Kerja di Bea Cukai Kuliah Jurusan Apa, Sih?

kerja di bea cukai kuliah jurusan apa
Sumber: Freepik.com

Daripada jurusan, jenis pekerjaan memang lebih dikenal kalangan siswa. Mereka kurang tahu jurusan perkuliahan untuk bekerja di bidang tertentu. Sehingga tidak jarang mereka kebingungan harus masuk ke jurusan apa untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Bahkan, tidak jarang ada yang salah masuk jurusan karena mengira pekerjaan impiannya berawal dari jurusan tersebut. Bekerja di bea cukai atau menjadi pegawai pajak adalah salah satu pekerjaan idaman banyak orang. Anda pastinya bertanya-tanya kerja di bea cukai kuliah jurusan apa dan dari universitas mana.

Anda pastinya tidak ingin masuk ke jurusan perkuliahan yang tidak sesuai dan membuang waktu Anda di sana. Memikirkan dan mempersiapkannya sejak awal tentu akan lebih baik daripada Anda terburu oleh waktu ketika sudah duduk di kelas 12. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mempersiapkan pembelajaran Anda untuk mengejar profesi tersebut. Karena tidak sedikit yang berminat menjadi pegawai pajak tentunya Anda harus berusaha keras sedini mungkin. Nah, di ulasan kali ini Anda akan mengetahui jurusan yang paling sesuai untuk menjadi seorang pegawai pajak.

Mengenal Pekerjaan Bea Cukai

Ketika melakukan pekerjaan tertentu Anda pastinya harus memahami dengan baik mengenai pekerjaan tersebut. Anda tidak bisa memilih pekerjaan hanya karena sekadar rasa suka yang tak beralasan atau keinginan tanpa pertimbangan. Pemilihan pekerjaan sangat penting karena pekerjaan ini yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan biaya hidup. Pastinya Anda harus memilih pekerjaan yang benar-benar nyaman dan bisa Anda lakukan dengan baik.

Alih-alih membahas kerja di bea cukai kuliah jurusan apa, ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan profesi tersebut. Dengan demikian, Anda bisa makin familier dengan pekerjaannya dan makin yakin untuk menjadi seorang pegawai pajak. Berikut ini adalah beberapa poin pembahasan mengenai pekerjaan bea cukai.

Baca juga: Cari Tahu Tips Memilih Jurusan Kuliah Tepat Latsol, Yuk!

Perihal Nama Pekerjaan

Nama pekerjaan ini terdiri dari dua kata, yaitu bea dan cukai. Masing-masing kata tersebut memiliki makna dan bukan satu kesatuan. Kata bea memiliki makna pungutan negara atas barang yang keluar atau masuk ke daerah pabean atau batas negara. Dari sini Anda bisa menarik kesimpulan bahwa pekerjaan ini ada hubungannya dengan kegiatan ekspor dan impor barang.

Sedangkan untuk kata cukai sendiri memiliki makna pungutan terhadap barang berdasarkan karakteristik tertentu. Cukai ini lebih sempit dari bea karena memiliki karakteristik dalam pemungutannya. Karakteristiknya adalah pengendalian jumlah konsumsi, pengawasan terhadap peredaran, dan dampak negatif terhadap pengguna.

Dengan kata lain bea dan cukai sama-sama pajak atau pungutan terhadap suatu barang dengan aturan yang berbeda.

Wilayah Kerja Pegawai Pajak

Ketika bertanya kerja di bea cukai kuliah jurusan apa, Anda pastinya penasaran mengenai lingkup kerja dari pegawai pajak. Para pegawai pajak ini berada di bawah Menteri Keuangan. Sehingga jangan terkejut bila menteri keuangan akan muncul dalam pembahasan mengenai masalah bea dan cukai ini. Dalam struktur, instansi yang akan menjadi lokasi kerja dari pegawai pajak ini adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Karena bea cukai ini berhubungan dengan ekspor dan impor, Anda akan bekerja di pelabuhan, bandara udara, daerah perbatasan, dan juga daerah pelabuhan darat. Penting untuk Anda ketahui bahwa seorang pegawai pajak harus siap bekerja di mana pun di seluruh wilayah Indonesia. Anda harus ingat bahwa pegawai pajak ini akan bekerja di bawah Kementerian Keuangan dan tentu harus melayani negara.

Di Kementerian Keuangan ini memiliki pola mutasi tersendiri sehingga Anda bisa menebak di kantor mana saja kemungkinan Anda akan ditempatkan. Dengan sistem seperti ini tentu membuat Anda sulit untuk mendapatkan kantor yang dekat dengan kampung halaman. Misalnya Anda berasal dari Surabaya tetapi mendapatkan penugasan ke Kalimantan. Maka, mutasi Anda akan berada di seputar kantor di daerah Kalimantan. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk mendapatkan mutasi dari di luar Kantor Wilayah.

  • Mengajukan izin untuk mengikuti suami ke daerah kerjanya tetapi proses untuk perizinan ini cukup lama karena menunggu posisi kosong di kantor tujuan.
  • Mengajukan izin untuk merawat orang tua, suami, istri, atau anak yang sedang sakit di wilayah kantor lain. 
  • Mengajukan izin untuk melanjutkan pendidikan di PKN STAN dan ketika lulus Anda akan mendapatkan penempatan ulang. 
  • Mendapatkan promosi jabatan di Kantor Wilayah yang sekarang.
Hal itu ada sedikit di antara aturan-aturan yang harus Anda taati bila bekerja sebagai pegawai pajak di pemerintahan. Tentunya tidak cocok untuk Anda yang kurang suka dengan profesi yang terlalu mengatur. Maka, Anda bisa mencari tahu mengenai macam-macam jurusan kuliah dan pekerjaannya. Siapa tahu ada salah satu jurusan dan pekerjaan yang Anda sukai di artikel tersebut.

Kerja di Bea Cukai Kuliah Jurusan Apa?

kerja di bea cukai kuliah jurusan apa
Sumber: menpan.go.id

Sekarang Anda pasti makin penasaran kerja di bea cukai kuliah jurusan apa. Karena memang tidak banyak akses yang bisa Anda gunakan untuk menjadi seorang pegawai pajak khususnya pegawai pajak di bawah Kementerian Keuangan. Berikut ini adalah dua cara yang bisa Anda gunakan untuk masuk sebagai pegawai pajak di bawah Kementerian Keuangan.

Melalui PKN STAN

Mahasiswa yang merupakan lulusan dari PKN STAN akan mendapatkan tempat di Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, dan dinas-dinas pemerintah lainnya sesuai dengan jurusan. Dengan kata lain, secara otomatis mereka yang berhasil menjadi mahasiswa PKN STAN mendapatkan tiket masuk ke Kementerian Keuangan.

Oleh karena itulah Anda harus mengikuti SPMB PKN STAN dan bersaing dengan seluruh putra putri Indonesia yang sama berminatnya dengan Anda. Untuk masuk ke PKN STAN sendiri ada tiga jalur penerimaan yang berbeda.

Ada Jalur Reguler untuk semua lulusan SMA atau sederajatnya di Indonesia. Jalur Afirmasi untuk lulusan SMA atau sederajatnya di wilayah-wilayah tertentu seperti Papua, Maluku, dan sebagainya. Lalu, untuk jalur terakhirnya adalah Jalur Pembibitan yang perekrutannya melalui kerja sama dengan pemerintah daerah tertentu.

Baca juga: Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Susah Gak, Sih?

Kuota dari penerimaan PKN STAN ini hanyalah 1.100 kuota saja sehingga sangatlah terbatas daripada universitas lainnya. Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik agar menjadi salah satu dari 1.100 calon mahasiswa baru PKN STAN. Berikut ini adalah alur singkat untuk mendaftar mengikuti SPMB PKN STAN.

  1. Buatlah akun SSCASN Sekolah Kedinasan di laman dikdin.bkn.go.id menggunakan data diri Anda. 
  2. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya. 
  3. Pilihlah Sekolah Kedinasan yang ingin Anda masuki, PKN STAN. 
  4. Pilihlah salah satu dari tiga jalur penerimaan yang ingin Anda gunakan. 
  5. Lengkapi data diri Anda sesuai dengan petunjuk dari laman pendaftaran tersebut. 
  6. Cetaklah Kartu Pendaftaran Anda sebagai bukti bahwa Anda adalah salah satu peserta SPMB PKN STAN. 
  7. Akseslah laman pendaftaran SPMB di link spmb.pknstan.ac.id. 
  8. Isilah formulir pendaftaran secara online menggunakan data-data yang sudah Anda miliki. 
  9. Lanjutkan mengisi program studi yang ingin Anda pelajari di PKN STAN. 
  10. Isilah data-data tambahan yang dibutuhkan sesuai dengan petunjuk yang tersedia di laman pendaftaran online tersebut. 
  11. Periksa kembali pengisian pendaftaran online tersebut, kunci data Anda, dan selesaikan proses pendaftarannya. 

Melalui Seleksi CPNS

Pegawai pajak di kementerian termasuk PNS atau ASN sehingga Anda bisa melamar melalui seleksi CPNS. Untuk cara yang satu ini tentu saja Anda kurang bisa leluasa memilih karena harus mengikuti lowongan yang tersedia. Sama dengan SPMB PKN STAN, seleksi CPNS ini juga tak kalah ketat dan sulit. Untuk mengikuti seleksi CPNS syarat minimal pendidikannya adalah SMA atau sederajat. Namun untuk formasi tertentu Anda harus S1 jurusan tertentu atau di jenjang yang lebih tinggi. 

Tidak ada salahnya juga untuk berjaga-jaga dengan mencari informasi terkait jurusan kuliah di UPI Bandung. Karena bagainamapun juga kuota bekerja sebagai pegawai pajak di pemerintahan sangatlah terbatas.

Jurusan untuk Bekerja di Bea Cukai dari Universitas

Untuk berjuang di jalur ini Anda memang bisa memulainya dari jenjang pendidikan SMA. Namun, kemungkinan besar di jenjang pendidikan tersebut Anda tidak bisa mendapatkan jabatan yang Anda inginkan. Jadi tentu saja Anda harus menyesuaikan kerja di bea cukai kuliah jurusan apa yang paling tepat. Ada beberapa jurusan di universitas yang memiliki peluang besar untuk bekerja di kantor Direktorat Jenderal Pajak. Di bawah ini adalah beberapa jurusan yang bisa Anda pertimbangkan bila berminat menjadi pegawai pajak.

  • Jurusan Perpajakan
  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Hukum
  • Jurusan Komputer
  • Jurusan Statistika
  • Jurusan Kehutanan
  • Jurusan Ekonomi
  • Jurusan Sistem Informasi
  • Jurusan Teknik Informatika
  • Jurusan Manajemen

Panduan Mendaftar Seleksi CPNS

Berikut ini adalah panduan singkat untuk mendaftar seleksi CPNS.

  1. Silakan buka laman porta SSCASN melalui link daftar-sscasn.bkn.go.id/akun menggunakan laptop Anda. 
  2. Buatlah akun Anda dengan mengisikan data-data diri pada formulir online yang tersedia. Ingat untuk mengaktifkan kamera webcam laptop ketika mengisi formulir online tersebut. 
  3. Periksalah semua data yang Anda inputkan dan pastikan semuanya benar agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Pilihlah ‘Ya’ bisa semua data Anda sudah benar. 
  4. Pilihlah menu ‘Cetak Informasi Pendaftaran’ untuk mencetak kartu peserta seleksi CPNS Anda.
  5. Lengkapi identitas Anda dengan login kembali menggunakan NIK serta password yang sudah Anda buat sebelumnya. 
  6. Klik tombol ‘Selanjutnya’ dan pilihlah jenis seleksi. 
  7. Pilihlah instansi dan juga jenis formasi yang ingin Anda ikuti dan klik tombol ‘Selanjutnya’. 
  8. Pilihlah pendidikan sesuai dengan ijazah yang Anda miliki, jabatan, lokasi formasi, lokasi tes CPNS, IPK, dan data-data lainnya yang dibutuhkan. 
  9. Periksa isian data Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan apa pun sebelum menekan ‘Akhiri Proses Pendaftaran’ dan memilih ‘Iya’.
  10. Masuklah ke menu ‘Cetak Informasi Akun’ dan juga ‘Kartu Pendaftaran CPNS’ untuk melakukan pencetakan kartu peserta. 

Sampai di sini saja pembahasan mengenai jurusan yang dapat mengantarkan Anda menjadi salah satu pegawai pajak. Sekarang pertanyaan kerja di bea cukai kuliah jurusan apa tentunya sudah mendapatkan jawaban. Silakan mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk agar Anda bisa mewujudkan impian Anda.

Post a Comment for "Kerja di Bea Cukai Kuliah Jurusan Apa, Sih?"