Yuk, Cari Tahu Jurusan Kuliah di UNPAM Ada Apa Saja

 

jurusan kuliah di unpam
Sumber: unpam.ac.id

Bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi adalah impian semua orang. Anda pun pasti salah satu orang yang juga ingin mengenyam pendidikan di universitas, bukan? Bila memang begitu maka Anda tentunya harus membuat persiapan sejak dini karena persaingan masuk ke universitas tidaklah mudah. Terlebih bila Anda menginginkan universitas populer dan memiliki kualitas bagus. UNPAM adalah salah satu universitas yang menjadi pilihan para siswa khususnya di daerah Banten. Sebelum melanjutkan ke UNPAM tentunya Anda harus tahu dulu jurusan kuliah di UNPAM. Karena Anda harus memilih jurusan ketika melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Banyak yang merasa galau dan bingung ketika harus memilih jurusan mana yang ingin mereka tempuh. Pilihan jurusan yang banyak tidak jarang membuat para siswa seperti Anda tidak tahu harus melanjutkan ke jurusan mana. Anda sudah pasti ingin belajar di jurusan yang benar-benar Anda inginkan dan kuasai. Dari bangku SMA Anda pasti sudah memiliki beberapa ketertarikan akan sesuatu yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jurusan. Oleh karena itu, Anda harus tahu dulu semua jurusan yang ada agar tidak salah pilih. Di ulasan ini Anda akan mempelajari jurusan kuliah yang ada di UNPAM.

Mengenal Universitas Pamulang (UNPAM)

Anda yang bertempat tinggal di Banten tentu sudah tidak asing lagi dengan Universitas Pamulang atau UNPAM. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 2000 lalu. UNPAM memiliki tujuan untuk mewujudkan sarana pendidikan dengan biaya terjangkau sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa mengakses dan menikmatinya. Tentu saja itu semua tanpa harus mengorbankan kualitas pendidikan dan juga fasilitas yang ada di universitas.

Saat ini Universitas Pamulang sudah memiliki tiga buah kampus dan juga satu kampus PSDKU yang tersebar di Banten. Dengan banyaknya jumlah kampus ini tentu saja ada banyak pula pilihan jurusan kuliah di UNPAM. Secara total ada 7 Fakultas dan juga 23 Program Studi yang ada di Universitas Pamulang. Ada Fakultas Agama Islam, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Teknik, Sastra, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan juga Pascasarjana.

Baca juga: Informasi Jurusan Kuliah di UPI Bandung dan Cara Pendaftarannya

Jurusan Kuliah di UNPAM Itu Ada Apa Saja Sih?

Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui jurusan-jurusan yang ada di Universitas Pamulang. Setiap kampus di universitas yang mengambil warna biru ini bertanggung jawab untuk Program Studi yang berbeda-beda. Jadi, sangat mungkin bagi Anda untuk tidak bertemu dengan mahasiswa jurusan tertentu di satu kampus yang sama.

Berikut ini adalah jurusan kuliah di UNPAM berdasarkan kampus-kampus yang ada.

Jurusan Kuliah di Kampus 1 UNPAM

Sumber: unpam.ac.id

UNPAM kampus 1 ini terletak di Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten. Di kampus ini hanya ada dua jurusan saja, yaitu Manajemen dan Akuntansi yang keduanya jenjang Strata 1 atau Sarjana. Anda mungkin tertarik dengan ulasan rekomendasi jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi untuk referensi pemilihan jurusan.

Prodi Manajemen S1

Jurusan yang satu ini adalah jurusan yang belajar konsep, teori, dan juga aplikasi terkait pengelolaan organisasi serta bisnis. Mulai dari pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, produksi, operasi, hingga strategi bisnis dalam suatu perusahaan. Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di bidang bisnis tentu akan sangat cocok masuk ke jurusan manajemen.

Lulusan jurusan Manajemen bisa berkarier di perusahaan sebagai manajer, analis bisnis, konsultan bisnis, pengusaha, dan enterpreneur. Mereka yang masuk ke jurusan kuliah di UNPAM Manajemen setidaknya harus meminati Manajemen Keuangan, kuat hitungan, dan juga memiliki pemikiran kritis serta analitis.

Prodi Akuntansi S1

Jurusan Akuntansi mengajari Anda konsep dan juga teknik untuk mengukur, menganalisis, dan juga membuat laporan keuangan dari suatu organisasi atau perusahaan. Mudahnya jurusan ini akan mengajarkan Anda bagaimana cara mengatur keuangan dan juga menyampaikan informasi atas keuangan tersebut.

Setelah lulus dari jurusan Akuntansi Anda bisa menjadi seorang akuntan, auditor, analis anggaran, pemeriksa pajak, analis keuangan, dan pemeriksa keuangan. Di jurusan ini Anda akan bertemu ilmu Ekonomi dan juga Matematika sehingga ada hitungan dan juga ada teori.

Jurusan Kuliah di Kampus 2 UNPAM

Sumber: unpam.ac.id

Lokasi kampus kedua dari UNPAM ada di Jl. Raya Puspitek No. 11 Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Di kampus 2 ini Anda bisa memilih 20 Program Studi yang berbeda. Anda bisa mencari tahu mengenai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar sebagai bahan pertimbangan pemilihan jurusan Anda.

Prodi Matematika S1

Di prodi Matematika ini tentunya Anda akan belajar teori Matematika secara mendalam. Mata kuliah geometri, aljabar, kalkulus, statistika, integral, dan lain sebagainya akan menjadi makanan sehari-hari. Bukan hanya ilmu berhitung, Anda juga harus pandai menganalisis, berlogika, berpikir kritis, dan juga memahami bahasa.

Jurusan kuliah di UNPAM Matematika ini merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja cukup luas. Setelah lulus Anda bisa menjadi seorang aktuaris, analis data, data scientist, dan terjun ke dunia pendidikan.

Prodi Teknik Elektro S1

Jurusan yang satu ini akan membuat Anda mempelajari sebuah bidang ilmu yang berhubungan dengan listrik dan tentu saja pengaplikasiannya di dunia nyata. Anda akan belajar seputar perangkat-perangkat listrik dan juga elektronik. Mulai dari pembuatan konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat tersebut.

Bila belajar di jurusan ini Anda bisa berkarier di berbagai perusahaan bidang industri. Anda bisa bekerja di perusahaan industri telekomunikasi, manufaktur, IT, pembangkit listrik, pertambangan, dan bahkan perminyakan.

Prodi Teknik Informatika S1

Jurusan kuliah di UNPAM di kampus 2 selanjutnya ada Teknik Informatika. Ini merupakan jurusan yang begitu dekat dengan teknologi masa depan. Anda akan mempelajari kecerdasan buatan atau yang lebih terkenal dengan nama AI, big data, machine learningm dan blockchain. Ini merupakan salah satu jurusan yang cukup sulit karena berhubungan dengan pemrograman.

Tentu saja jurusan kuliah seperti ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan tawaran gaji yangg fantastis. Anda bisa menjadi seorang analis data, data scientist, konsultan IT, analis sistem, UI Designer, dan juga programmer.

Prodi Sistem Informasi S1

Tidak jarang orang yang kebingungan antara jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Keduanya sama-sama bersinggungan dengan informasi tetapi berada di sisi yang benar-benar berbeda. Pada jurusan Sistem Informasi Anda akan mengintegrasikan bidang manajemen ke pada teknologi komputer. Jadi, tidak langsung menggeluti teknologi secara langsung.

Sistem Informasi lebih kepada perancangan, perkembangan, dan juga implementasi dari sistem informasi pada suatu perusahaan atau organisasi. Seseorang yang lulus dari jurusan ini bisa menjadi seorang technical support speciatlis, mobile developer, web developer, cyber security analyst, dan juga system engineer.

Prodi Akuntasi Perpajakan D4

Sedikit berbeda dengan jurusan Akuntansi yang ada di atas, jurusan kuliah di UNPAM satu ini lebih fokus ke bidang perpajakan. Dengan kata lain ini merupakan cabang dari ilmu Akuntansi yang secara khusus mempelajari teori dan penerapan perpajakan di Indonesia.

Akuntansi Perpajakan merupakan jurusan yang cukup menjanjikan di Indonesia terlepas dari cakupannya yang lebih kecil dan spesifik. Anda bisa bekerja di sektor publik, pemerintah, hingga swasta sekalipun. Bidang industri juga membutuhkan staf perpajakan sehingga Anda bisa masuk ke dalamnya.

Prodi Administrasi Perkantoran D3

Sama seperti jurusan Akuntasi Perpajakan, jurusan Administrasi perkantoran ini juga pecahan atau cabang dari jurusan Administrasi. Di sini Anda belajar secara spesifik mengenai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian kantor.

Dari jurusan ini Anda bisa bekerja sebagai sekretaris kantor, sekretaris pribadi, staf personalia, asisten manajer, dan juga staf administrasi lain di lembaga pemerintah maupun perusahaan.

Prodi Sastra Inggris S1

Jurusan Sastra Inggris, Bahasa Inggris, maupun Pendidikan Bahasa Inggris merupakan tiga jurusan yang berbeda. Sehingga jangan sampai salah ketika memilih jurusan kuliah di UNPAM yang berhubungan dengan Bahasa Inggris ini. Di Sastra Inggris Anda akan belajar tentang pengkajian ilmu Bahasa Inggris dari berbagai aspek hingga ke lingkup budaya dan sastra.

Prodi Sastra Indonesia S1

Jurusan yang satu ini tentunya mirip dengan jurusan Sastra Inggis tetapi bidang bahasanya adalah Bahasa Indonesia. Anda akan mempelajari banyak sekali karya sastra dalam Bahasa Indonesia.

Prodi Hukum S1

Sesuai namanya, di jurusan Hukum Anda akan belajar Hukum di berbagai bidang yang berbeda. Jurusan ini menuntut Anda untuk banyak membaca, menghafal, dan menganalisis. Lulusan dari jurusan Hukum biasanya berkarier sebagai hakim, jaksa, notaris, pengacara, dan juga staf legal suatu perusahaan.

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1

Tidak jarang seseorang akan salah beranggapan bahwa jurusan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah jurusan yang sama dengan Hukum. Meski keduanya sama-sama berurusan dengan negara dan kehidupan masyarakat, kedua jurusan ini sangatlah berbeda. Di Prodi Pancasila dan Kewarganegaraan Anda akan belajar tentang ideologi bangsa, bela negara, sosial budaya, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Cari Tahu Tips Memilih Jurusan Kuliah Tepat Latsol, Yuk!

Prodi Pendidikan Ekonomi S1

Jurusan kuliah di UNPAM selanjutnya ada Program Studi Ekonomi. Untuk program studi Ekonomi ini Anda pastinya sudah akrab dan tidak begitu asing lagi. Ya, Anda akan belajar pengantar ilmu Ekonomi, akuntansi, kewirausahaan, dan juga manajemen pemasaran. Lulusan jurusan Pendidikan Ekonomi harapannya akan menjadi staf pengajar di bidang Ekonomi.

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1

Jurusan yang satu ini jelas sekali sesuai dengan namanya, yaitu mempelajari apa-apa saja yang Anda butuhkan untuk menjadi guru di tingkat Sekolah Dasar. Anda akan mempelajari semua materi yang ada di jenjang pendidikan tersebut dan juga ilmu untuk mengajar dan memahami peserta didik.

Prodi Pendidikan Jasmani S1

Pendidikan Jasmani pada dasarnya jura sama dengan jurusan pendidikan yang lain dan pembedanya hanyalah bidang ilmunya saja. Di jurusan ini Anda akan belajar bagaimana jadi pengajar di bidang jasmani yang baik. Lulusan dari jurusan Pendidikan Jasmani ini tentu akan menjadi guru olahraga entah itu di sekolah atau lembaga-lembaga serupa lainnya.

Prodi Manajemen Pendidikan Islam S1

Jurusan kuliah di UNPAM yang satu ini berhubungan dengan manajemen dari suatu sekolah atau lembaga pendidikan di bidang Pendidikan Islam. Lingkup pekerjaan dari Manajemen Pendidikan Islam memang cukup terbatas, tetapi peluang kerja dari jurusan kuliah yang satu ini tetap patut untuk Anda pertimbangkan. 

Prodi Ekonomi Syariah S1

Jurusan yang satu ini jelas tidak berbeda jauh dari jurusan Ekonomi yang ada di atas. Pembedanya Ekonomi di jurusan ini berdasarkan ajaran Agama Islam. Oleh karena itulah namanya adalah Ekonomi Syariah. Lulusannya bisa bekerja di lembaga-lembaga keuangan syariah seperti asuransi syariah, perbankan syariah, dan pegadaian syariah. Tidak menutup kemungkinan pula lulusan Ekonomis Syariah berkarier di bidang pendidikan.

Prodi Ilmu Komunikasi S1

Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mempelajari mengenai proses penyampaian pesan dengan cara yang efektif sehingga penerima atau khalayak bisa mencerna dan memahami pesan tersebut dengan baik. Komunikasi ini tentu tidak hanya sebatas komunikasi dari dua orang individu atau lebih. Tingkatan komunikasi di jurusan Ilmu Komunikasi ini mulai dari individu hingga ke periklanan dan media yang menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Program Studi Jenjang Pascasarjana

Universitas Pamulang juga menyediakan wadah bagi mereka yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Setidaknya, sekarang sudah ada 4 jenjang pendidikan Pascasarjana yang secara aktif mencetak magister-magister yang berkualitas. Berikut ini adalah keempat Program Studi yang sudah memiliki jenjang Pascasarjana di UNPAM.

  • Prodi Tenik Informatika S2
  • Prodi Akuntansi S2
  • Prodi Hukum S2
  • Prodi Manajemen S2

Jurusan Kuliah di Kampus 3 UNPAM

jurusan kuliah di unpam
Sumber: unpam.ac.id

Kampus ketiga dari UNPAM ini berlokasi di Jl. Witana Harja No. 18b Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Di kampus 3 ini hanya tersedia 3 buah Program Studi dan semuanya Teknik. Bisa dibilang ini adalah kampus UNPAM khusus untuk jurusan Teknik.

Prodi Teknik Industri S1

Di jurusan Teknik Industri ini Anda akan belajar ilmu Matematika, Fisika, Kimia, Kalkulus, dan juga Statistika. Ya, semua mata pelajaran yang memusingkan ini akan Anda temui lagi di jurusan Teknik Industri. Namun bukan hanya itu saja karena Anda harus belajar ilmu Manajemen juga. Jurusan ini cukup kompleks dan terbilang sulit sehingga Anda harus benar-benar siap bila ingin masuk ke jurusan Teknik Industri.

Untuk karier dari jurusan Teknik Industri sudah tidak perlu Anda pusingkan karena Anda banyak posisi bergaji tinggi yang sudah menunggu. Anda bisa menjadi seorang pengembang produk, pengendali kualitas produk suatu perusahaan, manajemen tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Prodi Teknik Mesin S1

Jurusan kuliah di UNPAM yang ada di kampus 3 selanjutnya adalah Teknik Mesin. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama jurusan ini karena sudah cukup akrab di telinga masyarakat. Belajar di jurusan ini tentunya akan membuat Anda berkecimpung dengan mesin mulai dari mesin motor, mobil, dan juga perbengkelan di pabrik.

Mengingat banyaknya pabrik dan kebutuhan akan suatu produk, kesempatan kerja dari jurusan Teknik Mesin ini cukup bagus. Anda bisa berkarier di bidang transportasi, industri otomotif, industri pertambangan, dan juga industri peralatan rumah tangga.  

Prodi Teknik Kimia S1

Di jurusan Teknik Kimia ini Anda akan belajar banyak mengenai desain reaktor, pengolahan energi, limbah, dan penyelesaian berbagai isu lingkungan yang ada di Indonesia. Lulusan dari jurusan Teknik Kimia akan bekerja di berbagai industri di Indonesia seperti industri makanan, minuman, kosmetik, pengelolaan pupuk atau menjadi staf pengajar.

Jurusan Kuliah di UNPAM PSDKU Kota Serang

Anda mungkin agak penasaran dengan UNPAM PSDKU Kota Serang dan bingung apa bedanya kampus UNPAM ini dengan 3 kampus yang lainnya. Bila Anda melihat dari jurusannya Anda pasti akan kesulitan melihat perbedaannya karena jurusan dari UNPAM PSDKU ini ada di ketiga kampus lainnya. Lantas, apa yang membuat UNPAM PSDKU perlu ada dan berbeda dari kampus yang lainnya? Pertanyaan ini pastinya terlintas di benak Anda dan membutuhkan jawaban sebelum Anda memutuskan untuk mengambil jurusan yang sama di 3 kampus lainnya atau di kampus UNPAM PSDKU yang ada di Kota Serang ini.

Nama UNPAM PSDKU adalah kependekan dari Universitas Pamulang Program Studi di Luar Kampus Utama. Ini merupakan sebuah program dari kampus untuk menyediakan Program Studi sama dengan lokasi jauh dari kampus utama. Untuk kurikulum, sistem belajar, dan sebagainya sama dengan yang ada di kampus utama. Jadi yang membedakan hanya lokasi kampus UNPAM saja. Sekarang tentunya sudah jelas mengapa jurusan kuliah di UNPAM PSDKU ini sama dengan 3 kampus lainnya, bukan?

Adapun jurusan-jurusan yang tersedia di kampus UNPAM PSDKU ini sebagai berikut.

  • Administrasi Negara S1
  • Ilmu Pemerintahan S1
  • Teknik Elektro S1
  • Teknik Mesin S1 
  • Manajemen S1 
  • Akuntansi S1 
  • Teknik Kimia S1
  • Matematika S1
  • Biologi S1
  • Hukum S1
  • Sistem Komputer S1
  • Sistem Informasi S1

Sampai di sini saja pembahasan mengenai jurusan kuliah di UNPAM yang bisa Anda ketahui. Sekarang tentunya Anda sudah tahu semua jurusan yang ada lengkap dengan penjelasan mengenai jurusan-jurusan tersebut. Pertimbangkan dan pilih jurusan yang paling sesuai dengan minat dan juga keinginan Anda. Dengan demikian Anda bisa menempuh pendidikan dengan nyaman dan menyenangkan tentunya. Anda bisa meminta bantuan ahli untuk mengerjakan soal psikologi untuk memilih jurusan kuliah bila belum juga bisa membuat keputusan.

Post a Comment for "Yuk, Cari Tahu Jurusan Kuliah di UNPAM Ada Apa Saja"