Inilah 6 Penyebab Memori Internal Hp Penuh Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya

Gambar Inilah 6 Penyebab Memori Internal Hp Tiba-tiba Penuh Dan Cara Mengatasinya
6 Penyebab dan Cara Mengatasi Memori Hp Internal Cepat Penuh Terbaru 2021 - Jaman sekarang rasanya memiliki memori internal yang besar itu sudah termasuk rata-rata pengguna smartphone. Sudah banyak brand terkenal yang mengeluarkan smartphone terbarunya yang dilengkapi dengan kapasitas Ram dan Rom yang besar. 

Hal ini karena dilihat dari sisi kebutuhan orang-orang yang semakin lama semakin banyak dan semakin padat. Tapi sayangnya banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan bahwa memori internal yang mereka dapat tetap saja kurang. Padahal data-data, file dan juga aplikasi yang digunakan terbilang sedikit. 


Kalau kamu mengalami hal seperti ini dan gak tahu penyebabnya kenapa dan cara mengatasinya bagaimana, kamu bisa cari tahu solusi lengkapnya di artikel ini. Karena di artikel kali ini saya akan membahas penyebab kenapa memori internal smartphone bisa penuh padahal kamu aplikasi, foto, video dan file yang kamu simpan itu sedikit dan cara mengatasinya. Untuk penyebab memori internal Hp penuh, berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Memori Internal Hp Tiba-tiba Penuh

1. Banyak File Tersembunyi Yang Tidak Terbaca Oleh Sistem Smartphone Kamu

Penyebab utama mengapa memori internal smartphone bisa penuh tiba-tiba adalah disebabkan karena file-file tersembunyi yang tidak terdeteksi oleh sistem pembersih otomatis.

Kalau kamu pengguna smartphone Xioami, pasti kamu mendapati sejumlah file yang sangat besar namun kamu tidak tahu jenis file tersebut dan merasa gak pernah menyimpan file tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa memori internal smartphone kamu penuh karena disebabkan banyaknya file tersembunyi yang tidak terbaca oleh sistem.


Contohnya seperti Hp saya yang memorinya dipenuhi dengan jenis file yang saya juga gak tahu asalnya dari mana. Biasanya file-file tersebut terbaca dengan nama Lainnya. Walaupun terbaca, tapi jenis file ini tidak akan bisa kita hapus langsung melalui pembersih file. 

Jadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah yang seperti ini adalah dengan cara mencari file-file yang tersembunyi tadi kemudian kita hapus file-file itu. Tenang aja, cara mencari filenya gak susah kok. Bahkan tanpa aplikasi tambahan juga bisa kok. Cukup memaksimalkan fitur bawaan smartphone yaitu fitur pencarian file dan data pada memori internal.

Kalau kamu masih asing sama cara yang satu ini, yakni cara mencari file tertarget di smartphone, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Buka aplikasi penyimpanan file Hp kamu >> klik ikon penghapus atau yang sejenisnya untuk mencari sebuah file. Biasanya ikon pencarian ini letaknya ada diatas. Seperti gambar dibawah ini.


  • Kemudian kamu tulis di kolom pencarian nama file yang tersembunyi tadi. Kamu bisa cari berurutan mulai dari huruf A sampai Z. Kalau kamu menemukan nama file yang asing atau namanya gak jelas, kamu bisa hapus file tersebut. Karena kemungkinan besar itu adalah file tersembunyi yang sedang kita bahas di poin yang satu ini. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Gambar yang menunjukkan file asing yang gak terdeteksi sistem. 


Pada langkah yang pertama ini, kamu harus berhati-hati saat menghapus file-file. Karena bisa saja kamu menghapus file penting yang gak sengaja ke hapus.

2. Cache Aplikasi Yang Sudah Numpuk

Penyebab lainnya yang bikin memori internal smartphone penuh adalah banyak file cache pada smartphone dan mungkin saja sudah numpuk. Hal yang seperti ini seringkali terjadi pada keumuman pengguna smartphone. Karena membersihkan cache itu dianggap merepotkan dan ribet bagi sebagian orang. Yang akhirnya berakibat buruk pada memori Hp kamu. 


Masalah yang seperti ini cukup mudah untuk diatasi. Karena kita hanya perlu menghapus semua data-data cache aplikasi yang sudah kita gunakan sebelumnya. Untuk cara lebih lengkapnya mengenai cara menghapus cache ini, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini : 
  • Di tampilan awal Hp kamu, kamu cari aplikasi yang ingin kamu hapus data cache-nya >> tekan lama pada aplikasi hingga muncul beberapa opsi. 

  • Klik opsi info aplikasi >> klik ikon penghapus di pojok kanan atas (atau sesuaikan setelannya dengan smartphone yang kamu gunakan. Setelannya sama semua kok. Hanya berbeda di tata letak dan tampilannya saja). 

  • Setelah di klik maka akan muncul dua opsi pilihan yang bisa kamu gunakan. Opsi pertama adalah menghapus cache dan ke dua kelola ruang.

  • Klik aja opsi hapus cache untuk menghapus semua data cache yang ada di aplikasi tersebut.

Lakukan langkah-langkah diatas pada semua aplikasi yang dirasa sudah penuh dengan data cache ini. Terutama Google Chrome dan aplikasi media sosial seperti facebook dan instagram. 

Sampai ditahap ini data dan file penyimpanan kamu sudah berhasil dibersihkan sedikit demi sedikit. Coba cek ulang penyimpanan memori Hp kamu apakah sudah berkurang file-nya. Kalau ternyata masih ada banyak banget, kamu bisa cari penyebab lainnya dibawah ini.

3. Banyak File Sampah Yang Belum Terhapus


Pada penyebab yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Semua smartphone pasti akan menampung file-file sampah pada memori internalnya. Bahkan sampah yang terdapat pada memori juga tidak sedikit. Sampah tersebut bisa mencapai hingga 1-7 Gb. 

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah cari file sampah tersebut kemudian hapus bulat-bulat dari penyimpanan memori kamu. Khusus untuk pengguna smartphone Xioami lebih tepatnya MIUI 12 ke atas.

Masalah ini terbilang cukup sulit untuk diatasi menurut saya. Karena kalau kita hapus melalui file manajer atau aplikasi pembersih sampah itu gak mempan sama sekali. Sampahnya gak ke baca sama sekali dan hasilnya pun nihil!

Untuk masalah dan solusi yang satu ini, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang akan membantu kita untuk menemukan dan menghapus seluruh sampah di memori Hp kita. Ya walaupun pada dasarnya meng-insta sebuah aplikasi itu meningkatkan penyimpanan memori jadi lebih penuh.

Tapi kamu tenang aja, setelah sampah dihapus ku bisa meng-uninstall lagi aplikasinya. 

Ada dua aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file sampah ini. Yaitu :
  • Mi File Manajemen
  • SD Maid Pro

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi diatas, sampah dapat dihilangkan dengan mudah, cepat dan aman. Walaupun file sampahnya tidak bisa dibersihkan dengan murni 100%. Karena pada asalnya file-file tersebut merupakan cache atau riwayat data-data yang pernah kita lakukan termasuk juga data sistem yang tidak dapat kita hapus.

4. Banyak File, Data Dan Aplikasi Yang Tidak Penting Dan Tidak Digunakan

Penyebab selanjutnya yang membuat memori internal smartphone jadi kembung adalah di karenakan adanya file, data dan aplikasi yang tidak terpakai masih nyantol di Hp kamu. Biasanya kalau kita baru membeli Hp dalam keadaan masih baru, pasti ada beberapa aplikasi yang gak penting yang udah terinstall secara otomatis.

Diantara aplikasi yang sudah otomatis ter-install adalah aplikasi Babe, TikTok, Facebook, Lazada, Snack Video, Share It, WPS Office dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang sudah otomatis ter-install di smartphone kamu saat pertama kali membeli Hp.

Untuk solusi dan cara mengatasinya adalah dengan cara menghapus seluruh aplikasi dan datanya sekaligus. Kamu bisa hapus aplikasinya secara manual atau bisa juga secara otomatis dengan menggunakan aplikasi bawaan seperti cleaner pada masing-masing Hp.

5. Cache Atau Riwayat Pesan, Voice, Video Dan Gambar Di Aplikasi WhatsApp

Penyebab selanjutnya yang paling sering terjadi dan paling sering di dapati adalah sampah yang berasal dari aplikasi whatsapp ini. Walaupun menjadi aplikasi default untuk mengirim pesan online, ternyata aplikasi ini dapat berdampak buruk pada penyimpanan memori Hp kamu.

Secara default, whatsapp akan merekam semua aktifitas yang dilakukan dalam aplikasi. Mulai dari kirim chat, gambar, pesan suara, video, stiker dan bahkan status juga akan tersimpan ke dalam memori Hp kamu tanpa kamu sadari. 


Tapi untuk masalah yang seperti ini mudah untuk diatasi. Kalau kamu belum paham dan belum tahu bagaimana cara menghapusnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Buka aplikasi file manajer >> buka penyimpanan internal >> buka folder whatsapp.

  • Setelah membuka folder whatsapp, maka akan muncul beberapa folder yang ada di dalam folder whatsapp. Mulai dari stiker, gambar, status WA, riwayat chat dan lain-lain. Kamu bisa cek satu-persatu isi dalam setiap folder tersebut. Kalau terdapat file yang gak jelas, kamu hapus aja. Atau kalau ada status WA yang sudah lama juga kamu hapus aja. 
Sampai ditahap ini kamu sudah berhasil menghapus semua file cache dan data whatsapp yang tidak terpakai. Kamu harus melakukan cara ini setiap kali riwayat whatsapp tersimpan ke dalam memori internal Hp kamu. Kalau cara ini masih kurang puas, kamu bisa coba cara yang selanjutnya dibawah ini.

6. Terlalu Banyak Menyimpan Akun Dalam Aplikasi 

Penyebab yang terakhir yang bisa membuat memori Hp penuh adalah karena banyaknya akun pada aplikasi. Semakin banyak akun yang di simpan dalam aplikasi, semakin besar juga penyimpanan yang terpakai. Misalnya seperti aplikasi media sosial instagram, facebook, whatsapp (ganda), line, TikTok, Google, Gmail dan aplikasi lainnya yang bisa menampung banyak akun.

Untuk mengatasi kasus yang seperti ini gampang banget, cukup hapus akun yang tidak kamu gunakan atau akun yang jarang digunakan. Dengan begitu penyimpanan aplikasi tersebut akan berkurang sesuai dengan akun yang ada dalam aplikasi. 

Kalau kamu merasa kurang puas dengan solusi yang saya berikan diatas, kamu bisa coba untuk mereset ulang Hp kamu ke settingan pabrik. Dengan cara inilah satu-satunya cara agar penyimpanan bisa normal kembali. Tapi saya sarankan sebelum melakukan reset, jangan lupa untuk mem-backup terlebih dahulu semua data-data dan file yang menurut kamu penting. 

Semua file dan data cache dalam sistem itu sebenernya gak bakalan pernah bisa di hapus bersih hingga murni 100%. Walaupun kamu mereset ulang Hp kamu, di kemudian hari sampah itu bakal muncul lagi. Jadi ya sabar aja walaupun sampah dan file itu gak hilang semuanya. Yang penting sebagiannya sudah berhasil di hapus.

Nah, itulah beberapa penyebab memori internal smartphone kamu penuh tiba-tiba dan cara mengatasinya. Kalau masih ada yang kurang tolong dilengkapi dengan cara berkomentar dibawah atau hubungi saya melalui email. Agar blog ini selalu menjadi blog sumber informasi dan tutorial terbaik dan terpercaya. 

M Syakir Al-Farisy
M Syakir Al-Farisy Seorang Mahasiswa yang hampir lulus dari sekolah yang memberatkan diri. Suka berbagi ilmu pengetahuan dengan cara menuliskan artikel-artikel yang ada di Blog ini.

Post a Comment for "Inilah 6 Penyebab Memori Internal Hp Penuh Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya"