7 Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris dan Tips Cepat Mahir Berbahasa Inggris

Gambar Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris dan Tips Cepat Mahir Berbahasa Inggris
Rekomendasi 7 Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris Gratis Secara Otodidak, Cocok Bagi Kalangan Pemula dan Tips Cepat Mahir Berbahasa Inggris - Mampu menguasai berbagai bahasa asing merupakan hal yang dianggap istimewa di era sekarang ini. Terutama berbicara dengan berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris kini sudah dianggap menjadi bahasa yang wajib dikuasai oleh beberapa kalangan. Contohnya seperti pelajar dasar, mahasiswa dan yang lainnya. Bahkan sudah dari sejak lama, bahasa Inggris ini menjadi salah satu mata pelajaran baku di seluruh sekolahan.


Ditinjau dari beberapa kondisi, ada banyak sekali manfaat jika kita mampu menguasai dan berbicara bahasa Inggris. Selain bagus untuk untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, bahasa Inggris juga penting untuk kepentingan bisnis serta traveling kamu.

Dan untungnya, di era yang serba canggih dan serba online (teknologi) seperti sekarang ini, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Baik untuk pemula atau pun yang menengah.

Dengan aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat dan dikembangkan tersebut kita bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan tentunya tanpa biaya alias gratis (terkecuali kuota internet ya).

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris dan ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, berikut saya akan memberikan rekomendasi daftar aplikasi-aplikasi apa saja yang bagus untuk digunakan sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris secara otodidak dan mudah dipahami.

Aplikasi-aplikasi ini memiliki antarmuka atau interface yang sangat sederhana namun di dalamnya sudah di lengkapi banyak fitur canggih yang dapat membantu kamu dalam memahami dan menguasai bahasa Inggris ini.

Berikut rekomendasi 6 aplikasi Android terbaik dan mudah di pahami untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Rekomendasi 6 Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

1. Drop Learn English

Aplikasi Drop Learning English ini adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris terbaik yang bisa kamu coba. Ada dua jenis bahasa Inggris yang di tawarkan di aplikasi ini. Yaitu bahasa Inggris British (UK) dan bahasa Inggris Amerika serikat (US).

2. Memrise Learn Languages Spanish French

Rekomendasi aplikasi Android untuk belajar bahasa Inggris berikutnya ada aplikasi bernama Memrise. Aplikasi ini menurut saya bagus banget. Karena selain gratis, aplikasi Memrise ini menyediakan berbagai macam bahasa luar sekaligus dalam satu aplikasi.

Ada sekitar 8 bahasa luar yang dapat kamu pelajari dari aplikasi ini secara gratis. Bahasa-bahasa tersebut adalah bahasa Spanyol, Jerman, Jepang, Korea, Italia, Cina, Prancis dan terutama bahasa Inggris.

Selain menyediakan beragam macam bahasa asing yang dapat dipelajari, aplikasi ini juga memiliki fitur unik dan sangat amat berguna bagi para penggunanya.

Seluruh pengguna di aplikasi Memrise ini bisa berinteraksi dengan pengguna lain dan saling memamerkan perkembangannya kepada pengguna lain. Ini sih bagus banget buat belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya secara otodidak, kan.

Terdapat puluhan ribuan video pembelajaran bahasa-bahasa luar, menyediakan permainan memori dan fitur canggih yang bisa berbicara langsung dengan native speaker yang dapat membantu para penggunanya lebih mudah dalam mempelajari bahasa-bahasa luar yang ada di aplikasi ini.

Bahkan pembelajaran bahasa luar yang paling efektif adalah dengan belajar berbicara langsung. Cocok banget bagi kamu yang ingin mulai belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya dari dasar ataupun belajar melancarkan bahasa.

3. Duolingo Learn Languages Free

Duolingo merupakan salah satu aplikasi Editors Choice di Play Store yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Terdapat berbagai macam metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat membantu kamu agar lebih cepat dalam memahami dan menguasai bahasa Inggris.

Kamu bisa belajar bahasa Inggris dan mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu dengan metode berbicara, membaca, mendengarkan, menulis serta bermain game. Metode pembelajaran inilah yang bisa memudahkan para pengguna dalam mempelajari bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai macam kosakata baru serta tata bahasa grammar yang cukup sederhana supaya memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris di aplikasi ini.

Dan yang paling saya kagumi dari aplikasi ini adalah kita dapat mengatur waktu jam belajar sesuai dengan keinginan kita. Contohnya jika kita telah mengatur jadwal jam untuk belajar bahasa Inggris di aplikasi Duolingo setiap sejam dalam sehari, maka aplikasi ini akan mengingatkan kita untuk membuka aplikasi dan mulai belajar sesuai dengan jadwal waktu yang telah kita atur. Unik dan keren banget, kan?

Bahkan ukuran aplikasi Duolingo ini juga sangat bersahabat dengan memori Hp kita. Bayangin aja, dengan berbagai macam fitur canggih yang sangat membantu dan memudahkan dalam belajar bahasa Inggris, aplikasi ini hanya memiliki ukuran sebesar 14Mb doang lho. Kurang apa lagi coba? Perfek banget deh pokoknya!.

4. Babbel

Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris Babbel ini mirip dengan aplikasi sebelumnya yaitu Duolingo. Namun pada aplikasi Babbel ini lebih memfokuskan kepada vocabulary dan conversation.

Di aplikasi Babbel ini menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang lebih singkat, interaktif, tapi juga informatif. Cocok banget bagi kamu yang ingin mulai mempelajari bahasa Inggris dari dasar dengan metode pembelajaran yang singkat dan mudah di pahami.

5. Busuu

Aplikasi Android untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya ada aplikasi Busuu. Aplikasi Busuu ini merupakan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dari berbagai macam aspek. Mulai dari grammar, vocabulary hingga speaking (berbicara langsung).

Ketika kamu belajar bahasa Inggris di aplikasi Busuu ini dengan metode speaking (berbicara langsung), kamu bisa mendapatkan feedback dari pembicara native speaker.

Jadi kamu dapat mengetahui langsung dimana letak kesalahan kamu saat mengucapkan bahasa Inggris serta mengetahui kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris. Dan kamu juga dapat memperbaiki tata bahasa Inggris kamu supaya lebih lancar.

6. HelloTalk

HelloTalk merupakan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang mengandalkan metode speaking dalam belajar bahasa Inggris. Cocok banget kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Kamu bisa melatih bahasa Inggris kamu dengan cara berbicara langsung dengan penguna lain. Bukan cuma pengguna dari Indonesia, Amerika atau negara lainnya, bahkan pengguna di aplikasi HelloTalk ini tersebar di seluruh dunia lho.

Bisa dibilang aplikasi HelloTalk ini merupakan aplikasi portal yang dapat menghubungkan jutaan orang yang sedang mempelajari bahasa baru. Jadi tidak hanya terpaku pada bahasa Inggris saja.

Jika lawan bicara kamu berasal dari negara lain seperti Spanyol atau Jepang, berarti kamu juga bisa belajar bahasa tersebut dari negara asalnya langsung. Bahkan kamu juga bisa lho mengajarkan bahasa Indonesia kepada pengguna lain di aplikasi ini.

7. BBC Learning English

BBC Learning English merupakan aplikasi buatan BBC (lembaga penyiaran umum di Britania Raya). Aplikasi BBC ini menawarkan pembelajaran bahasa Inggris berbasis animasi interaktif.

Beberapa materi di BBC ini di kemas menggunakan story dan audio yang sangat menarik dan mumpuni untuk seluruh pengguna dalam mempelajari bahasa Inggris agar tidak merasa bosan.

Ouh ya, selain belajar bahasa Inggris melalui aplikasi-aplikasi terbaik diatas, saya juga akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu coba agar mempermudah dalam berbahasa Inggris. Berikut 5 tips mudah agar cepat mahir berbahasa Inggris.

Tips Supaya Lancar Berbahasa Inggris Dengan Cepat

Gambar 5 Tips Agar Cepat Mahir Berbahasa Inggris Dengan Mudah
Setelah memberikan rekomendasi aplikasi Android terbaik untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak dan gratis, saya mau kasih sedikit tips nih mengenai cara belajar bahasa Inggris agar cepat mahir dan lancar berbicara bahasa Inggris. Mau tau apa aja? Berikut beberapa tips belajar bahasa Inggris agar cepat mahir dalam berbicara bahasa Inggris.

1. Berbicara Langsung Dengan Penduduk Asli (Bule)

Tips pertama yang wajib kamu lakukan agar cepat mahir dalam berbahasa Inggris adalah memperbanyak berkomunikasi dengan orang-orang aslinya (bule). Berbicara langsung dengan orang-orang bule adalah salah satu cara paling efektif dan sudah terbukti agar cepat mahir dalam berbahasa Inggris.
Pernah dengar istilah, "Tanpa Praktek, Semuanya Sia-sia!"? Istilah ini betul banget dan memang, kalau kamu mempelajari suatu hal tanpa diiringi dengan praktek, maka hasilnya akan sia-sia saja.
Dengan seringnya kamu berkomunikasi langsung dengan mereka, kamu bisa belajar langsung bagaimana cara pengucapan kata yang benar, mendapatkan kosakata baru (bukan bahasa Inggris amiyyah) dan kamu juga belajar dari mereka perbedaan bahasa Inggris lainnya. Karena setiap negara pasti berbeda-beda cara pengucapannya walaupun satu bahasa.

2. Perbanyak Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Pasti kamu sering, kan menemukan beberapa artikel, buku, koran dengan tulisan berbahasa Inggris? Nah, metode ini juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menemukan kosakata baru disana.

Selain membaca artikel, tulisan dan buku berbahasa Inggris, kamu juga bisa memanfaatkan film-film barat (berbahasa Inggris) sebagai alternatif lain agar bahasa Inggris kamu semakin lancar.

3. Perbanyak Mendengarkan Audio Berbahasa Inggris

Tak ayal, memperbanyak mendengarkan audio dengan berbahasa Inggris dapat membantu kita dalam berbicara dengan bahasa Inggris dengan cepat. Metode ini juga sering diterapkan dan diperintahkan kepada para mahasiswa agar mereka cepat memahami dan berbicara dengan bahasa Inggris.

4. Sering Menulis Dengan Bahasa Inggris

Menulis dalam tulisan berbahasa Inggris juga dapat membantu kita yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Tak hanya mampu berbicara dengan bahasa Inggris saja, tapi menulis dalam tulisan berbahasa Inggris pun menjadi satu hal terpenting dan menjadi poin penting ke ke tiga setelah berbicara dan membaca.

Coba kamu bayangin, ada orang yang mahir dalam berbahasa Inggris, namun ketika dia menulis dalam bahasa Inggris dia malah tidak bisa. Pasti akan terkesan aneh dan mustahil.

5. Biasakan Berbicara Bahasa Inggris

Sering berbicara dalam bahasa Inggris pun menjadi salah satu cara agar kamu bisa cepat mahir dalam berbahasa Inggris. Semakin sering kamu berbicara bahasa Inggris dalam keseharian kamu, maka semakin cepat juga kamu akan memahami dan menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Kamu bisa praktekan dengan teman kamu yang mampu berbahasa Inggris atau berkomunikasi secara online di beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Akhir Kata


Kamu bisa menyesuaikan metode pembelajaran mana yang lebih kamu sukai dalam mempelajari bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
Cindy
Cindy NOTHING!!!

Post a Comment for "7 Aplikasi Terbaik Belajar Bahasa Inggris dan Tips Cepat Mahir Berbahasa Inggris"