Contoh Peralatan Tukang Kayu dan Kegunaannya Untuk Berbagai Kebutuhan Standar

 Alat pertukangan kayu modern

Contoh Peralatan Tukang Kayu dan Kegunaannya Untuk Berbagai Kebutuhan Standar - Peralatan tukang kayu dan kegunaannya yang lengkap akan sangat mempengaruhi produk dan kinerja tukang kayu tersebut. Dengan menggunakan peralatan yang lengkap dan berfungsi dengan baik, maka tukang kayu akan bisa bekerja lebih produktif dan efisien. Pada saat ini, peralatan tukang kayu biasanya dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu peralatan manual atau konvensional dan peralatan yang menggunakan mesin.

Alat pertukangan kayu modern

Apa saja alat alat tukang kayu? Alat Tukang Kayu seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge.

Untuk membuat kerajinan, peralatan tukang kayu memiliki fungsi yang sama dengan peralatan pertukangan. Namun demikian, terkadang terjadi modifikasi sehingga masing-masing akan memiliki kekhasan sesuai dengan tingkat kreativitas tukang kayu itu sendiri. 

Nama alat pertukangan

Informasi apa saja yang menjadi kebutuhan tukang kayu? Peralatan kerja tukang kayu, antara lain gergaji kayu, palu, alat serut kayu, alat pahat, bor, meteran, dan pengukur sudut. Namun demikian, saat ini hampir semua peralatan tukang kayu bisa kita beli dengan lengkap. Berikut ini beberapa peralatan tukang kayu dan kegunaannya dalam aplikasi sehari-hari.

Gergaji

Contoh peralatan tukang kayu adalah gergaji. Tukang kayu menggunakan 2 jenis gergaji, yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Gergaji ini memiliki fungsi yang berbeda antara saru dan lainnya sesuai dengan kondisi kayu yang ada. Gergaji potong digunakan untuk memotong kayu dengan serat yang melintang sehingga akan lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Sedangkan untuk memotong serat yang searah akan lebih mudah menggunakan gergaji belah.

Palu atau martil

Untuk palu atau martil tukang kayu paling tidak memiliki 2 jenis dari bahan yang berbeda. Jenis martil pertama adalah martil dengan bahan baja. Martil ini biasanya terdiri dari banyak ukuran sesuai dengan kebutuhan dari berat 100gram hingga lebih dari 500 gram. Jenis yang kedua adalah palu yang terbuat dari kayu, kegunaan peralatan tukang kayu ini untuk memukul pasak yang memiliki gagang dari kayu sehingga akan awet dan tidak cepat rusak.

Pahat

Pahat digunakan biasanya untuk membuat lubang kotak persegi panjang pada kayu. Lubang pada kayu bisa digunakan untuk memasukan ujung kayu lainnya atau bisa juga untuk memasang kunci pada pintu. Ukuran pasak sendiri sangat beragam sesuai dengan kebutuhan. Meskipun sebetulnya tidak memiliki ukuran baku, namun biasanya pasak terkecil dimulai dari ukuran 5mm, dan kelipatannya.

Penggaris dan meteran

Penggaris yang digunakan adalah penggaris siku untuk membuat sudut agar bisa tepat 45 derajat maupun 90 derajat. Selain penggaris sudut, sekarang tersedia juga penggaris dengan waterpas sehingga kita bisa mengukur kemiringan bidang dan tingkat rata-rata air dengan lebih baik. Sementara itu, meteran yang digunakan selain menggunakan bahan kayu, juga tersedia dengan menggunakan bahan dari baja dengan skala cm dan inchi.

Jadi, peralatan tukang kayu dan kegunaannya bila dirinci sangatlah banyak karena memiliki fungsi yang spesifik. Namun demikian sebagian tukang kayu biasanya menggunakan satu peralatan untuk fungsi lainnya sehingga tidak perlu membawa semua peralatan yang dibutuhkan. Beberapa tukang kayu bahkan membuat peralatan yang dibutuhkannya sendiri. Sehingga untuk beberapa peralatan mungkin kita tidak akan menemukannya di toko manapun.

Artikel Lainnya:

Post a Comment for "Contoh Peralatan Tukang Kayu dan Kegunaannya Untuk Berbagai Kebutuhan Standar"