Macam macam Alat Tukang Kayu Serta Fungsinya Masing-masing

Alat pertukangan modern dan fungsinya

Macam macam Alat Tukang Kayu - Nama jenis-jenis alat tukang kayu merupakan salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan. Pekerjaan tukang kayu adalah salah satu pekerjaan yang mulia. Anda bisa melihat berbagai macam furnitur yang bagus dan mengkilap di toko furnitur karena adanya tukang kayu yang bisa mengolah kayu menjadi furnitur yang bernilai tinggi. Berbagai macam mebel, lemari, bifet, dan lain-lain bisa tercipta dari tangan-tangan ahli yang membuatnya. Macam macam alat tukang kayu tentu dipergunakan dalam membuat furnitur tersebut. 

Alat pertukangan modern dan fungsinya 

Apa saja alat alat tukang kayu? Terkait Tukang Kayu ialah seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge.

Alat tukang kayu sekarang tentu berbeda dengan alat tukang kayu tradisional di jaman dahulu. Peralatan tukang kayu yang modern menggunakan energi listrik sehingga akan membuat pekerjaan tukang kayu menjadi lebih ringan. Dengan menggunakan alat-alat yang modern, tukang kayu tidak perlu menggunakan tenaga yang ekstra dalam melakukan pekerjaan tukang kayu. Peralatan yang modern juga akan menunjang bentuk furnitur menjadi lebih bagus dan lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan peralatan tradisional.

Jenis-Jenis Peralatan Kayu Serta Fungsinya

Peralatan tukang kayu yang modern memiliki bentuk yang sangat bervariasi dan kegunaannya berbeda dengan peralatan tukang kayu tradisional. Tukang kayu yang bisa menggunakan peralatan tukang kayu modern ini pastilah merupakan tukang kayu yang sudah professional. Maka, berikut beberapa nama dari alat tukang kayu modern untuk Anda.

Mesin gergaji atau Gergaji biasa

Meskipun sekarang sudah terdapat mesin gergaji, namun gergaji yang manual masih memiliki fungsi. Mesin gergaji memiliki fungsi untuk memotong kayu yang berupa papan atau kayu yang berupa balok. Sedangkan untuk memotong gergaji yang manual dipergunakan untuk memotong kayu yang ringan.

Mesin serut

Macam macam alat tukang kayu berikutnya adalah mesin serut. Mesin yang dijalankan secara manual ini memiliki banyak kegunaan. Beberapa kegunaan diantaranya adalah untuk membuat panelan pada jenis pintu maupun jendela. Selain itu, alat ini juga berfungsi untuk menyambung kayu untuk menjadi sebuah lembaran kayu yang lebar.

Mesin Profil

Alat ketiga bernama mesin profil. Mesin profil adalah salah satu jenis alat bangunan yang memiliki fungsi untuk membuat motif yang terdapat pada sisi kayu. Fungsi lainnya adalah untuk membuat slop berupa lubang maupun tempat kaca. Harga untuk mesin profil ini adalah sekitar 500-800 ribu rupiah.

Meteran

Alat yang cukup sederhana ini sangat diperlukan untuk tukang kayu. Alat ini dipergunakan untuk mengukur ketebalan kayu maupun tinggi kayu yang akan diolah. Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan dengan menggunakan meteran.

Itulah macam macam alat tukang kayu yang bisa Anda gunakan untuk membantu pekerjaan Anda di dalam membuat kreativitas kerajinan dari kayu. Jenis furnitur dan aneka kerajinan kayu disukai oleh banyak orang. Maka terus berkaryalah untuk menciptakan furnitur kayu yang menawan.

Artikel Lainnya:

Post a Comment for "Macam macam Alat Tukang Kayu Serta Fungsinya Masing-masing"