Cara Membuat BOT Telegram Sendiri Di Hp, Gak Sampai 5 Menit!

Gambar Cara Mudah Membuat BOT Telegram Tanpa Coding
Cara Mudah Membuat Telegram BOT Sendiri Di Hp Tanpa Coding, Gak Nyampe 5 Menit - Pengguna telegram kini sudah banyak sekali yang membuat bot telegram Meskipun bot, tapi akan sangat berguna jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu yang kurang sempurna. Misalnya seperti membalas chat dari audiens website atau blog kamu. 

Ada beberapa cara untuk membuat bot telegram. Bisa dengan cara membuat sendiri dengan kemapuan koding sendiri. Dan bisa juga dengan cara yang jauh lebih simpel dari itu. Yaitu cukup menggunakan bantuan bot resmi dari telegram. 


Untuk cara yang pertama (dengan koding), gak akan saya bahas disini. Karena pembahasannya akan rumit dan panjang.  Jadi yang akan saya bahas adalah cara yang ke dua, yaitu cara membuat bot dengan @botfather resmi.

Membuat telegram bot dengan bantuan @botfather ini adalah cara yang paling mudah dan cepat dan yang terpenting bisa dilakukan oleh semua kalangan awam karena kamu tidak perlu kemampuan coding untuk membuat bot, cukup menggunakan bantuan dari @bitfather ini. Untuk tutorial lengkapnya kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuat Bot Telegram Dengan Mudah dan Cepat Tanpa Coding 

  1. Pertama kamu masuk dulu ke akun bot resmi dari telegram. Kamu bisa cari dengan username @botfather di pencarian telegram atau di Google Chrome juga bisa (pilih yang ada tanda centangnya).
    BotFather adalah bot dari para bot yang ada di telegram. Bot ini yang akan mengatur semua bot tersebut.
  2. Lalu klik tombol Mulai. Setelah itu akan muncul beberapa menu yang bisa kamu pilih. Pilih saja /newbot dan akan muncul pesan perintah untuk membuat bot baru. Mulai dari nama bot dan username untuk bot. Untuk username, tambahkan _bot di akhirnya. Contohnya seperti ini: @dzuhalah_bot.
  3. Setelah memberikan nama dan username pada bot yang kamu buat, botfather akan mengirimkan sebuah pesan yang berisi API token bot kamu. API token ini terdiri dari beberapa angka di bagian depan dan setelahnya ada beberapa karakter unik. Contoh API token yang diberikan seperti ini:
  4. Simpan token tersebut di aplikasi catatan atau notepad kamu. Karena kamu akan membutuhkan token tersebut untuk mengatur bot kamu.
API Token ini adalah antarmuka yang di sediakan oleh aplikasi untuk berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Jadi dengan API token ini kamu bisa berinteraksi dengan bot yang kamu buat. Kamu bisa mengatur dan mengedit semua setelan untuk bot kamu.

Sampai disini bot kamu sudah berhasil dibuat. Namun ini belum sempurna. Kamu harus mengatur bot kamu agar bot tersebut dapat menerima pesan dari pengguna lain khususnya grup dan channel. Tutorial lengkapnya seperti ini :
  1. Untuk mengatur deskripsi dan about bot, ketikan perintah /setdescription. Akan muncul pesan perintah untuk melengkapi profil bot kamu. Sesuaikan deskripsi sesuka hati kamu.
  2. Jangan lupa untuk mengatur bot agar dapat menerima pesan ke semua pengguna dengan mengetikan perintah /setprivacy » pilih opsi Disable.
  3. Selesai. Kini bot kamu sudah berhasil dibuat dan memiliki akses dengan user lainnya. 

Selain mengatur settingan diatas, kamu juga bisa mengatur pesan yang akan terkirim dari bot ke pengguna yang mengirimi pesan. Bisa itu berupa pesan biasa, tombol navigasi yang berisi link dan yang lainnya. Tapi untuk membuat tindakan mengirim pesan otomatis berupa tombol navigasi ini tidak akan saya jelaskan di artikel ini. Mungkin di artikel berikutnya aja ya.

Nah, itulah tutorial lengkap cara membuat bot telegram dengan mudah dan cepat tanpa coding yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Jangan lupa share juga ke teman yang lainnya.

Post a Comment for "Cara Membuat BOT Telegram Sendiri Di Hp, Gak Sampai 5 Menit!"