Buku Ipa Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013 Terlengkap

Buku IPA semester 2 untuk kurikulum 2013 memang mengalami revisi. Perubahan itu bukan berarti merubah isinya, tetapi mengubah cara pembelajarannya. Revisi sendiri dibuat agar memajukan pendidikan dalam negeri. Keberadaan buku jelas jadi pedoman dan pegangan baik guru maupun siswa. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas buku IPA semester 2. Khususnya untuk jenjang pendidikan tingkat SMP atau MTs. Buku merupakan jembatan ilmu. Jadi keberadaan buku sangatlah penting. Bagi anda yang tengah mencari, simak lebih lanjut.

Buku Ipa Smp Mts
Buku Ipa Smp Mts

Buku IPA SMP lengkap

Jenjang SMP mempunyai tiga tingkatan. Dulunya kelas 1, 2 dan 3 kini berganti menjadi kelas 7, 8 dan 9. Sama saja hanya berbeda istilah. Karena buku pelajaran baru saja revisi, banyak yang masih belum memiliki pedoman belajar. Buku terbaru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak dibawah koordinasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku IPA kurikulum sekarang, memang berbeda dengan dulu. 

Kurikulum dulu, buku IPA SMP/MTs kurikulum 2013 terbagi menjadi tiga pokok bahasan yakni Biologi, Fisika dan Kimia. Sedangkan saat ini telah dirangkum dalam satu buku. Guna mempermudah, berikut lebih lengkapnya.

Buku kelas 7 semester 2

Untuk kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 terdapat enam pokok bahasan. Bab pertama mengenai sistem organisasi kehidupan. Yang terbagi menjadi empat sub pokok bahasan. Yakni sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan, jaringan-jaringan pada sel, organ-organ pada hewan dan tumbuhan serta sistem organ dan organisme. Untuk bab kedua akan menguraikan masalah interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. 

Didalamnya juga terdapat empat pokok bahasan. Yaitu pengertian lingkungan, hal-hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan, interaksi dalam ekonomi membentuk suatu pola dan pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem. Bab 3 menjelaskan pencemaran lingkungan. Bab 4 mengenai pemanasan global dan terakhir tentang lapisan bumi serta tata surya.

Buku kelas 8 semester 2

Buku IPA semester 2 kelas 8 memiliki lima bab. Bab pertama akan mengupas tentang tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Bab pertama terbagi menjadi dua, membahas tentang tekanan zat dan aplikasi konsep tekanan zat dalam makhluk hidup. Bab selanjutnya membicarakan masalah sistem pernafasan manusia. Bab kedua ini juga terbagi menjadi dua, yaitu membahas struktur dan fungsi sistem pernafasan manusia dan gangguan pada sistem pernafasan manusia. 

Masih berkaitan dengan biologi, sistem eksresi manusia jadi pembahasan dalam bab berikutnya ini. struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia, kemudian membahas gangguan pada sistem eksresi manusia. Dalam Bab 10 mengupas tentang getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bab terakhir jadi pembahasan masalah cahaya dan alat optik.

Buku kelas 9 semester 2

Pembahasan dalam buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 terbaru cukup menarik. karena sebagian berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti pewarisan sifat pada makhluk hidup dalam bab 7, bioteknologi pangan dalam bab 8 dan teknologi ramah lingkungan dalam bab 9. Untuk bab 6 membahas kemagnetan dan pemanfaatannya dalam produk teknologi. sedangkan bab 10 mengupas masalah tanah dan keberlangsungan kehidupan.

Itulah pembahasan lengkap mengenai buku IPA semester 2 untuk tingkat SMP atau MTs. Disetiap tingkatan mempunyai pembahasan berbeda. hanya saja buku IPA saat ini lebih singkat, karena hanya dipelajari dalam satu buku saja.

Post a Comment for "Buku Ipa Smp/Mts Semester 2 Kurikulum 2013 Terlengkap"