiri tidak jarang membuat orang salah paham. Kata ‘Informatika’ di nama BSI tak jarang membuat orang berpikiran bahwa jurusan dari kampus ini semuanya berhubungan dengan ‘Informatika’. Jelas saja ini tidak benar karena di BSI sendiri memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang jelas berbeda dengan jurusan Informatika.

Agar tidak salah paham dan makin mantap memilih BSI, mari mempelajari dulu jurusan-jurusan yang ada di kampus ini.

Fakultas Teknik dan Informatika

Sumber: Freepik.com

Ini adalah fakultas yang paling sesuai dengan nama kampus BSI, yaitu Fakultas Teknik dan Informatika. Seperti namanya, di fakultas ini ada Program Studi yang berhubungan dengan teknik dan juga informatika. Berikut ini adalah jurusan kuliah di BSI dari Fakultas Teknik dan Informatika yang bisa Anda ketahui. Perhatikan dengan baik masing-masing penjelasannya agar Anda tidak salah dalam membedakan antar satu dengan yang lainnya.

Sistem Informasi Jenjang S1 dan D3

Jurusan ini ada hubungannya dengan bidang IT dan memiliki banyak sekali peminat akibat makin majunya zaman. Di BSI ada dua pilihan jenjang pendidikan bila Anda meminati Sistem Informasi. Sistem informasi akan mengajari Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan dan juga proses bisnis dari suatu perusahaan berdasarkan data dari perusahaan tersebut. Anda juga akan mempelajari keahlian untuk rekayasa komputer, problem solving, berpikir positif, dan banyak lainnya. Lulusan Sistem Informasi bisa bekerja sebagai konsultan IT, data scientist, software developer, dan juga aplication engineer.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Jurusan Kuliah di UNPAM Ada Apa Saja

Teknologi Informasi jenjang S1

Jurusan kuliah di BSI selanjutnya ada Teknologi Informasi yang tentu saja berbeda dengan Sistem informasi. Teknik Informasi adalah jurusan yang mengajarkan tentang sistem atau teknologi lengkap dengan pengimplementasiannya. Misalnya pengembangan software, kecerdasan buatan, dan juga sistem informasi yang menggunakan basis cloud. Sarjana Teknologi Informasi dapat bekerja sebagai admin sistem, object programmer, dan cyber security analyst.

Rekayasa Perangkat Lunak Jenjang S1

Jurusan yang satu ini sebenarnya sudah ada di tingkat SMK meski tidak banyak sekolah yang menyediakan jurusan ini. Bila Anda merupakan lulusan SMK jurusan RPL dan melanjutkan ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di BSI ini tentu akan makin klop. Dasar-dasar yang Anda pelajari di bangku SMK akan sangat berguna untuk modal mempelajari materi RPL lebih lanjut di tingkat kuliah.

Di jurusan ini Anda akan belajar mengenai teknik dan juga prinsip untuk membuat sebuah software. Prosesnya mulai dari cara mendesain, analisis algoritma, hingga pemrograman software tersebut. Prospek kerja dari jurusan kuliah di BSI Rekayasa Perangkat Lunak juga cukup luas, yaitu pengembang IT, programmer, sistem analis, database engineer, web engineer, dan juga konsultan IT.

Ilmu Komputer Jenjang S1

Dari beberapa jurusan di atas semuanya berhubungan dengan komputer, tetapi kali ini justru ada jurusan Ilmu Komputer. Ya, meskipun hampir mirip dan saling berkaitan tetapi semua jurusan tersebut sangatlah berbeda. Ilmu komputer mempelajari tentang sains dan juga komputer. Anda akan mempelajari komputasi perangkat keras dan lunak dan mereka yang berasal dari jurusan ini juga memiliki kemampuan programming. Prospek kerja dari jurusan Ilmu Komputer adalah analis program, mobile computing, dan data scientist.

Teknik Industri Jenjang S1

Jurusan Teknik Industri ini berperan besar dalam membantu kehidupan manusia. Hal ini karena Teknik Industri mempelajari tentang cara untuk mengoptimalkan kegiatan manusia. Anda membutuhkan pemahaman di bidang Matematika dan pemahaman dasar teknologi untuk belajar di jurusan ini. Lulusan Teknik Industri bisa bekerja sebagai PPIC Manager, QMS Manager, teknisi pabrik, operasional dan logistik, serta marketing manager.

Teknik Elektro Jenjang S1

Meski belum pernah mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan kuliah di BSI satu ini, Anda mungkin tidak akan merasa asing. Jurusan Teknik Elektro ini mempelajari mengenai listrik dan juga implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah belajar di jurusan Teknik Elektro Anda bisa bekerja sebagai teknisi robot, product manager, teknisi listrik, dan juga perancang produk otomotif.

Teknologi Komputer Jenjang S1

Sebelumnya ada Ilmu komputer, sekarang ada jurusan Teknologi Komputer. Di jurusan ini Anda akan belajar mengenai sistem jaringan dan juga telekomunikasi. Pada jurusan Teknologi Komputer Anda akan mendesain dan juga mengimplementasikan sistem terintegrasi pada software dan hardware. Prospek kerja dari jurusan ini adalah menjadi seorang pengembang software, programmer android, data communication engineer, pengembang game, dan konsultan IT.

Sistem Informasi Akuntansi Jenjang D3

Jurusan kuliah di BSI selanjutnya adalah Sistem Informasi Akuntansi. Program Studi yang satu ini merupakan penggabungan dari bidang ilmu Akuntansi dan ilmu Komputer. Di sini Anda akan belajar menjadi seorang akuntan dengan memanfaatkan teknologi untuk meminimalisir kesalahan serta kemudahan dalam pengerjaan.

Lulusan dari Sistem Informasi Akuntansi ini bisa bekerja sebagai analis manajemen bisnis, administrator database, konsultan bisnis, dan analis keuangan. Jurusan ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang Akuntansi dan punya kemampuan komputasi dengan baik.

Fakultas Komunikasi dan Bahasa

jurusan kuliah di bsi
Sumber: Freepik.com

Untuk fakultas yang satu ini Anda mungkin tidak familier karena memang kurang populer daripada fakultas-fakultas lainnya. Sekarang, eranya sudah berbeda dengan zaman dahulu karena semuanya serba cepat dan tanpa hambatan. Anda bisa berinteraksi dengan semua orang di belahan dunia tanpa harus terhambat oleh ruang dan waktu. Hal ini menjadikan ilmu komunikasi dan juga bahasa menjadi hal yang sangat penting.

Proses komunikasi tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa tata bahasa yang bagus. Sebaliknya, kemampuan berbahasa yang bagus tidak ada gunanya tanpa adanya komunikasi. Fakultas dari BSI, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, merupakan salah satu pilihan yang terbaik di bidangnya. Berikut ini adalah beberapa pilihan Program Studi dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

Ilmu Komunikasi Jenjang S1

Jurusan kuliah di BSI ini mempelajari segala hal mengenai komunikasi mulai dari teori, konsep, dan prinsip-prinsipnya dalam berbagai konteks. Ilmu Komunikasi bukan hanya mempelajari komunikasi antara dua buah pihak saja tetapi juga komunikasi individu, periklanan, media, media sosial, dan juga interkultural. Jurusan yang satu ini sangat erat kaitannya dengan hubungan sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Anda akan mendapatkan keterampilan untuk berbicara di hadapan umum, kemampuan berpikir unik, dan juga kemampuan menulis secara kreatif. Sedangkan untuk prospek kerjanya sendiri adalah public relation, jurnalis, produser tv atau radio, content creator, content writer, dan editor.

Sastra Inggris Jenjang S1

Belajar di Sastra Inggris tidak sekadar belajar Berbahasa Inggris yang baik dan benar. Anda pun tidak harus jago Bahasa Inggris untuk masuk ke jurusan BSI yang satu ini. Asalkan ada kemauan untuk belajar Anda bisa dan boleh-boleh saja masuk ke Sastra Inggris meski bukan dari peminatan Bahasa. Di sini Anda akan belajar keterampilan berbahasa secara lengkap mulai dari speaking, listening, reading, dan juga writing. Nah, hal ini bersamaan dengan proses pembelajaran untuk berbagai karya sastra Berbahasa Inggris.

Anda akan belajar kritik literatur, puisi, prosa, dan lain sebagainya di jurusan kuliah di BSI Sastra Inggris. Prospek kerja dari jurusan ini adalah novelis, copy writer, jurnalis, content writer, translator, interpreter, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan sastra dan Bahasa Inggris.

Public Relation Jenjang D3

Jurusan yang satu ini lebih terkenal dengan nama Hubungan Masyarakat atau Humas. Peran seorang Humas ini pada perusahaan atau sebuah organisasi adalah membentuk dan juga menjaga citra perusahaan atau organisasi tersebut di hadapan masyarakat. Mereka jura memiliki peran penting dalam menjaga dan membangun komunikasi antara pihak eksternal dengan perusahaan. Bukan hanya itu saja, Humas juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan yang baik di antara karyawan. Di jurusan ini Anda akan mempelajari marketing PR, cyber PR, dan press release.

Prospek kerja dari lulusan Hubungan Masyarakat adalah menjadi seorang spesialis hubungan masyarakat, pengajar komunikasi, hubungan masyarakat atau petugas humas, manager layanan sosial dan komunitas, dan copywriter.

Broadcasting Jenjang D3

Universitas Bina Sarana Informatika menyediakan jurusan Broadcasting bagi Anda yang berminat di bidang penyiaran. Jurusan inilah yang bertugas untuk membuat berbagai program siaran baik untuk televisi, radio, dan juga media sosial. Broadcasting adalah jurusan yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menyampaikan informasi, edukasi, serta hiburan kepada masyarakat luas.

Untuk masuk ke jurusan ini Anda harus memiliki pengetahuan yang luas, kreativitas tinggi, teori dan juga keterampilan komunikasi yang bagus. Lulusan jurusan Broadcasting bisa menjadi seorang video editor, reporter, produser TV atau radio, penyiar, penata musik, dan sutradara.

Advertising Jenjang D3

Siapa sangka ada jurusan yang secara khusus mempelajari ilmu untuk periklanan. Di jurusan ini Anda akan belajar mengenai strategi kreatif dalam membuat iklan produk atau jasa. Yang Anda pelajari di jurusan ini adalah memproduksi iklan cetak maupun elektronik, teknik fotografi untuk kebutuhan iklan, membuat story board iklan, dan juga copywriting.

Jurusan kuliah di BSI satu ini memiliki prospek kerja yang bagus apalagi ketika media sosial dan informasi berkembang sepesat ini. Anda bisa memilih untuk berkarier sebagai seorang analis riset pasar dan spesialis pemasaran, copywriter, manajer sosial media, penyusun strategi pemasaran, dan juga sales periklanan.

Baca juga: Informasi Jurusan Kuliah di UPI Bandung dan Cara Pendaftarannya

Bahasa Inggris Jenjang D3

Akan aneh kalau tidak ada jurusan bahasa di Fakultas Komunikasi dan Bahasa. Di sini, Bina Sarana Informatika masih menyediakan satu jenis jurusan bahasa, yaitu Bahasa Inggris. Fokus belajar Anda di sini adalah penguasaan bahasa mulai dari berbicara, mendengarkan, membaca, dan juga menulis. Untuk bidangnya sendiri bisa komunikasi dalam hal bisnis, penulisan artikel, serta pertunjukan drama.

Menariknya Anda juga akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan ilmu pendidikan, yaitu teaching asessment dan juga pengembangan kurikulum Bahasa Inggris. Prospek kerja seorang jurusan Bahasa Inggris adalah menjadi guru Bahasa Inggris, interpreter, translator, tour guide, dan juga content writer Inggris.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sumber: Freepik.com

Ekonomi dan Bisnis adalah salah satu bidang keilmuan yang paling tua dan hampir semua universitas pasti memiliki fakultas yang satu ini. Bagaimana tidak, peluang kerja dari lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau FEB sangatlah luas. Hampir semua industri atau perusahaan-perusahaan di luar sana membutuhkan pegawai dari lulusan FEB. Ekonomi dan bisnis sendiri merupakan bagian dari kehidupan masyarakat sehingga kebutuhan akan lulusan FEB pun tak akan ada habisnya.

Belum lagi mereka yang berasal dari lulusan FEB juga membangun sendiri perusahaannya dan akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis bisa memilih salah satu dari jurusan-jurusan berikut ini.

Manajemen Jenjang S1

Jurusan kuliah di BSI satu ini merupakan jurusan yang banyak peminatnya karena mempelajari mengenai kegiatan di sebuah perusahaan atau korporasi. Dengan kata lain, jurusan Manajemen sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah perusahaan. Kebutuhan lulusan jurusan Manajemen di lapangan sangat tinggi sehingga tenaga kerjanya pun harus sama tingginya. Di jurusan Manajemen ini Anda akan belajar mengenai kebijakan manajemen perusahaan, strategi berbisnis, ketengakerjaan dan kepepawaian, pemasaran, administrasi dan organisasi nirlaba.

Lebih singkatnya Anda akan belajar pengelolaan sebuah perusahaan dari segi finansial, operasional, promosi, dan juga struktur dari organisasi perusahaan. Prospek kerja lulusan jurusan Manajemen adalah menjadi seorang manajer perusahaan, wirausaha, brand marketing, dan juga peneliti dalam bidang manajemen tentunya.

Akuntansi Jenjang S1 dan D3

Sama dengan Manajemen, Akuntansi juga jurusan yang memiliki banyak peminat dari para calon mahasiswa. Bahkan, jurusan Akuntansi ini bisa Anda pelajari sejak jenjang SMA. Jadi, mereka yang memilih peminatan Akuntansi sudah pasti harus memilih jurusan Akuntansi bila memutuskan melanjutkan pendidikan. Untuk menjadi seorang akuntan Anda akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, akuntansi keuangan, perpajakan, sistem informasi akuntansi, menganalisis laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Lulusan Akuntansi bisa bekerja sebagai staf akuntansi, staf pajak, staf anggaran, auditor, akuntan publik, dan akuntan manajemen. Anda juga berkesempatan untuk menjadi seorang guru Akuntansi di instansi pendidikan yang menyediakan jurusan peminatan Akuntansi.

Administrasi Perkantoran Jenjang D3

Anda pastinya sudah tidak asing dengan jurusan kuliah di BSI Administrasi Perkantoran ini. Jurusan ini ada di tingkat SMK juga dan lulusannya adalah siswa yang siap bekerja. Untuk mendalami ilmu praktis yang Anda dapatkan dari jenjang SMK, Anda bisa melanjutkan ke jurusan Administrasi Perkantoran dari BSI. Di ini Anda akan belajar manajemen kearsipan, manajemen perkantoran, Bahasa Inggris, dan juga keterampilan korespondensi. Lulusan dari jurusan Akuntansi bisa memulai kariernya menjadi customer service officer, office supervisor, general affair, dan administrative assistant.  

Administrasi Bisnis Jenjang D3

Jurusan yang satu ini akan mengajarkan Anda segala sesuatu tentang menjalankan suatu bisnis dan juga membuat sebuah produk. Namun bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar mengenai cara membuat produk tersebut memiliki nilai jual dan bisa Anda pasarkan. Karena tidak semua produk memiliki nilai jual dan tidak semua orang bisa memberikan nilai pada produk buatannya. Administrasi Bisnis adalah jurusan yang sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus antara lain lulusannya dapat berkarier sebagai executive administrative assistant, marketing officer, enterpreneur, dan juga office administrator.

Manajemen Pajak Jenjang D3

Jurusan kuliah di BSI ini merupakan bagian dari ilmu Manajemen secara umum tetapi di sini lebih fokus ke pajak. Pada jurusan ini Anda akan mempelajari ilmu penatausahaan serta pelayanan terhadap kewajiban dan hak dari seorang wajib pajak. Ini merupakan ilmu yang sangat penting dan juga perusahaan butuhkan. Prospek kerja dari jurusan Manajemen Pajak adalah asisten konsultan pajak, pelaksana administrasi keuangan, pelaksana administrasi perpajakan, pegawai pajak, wirausahawan, dan juga bekerja di lembaga keuangan dan perbankan.

Perhotelan Jenjang D3

Jurusan perhotelan adalah salah satu jurusan yang bisa Anda pelajari sejak jenjang SMK. Mereka yang berasal dari peminatan Perhotelan sebenarnya sudah bisa memulai karier mereka di bidang perhotelan. Ada beberapa pula yang memilih untuk menambah ilmu dengan berkuliah di jurusan Perhotelan. Di jurusan ini Anda akan mendalami ilmu perhotelan yang sudah Anda dapatkan dasarannya di SMK.

Anda akan belajar untuk memberikan pelayanan yang bisa memuaskan pelanggan, perlindungan terhadap budaya lokal, kesejahteraan karyawan, dan juga bahasa asing. Di dunia perhotelan Anda akan bertemu dengan banyak sekali jenis tamu dan tidak jarang mereka tidak berasal dari Indonesia. Prospek kerja dari jurusan Perhotelan ini adalah pattissier, resepsionis, room attendant, concierge hotel, waiter, bartender, dan demi chef.

Itulah pembahasan mengenai jurusan kuliah di BSI yang bisa Anda ketahui dan pelajari. Dari informasi jurusan tersebut setidaknya Anda pasti sudah memiliki gambaran mengenai masing-masing jurusannya. Informasi singkat tersebut sangat bermakna karena bisa membantu Anda menentukan mana jurusan yang sesuai dan tidak sesuai untuk Anda. Pelajari juga tips memilih jurusan kuliah tepat latsol agar Anda tahu apa saja yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih jurusan.


Post a Comment for "Mengetahui Jurusan Kuliah di BSI untuk Setiap Fakultasnya"