Mengulas Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi di Indonesia

 

jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi
Sumber: Freepik.com

Setiap siswa di Indonesia pastinya memiliki impian akan masa depannya masing-masing. Entah itu melanjutkan bekerja atau meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, semuanya pasti berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang tinggi. Salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan bekerja dengan gaji yang tinggi adalah latar belakang pendidikan yang tinggi pula. Jadi tidak mengherankan bila para siswa sekarang mencari jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi.

Karena pada dasarnya melanjutkan pendidikan sekarang bukan soal passion atau keinginan lagi, tetapi peluang untuk hidup dengan lebih baik dari pekerjaan setelah pendidikan. Belajar dan bekerja di tempat yang sesuai dengan keinginan tentu saja sangat menyenangkan. Hampir semua siswa pasti memimpikan dan menginginkan agar mereka bisa menekuni bidang yang benar-benar mereka cintai.

Namun, tidak semua orang bisa berkesempatan melakukan hal itu karena berbagai alasan. Orientasi pilihan jurusan pendidikan tinggi sekarang bukan soal mimpi dan keinginan semata melainkan soal masa depan yang lebih cerah. Ulasan ini akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa jurusan pendidikan yang bisa memiliki kesempatan kerja dengan gaji yang tinggi. Beberapa di antaranya bahkan termasuk ke jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan.

Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi yang Ada di Indonesia

Pada awal menempuh pendidikan entah itu di tingkat SMP atau SMA, kemungkinan besar siswa masih belum memikirkan pekerjaan. Yang ada di pikiran mereka hanya belajar dan menekuni apa yang mereka sukai. Tidak jarang mereka juga berpikir bahwa semua pekerjaan itu sama saja dan pasti akan mendapatkan imbalan yang setara. Tidak salah memang, akan tetapi bagi Anda yang bermimpi mendapatkan gaji yang tinggi bisa merencanakannya dari sekarang.

Baca juga: Aplikasi android terbaik untuk belajar bahasa arab

Caranya adalah dengan mengincar jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi. Bila Anda tahu bagaimana kesempatan bekerja dari jurusan tertentu sudah pasti akan lebih murah menentukan pilihan jurusan di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa lebih siap untuk bersaing melawan siswa lain di seluruh Indonesia untuk memperebutkan kursi di jurusan tersebut. Ini belum membicarakan keterbatasan kursi di universitas impian Anda. Pastinya hal itu membuat tingkat persaingan di jurusan tersebut makin tinggi. Dengan mempersiapkannya dari sekarang kesempatan Anda untuk menjadi salah sati mahasiswa di jurusan tersebut akan makin tinggi pula.

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah dengan pekerjaan bergaji untuk Anda yang berasal dari SMA IPS. Perhatikan dengan baik dan silakan pilih mana jurusan yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kemampuan. Bagaimanapun juga belajar dan bekerja di bidang yang Anda sukai pastinya akan lebih nyaman dan menyenangkan, bukan?

Jurusan Hubungan Internasional

jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi
Sumber: Freepik.com

Bagi beberapa orang jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi satu ini mungkin sudah tidak asing lagi karena merupakan salah satu jurusan bergengsi. Mereka yang mampu menempati kursi di jurusan Hubungan Internasional merupakan siswa-siswa terbaik dengan prestasi dan skill yang sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Untuk menjadi salah satu dari mahasiswa Hubungan Internasional tentunya Anda perlu belajar dengan giat dan tekun.

Di jurusan ini Anda akan belajar begitu banyak hal sekaligus yang berhubungan dengan relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik, dan lain sebagainya. Anda akan belajar banyak pengetahuan baru dan juga pengalaman menarik. Mereka yang menempuh pendidikan di jurusan Hubungan Internasional biasanya bekerja sebagai diplomat atau menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri.

Anda pastinya sudah tahu betapa eksklusif jurusan Hubungan Internasional ini sehingga tidak mengherankan bila para pekerjanya bergaji tinggi. Tentu saja pilihan karier dari jurusan Hubungan Internasional ini bukan hanya dua saja tetapi Anda juga bisa menjadi politisi, konsultan pendidikan, atau pun tata usaha perdagangan luar negeri.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Sumber: Freepik.com

Pilihan jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi berikutnya adalah jurusan Ilmu Komunikasi. Anda mungkin bingung ketika mendengar nama jurusan ini karena terdengar mudah karena setiap hari pun Anda berkomunikasi. Sekilas, Anda mungkin juga berpikir mengapa ada jurusan Ilmu Komunikasi ini sehingga bisa mempelajarinya secara khusus. Dalam jurusan ini Anda akan belajar bukan sekadar komunikasi atau percakapan sehari-hari. Melainkan komunikasi dengan publik seperti komunikasi budaya, media, periklanan, dan sebagainya.

Nah, sangat luas sekali bukan jurusan Ilmu Komunikasi ini? Anda jelas tahu betapa pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadikan Ilmu Komunikasi ini adalah sesuatu yang penting karena menjadi bagian dari kehidupan. Bukannya sesuatu yang terlalu biasa hingga tidak perlu Anda pelajari secara khusus.

Dari sedikit uraian di atas Anda mungkin bisa menebak pekerjaan seperti apa yang akan menunggu lulusan jurusan Ilmu Komunikasi ini. Berbekal ilmu dari jurusan yang satu ini Anda bisa bekerja sebagai public relation, jurnalis, presenter, komunikasi pemasaran, penyiaran, dan periklanan.

Jurusan Manajemen dan Bisnis

Sumber: Freepik.com

Kalau membicarakan mengenai jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi, sudah pasti tidak bisa meninggalkan jurusan Manajemen dan Bisnis. Kedua jurusan ini adalah salah satu jurusan yang bersentuhan secara langsung dengan cara untuk menghasilkan uang. Jurusan ini sangatlah populer di Indonesia dan mereka yang masuk ke jurusan ini sebagian besarnya adalah putra dan putri para pebisnis. Jelas sekali bahwa mereka ingin penerusnya memiliki bekal ilmu manajemen dan bisnis yang mumpuni untuk meneruskan perusahaan keluarga.

Manajemen dan Bisnis ini adalah jurusan yang terbatas dan tingkat persaingan yang tinggi. Anda harus mulai mempersiapkan diri sedini mungkin bila ingin menjadi salah satu mahasiswa bisnis dan manajemen. Di Indonesia sendiri Anda bisa mendapati beberapa pelaku bisnis saat ini adalah mereka yang berasal dari jurusan Manajemen dan Bisnis. Tentu saja, membuka usaha buka  satu-satunya pekerjaan yang bisa Anda pilih. Terlebih, bila Anda tidak memiliki modal untuk mendirikan perusahaan tersebut.

Anda bisa memilih menjadi seorang manajer, sekretaris, dan juga asisten manajer, analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan dari jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi satu ini. Sehingga kesempatan bekerja dari jurusan Manajemen dan Bisnis ini cukup luas dan besar.

Baca juga: Contoh Proposal Karya Ilmiah Untuk Tugas Akhir

Jurusan Akuntansi

Sumber: Freepik.com

Bagi Anda yang suka dengan angka dan menghitung sesuatu, maka bisa mempertimbangkan jurusan Akuntansi. Jurusan yang satu ini memiliki peluang kerja yang cukup besar di berbagai bidang perusahaan. Sehingga, Anda tidak akan terlalu kesulitan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Di jurusan ini Anda akan belajar bagaimana cara mengukur, menganalisis, dan juga melaporkan keuangan yang ada di sebuah perusahaan atau organisasi. Oleh karena itulah, setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang akuntan entah besar atau kecil perusahaan tersebut. Bukan hanya itu saja, lulusan akuntansi juga memiliki jenjang karier yang menjanjikan dan tentunya berkesempatan untuk mendapatkan gaji tinggi. Rata-rata akuntan baru atau orang yang beru lulus jurusan Akuntansi sudah bisa mendapatkan gaji di rentang angka Rp 4.000.000. 

Jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi yang satu ini tentunya menjadi incaran banyak siswa di seluruh Indonesia mengingat betapa menjanjikannya jurusan ini. Agar Anda tidak kalah bersaing Anda harus benar-benar membekali diri dengan Ilmu Akuntansi sematang mungkin sejak duduk di bangku SMA. Tambah pula pengalaman dengan mengikuti berbagai lomba di bidang Akuntansi. Apabila Anda berhasil hingga ke tingkat nasional, ini dapat membantu Anda lebih mudah masuk ke jurusan Akuntansi.

Jurusan Hukum

jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi
Sumber: Freepik.com

Anda mungkin sudah akrab dengan jurusan yang satu ini karena Hukum cukup dekat dan bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Di jurusan ini Anda akan belajar hukum-hukum yang berlaku di Indonesia dan mungkin juga beberapa hukum yang berlaku di dunia. Tentunya juga di dalamnya ada sistem hukum dan kehidupan masyarakat Indonesia.

Ada begitu banyak peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia sehingga mengharuskan Anda untuk selalu membaca dan juga mengingat. Bagi Anda yang memang memiliki ingatan tajam tentunya lebih mudah untuk mempelajari bidang pendidikan yang satu ini. Tetapi ingatlah juga bahwa Anda harus bisa menganalisis dan juga berpikir secara kritis untuk menjadi orang Hukum.

Lulusan jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi ini akan bekerja sebagai pengacara, notaris, advokat, dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan hukum. Anda tidak selalu harus bekerja sebagai pembela atau penegak hukum bila memiliki jurusan ini. Di perusahaan-perusahaan pun membutuhkan staf hukum yang membantu mengurus dokumen-dokumen legal perusahaan dan juga urusan perusahaan yang masih berkaitan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Jurusan Ekonomi Pembangunan

jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi
Sumber: Freepik.com

Kali ini adalah jurusan yang hampir sama dengan jurusan Manajemen dan Bisnis, yaitu jurusan yang langsung bersinggungan dengan pengolahan keuangan atau bisnis. Lulusan dari jurusan Ekonomi Pembangunan bisa menjadi seorang ahli ekonomi, membangun startup bisnis sendiri, dan juga membangun sebuah usaha. Perbekalan Anda dari jurusan Ekonomi Pembangunan terbilang cukup untuk melakukan hal tersebut sehingga Anda pasti tidak jarang mendapati pengusaha atau pebisnis dari jurusan ini.

Jangan mengira bahwa jurusan ini ada hubungannya dengan pembangunan atau konstruksi. Karena arti pembangunan pada jurusan ini lebih mengarah ke industri, perbankan, keuangan, dan juga bisnis. Di sini Anda akan mempelajari mengenai persoalan pembangunan-pembangunan yang sudah ada di suatu negara berkembang, yang sedang diproses, hingga yang akan dilakukan.

Bidang pelajaran yang butuh Anda kuasai dengan baik adalah Matematika dan juga Ekonomi. Karena di jurusan ini Anda akan mempelajari kedua gabungan dari bidang studi tersebut, yaitu Matematika Ekonomi. Ada beberapa fokus studi yang bisa Anda pilih seperti Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Islam, Ekonomi SDM, Ekonomi Publik, dan lain sebagainya.

Sampai di ini saja pembahasan mengenai jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi. Ternyata setiap jurusan kuliah yang ada memiliki kesempatan bekerja yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan di dunia kerja. Pandai-pandailah memilih dan memilah mana jurusan yang paling sesuai dengan Anda agar tidak kesulitan mencari pekerjaan. Akan tetapi Anda juga harus ingat bahwa jurusan dengan tawaran pekerjaan bergaji tinggi biasanya juga memiliki risiko yang tak kalah tingginya. Selalu berhati-hati dan tekun dalam mengerjakan segala sesuatunya agar Anda tidak kesulitan baik ketika menempuh pendidikan maupun bekerja. Namun ada beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita yang bisa Anda pertimbangkan.

Post a Comment for "Mengulas Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Gaji Tinggi di Indonesia"