Kapan Hari Batik Nasional? Dan Apa Saja Sejarah Yang Terkandung Didalamnya?

Hari ini, tepatnya tanggal 02 Oktober 2023, merupakan Hari Batik Nasional. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus selalu kita jaga. Karena warisan budaya ini, sangat berharga dan menjadi identitas bangsa Indonesia.

Hari batik Nasional, ditetapkan secara khusus setiap tanggal 02 Oktober oleh pemerintah. Penetapan ini, diambil dari diakuinya batik sebagai warisan budaya takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) beberapa waktu tahun yang lalu.

Kapan Hari Batik Nasional Dan Apa Saja Sejarah Yang Terkandung Didalamnya

Bicara tentang hari besar nasional, pasti akan selalu ada sejarah yang menarik untuk di kulik. Nah, khusus untuk kamu dalam artikel kali ini, saya akan sedikit membahas tentang sejarah batik nasional di Indonesia. Dan juga beberapa pembahasan lainnya, jadi untuk kamu yang masih penasaran tentang batik, bisa membaca artikel ini sampai selesai yah!

Sejarah Hari Batik Nasional di Indonesia

Sejarah hari batik nasional itu, seperti apa sih? Dan bagaimana caranya akhrinya UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya tak benda? Yuk kita bahas langsung!

Jadi, informasi yang saya dapatkan dari laman resmi kemenrtrian luar negeri, mengatakan kalau sejarah hari batik nasional Indonesia itu, bermula dari didaftarkanya batik, untuk mendapatkan status ICH atau intangible Culutural Heritage, ke kantor UNESCO yang ada di Jakarta, pada bulan September tahun 2008. Pendaftaran ini, dilakukan oleh Menteri Koordinator Kesejahterraan Rakyat, yang menjabat pada tahun itu.

Lalu, pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 9 Januari, status pengajuan batik akhirnya menemui jalan terang, karena status pengajuannya resmi diterima oleh UNESCO. Dengan pengakuan ini, batik akhirnya mendapatkan sidang keempat Komiter Antar Pemerintah, tentang Warisan Budaya Nonbendawi, sidang diadakan pada bulan Oktober tahun 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab.

Nah, itu lah mengapa akhirnya pemerintah kita, menjadikan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Keputusan ini, diterbitkan dalam Kepres No 33 Tahun 2009. Adanya keputusan menjadikan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional, bukan hanya untuk keren-kerenan saja loh, tapi juga hal itu untuk lebih meningkatkan kesadaran masyrakat terhadap budaya dan juga perlindungan terhadap budaya Indonesia juga pengembangan batik di Indonesia.

Makna Hari Batik Nasional

Gimana, sekarang udah sedikit paham kan tentang sejarah dari Hari Batik Nasional? Sekarang kira-kira kamu mau tau nggak nih, tentang Makna Hari Batik Nasional? Rasanya kurang lengkap yah, kalau kita tahu sejarahnya, tapi kurang tahu makna dari hari batik nasional itu, sendiri. Oke, untuk menambah pengetahuan kamu. Berikut dibawah ini adalah makna hari batik nasional.

Jadi, informasi yang saya dapatkan tentang makna dari Hari Batik Nasional ini, langsung dari website resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yah. Jadi insya Allah, informasinya valid.

Jadi, makna dari Hari Batik Nasional itu adalah persatuan dan kebersamaan tanpa memandang strata social, kaya maupun miskin. Karena batik merupakan pakaian yang sering digunakan oleh masyrakat Indonesia, baik tua, muda, miskin dan kaya. 

Dengan hadirnya hari batik nasional ini, tentu diharapkan mampu menyadarkan masyrakat Indonesia untuk tetap bersatu dan memberikan semangat untuk bejuang sehingga bisa menjadi bangsa yang besar dan tidak lagi terjebak sebagai bangsa kelas menengah.

Twibbon Hari Batik Nasional 2023

Bagaimana tentang pembahasan hari batik nasional tadi? Sudah cukup membuat kamu bangga dan ingin meneruskan perjuangan bangsa untuk terus menjadi masyarakat Indonesia yang terbaik dan mampu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar? Kalau sudah, kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil.

Seperti menggunakan twibbon di Hari Batik Nasional dan menggunakan batik saat bekerja, sekolah dan aktifitas harian yang kamu lakukan. Kalau kamu tertarik menggunakan twibbon di profil social media kamu, kamu bisa mencari di google dengan keyword Twibbon Hari Batik Nasional 2023.

Oke, sekian dari saya tentang Kapan Hari Batik Nasional semoga bisa membantu kamu saat mencari informasi yah!

Post a Comment for "Kapan Hari Batik Nasional? Dan Apa Saja Sejarah Yang Terkandung Didalamnya?"