Peralatan Tukang Kayu Lengkap Untuk Kebutuhan Rumahan

Peralatan Tukang Kayu Lengkap

Peralatan tukang kayu lengkap untuk kebutuhan rumahan dan kebutuhan pertukangan tentu akan sangat berbeda. Hal yang membedakan adalah fungsi dari peralatan pertukangan itu sendiri. Biasanya alat pertukangan yang dimiliki oleh tukang kayu memiliki fungsi yang lebih spesifik karena bertugas untuk pekerjaan “berat” yaitu membangun. Sementara untuk kebutuhan rumahan, cenderung lebih ringan karena bertugas untuk pekerjaan “ringan” yaitu perbaikan sederhana saja.

Alat tukang kayu multifungsi

Apa saja peralatan yang digunakan oleh tukang kayu? Alat Tukang Kayu seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge.

Untuk kebutuhan rumahan, peralatan yang digunakan cenderung peralatan yang umum saja. Peralatan yang digunakan lebih sederhana karena memiliki kencenderungan untuk tidak digunakan setiap hari. Karena biasanya perbaikan yang dilakukan merupakan perbaikan ringan, sedangkan bila terjadi kerusakan berat, tentu kita akan memanggil jasa tukang kayu. 

Alat pertukangan kayu modern

Berikut ini peralatan tukang kayu standar yang dibutuhkan untuk level rumahan.

Palu atau Martil

Peralatan yang umum dimiliki adalah palu atau martil berukuran kurang dari 250 gram. Palu yang digunakan untuk rumahan biasanya palu konde maupun palu yang dilengkapi dengan pengungkit untuk melepas paku yang telah kita tancapkan.

Gergaji

Apa nama alat pemotong kayu? Gergaji atau handsaw adalah alat yang digunakan untuk memotong kayu dalam ukuran yang telah ditentukan. Gergaji yang dibutuhkan sebagai alat pertukangan kayu biasanya adalah gergaji tangan yang berfungsi sebagai gergaji potong dan gergaji belah. karena perbedaan fungsi gergaji tersebut, maka biasanya terdapat dua jenis gergaji yang berbeda yang harus kita beli.

Bagaimana cara mengoperasikan mesin pemotong kayu? Cara Menggunakan Jigsaw :

  • Pastikan saklar/switch pada jigsaw pada posisi off sebelum memasang steker pada stop kontak.
  • Nyalakan mesin dengan menekan atau menarik saklar. Umunya pada tipe terentu terdapat saklar untuk menentukan /mengatur kecepatan jigsaw. Untuk mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan, putarlah saklar.

Tang

Untuk memenuhi peralatan tukang kayu lengkap, kita juga membutuhkan tang untuk melepas paku dan memasang paku pada kayu. Kita biasanya memerlukan tang dengan ukuran standar. Kita juga terkadang memerlukan tang dengan ukuran moncong yang lebih kecil dan lebih panjang untuk membantu memasang paku dengan ukuran kurang dari 2 cm.

Penggaris dan meteran

Penggaris kebutuhan rumahan biasanya membutuhkan penggaris siku dan penggaris meteran roll saja. Penggaris siku biasanya digunakan untuk membuat sudut hingga bisa dipotong dengan lebih presisi, sedangkan meteran yang digunakan minimal memiliki panjang 3 meter.

Pahat/Tatah

Pahat atau di beberapa daerah disebut tatah biasanya digunakan juga untuk beberapa keperluan, untuk kebutuhan rumahan, biasanya akan menggunakan pahat dengan ukuran 5mm hingga 10mm. Namun demikian pembelian juga akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Pasak Kelinci

Pasak kelinci digunakan untuk dipasang pada pasak penghalus kayu. Pasak ini juga bisa digunakan sebagai pahat ukuran besar. Penggunaan pasak ini jarang sekali dilakukan karena memerlukan keterampilan tertentu untuk menggunakan peralatan tukang kayu tersebut.

Peralatan tukang kayu lengkap bisa dibeli bertahap sesuai dengan kebutuhan. Namun bila kita memiliki hobi pertukangan kayu, tidak ada salahnya kita membeli satu set lengkap peralatan tukang yang bisa kita dapatkan di toko besi terdekat. Namun demikian, peralatan tukang kayu lengkap akan memerlukan perhatian ekstra untuk melakukan perawatan. Karena bila tidak dirawat dengan baik maka bisa berkarat dan tidak berfungsi dengan optimal saat kita akan menggunakan peralatan tersebut.

Artikel Lainnya:

Post a Comment for "Peralatan Tukang Kayu Lengkap Untuk Kebutuhan Rumahan"