Cara Membuat Subdomain Gratis di Blogger

Gambar Cara Membuat Subdomain Gratis Di Blogger Tanpa cPanel atau Hosting
Cara Membuat Sub Domain TLD Gratis di Blogger Tanpa cPanel atau Hosting - Subdomain adalah ekstensi tambahan dari domain utama yang sudah ada. Misalnya blog ini yang memiliki domain www.bokban.my.id, dengan domain utama ini kita bisa membuat blog atau situs baru dengan sub domain dari domain tersebut.

Contohnya kalau saya sudah memiliki domain www.bokban.my.id, dan saya ingin membuat blog baru menggunakan sub domain dengan niche traveling. Jadi sub domain yang akan saya buat misalkan traveling.bokban.my.id. Nah, kata traveling tersebut yang dinamakan dengan sub domain. 
Sebenarnya awalan situs dengan www ada domain itu merupakan sub domain juga sih. Namun www ini sering dijadikan alamat domain utama juga (terutama CMS Blogger yang memgharuskan www ketika ingin menghubungkan domain custom) yang membuat www ini seakan menjadi induk dari domain.
Ada banyak manfaat dan fungsi dari membuat sub domain ini. Selain mudah untuk dibuat dan gratis, sub domain juga akan memberikan citra yang baik pada blog yang dihubungkan dengan sub domain ini. Kamu bisa membuat blog berapapun dengan sub domain dari domain yang kamu punya. Dan yang pasti tidak perlu biaya tambahan alias gratis.

Selain itu, sub domain juga dapat berpartisipasi dengan akun Adsense kamu. Kamu bisa menempatkan iklan Adsense di blog dengan sub domain ini (kalau tidak melanggar kebijakan Adsense).

Biasanya para blogger dengan niche download seperti safelink yang memanfaatkan sub domain untuk memasang iklan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan mereka dari Adsense.

Nah, di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat subdomain ini dari domain utama yang kamu miliki di blogger. Gampang kok. Hanya perlu menambahkan beberapa record di DNS Management tempat kamu membeli domain. Tutorial lengkapnya cara membuat sub domain gratis di blogger, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. 

Cara Membuat Sub Domain Gratis Di Blogger Dari Domain Utama

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah memasukan CNAME dari blog yang ingin dipasangkan dengan subdomain. Kemudian tambahkan ke dua CNAME tersebut ke website tempat kamu membeli domain. Cara lengkapnya seperti ini :
  1. Buat blog baru  masuk ke menu Setelan  Memublikasikan  Domain Custom.
  2. Tambahkan subdomain yang ingin kamu buat. Contohnya saya akan buat subdomain najehabaid.dzuhalah.my.id (domain lama)
  3. Klik simpan dan pasti akan terjadi eror. Nah, disinilah kamu akan mendapatkan CNAME dari blog ini. Salin dan simpan ke notepad dan jangan tutup halaman ini.
  4. Login ke website tempat kamu beli domain. Saya menggunakan website idcloudhost.com. Kamu cari aja menu untuk mengatur DNS Management ini. Kalau sulit menemukan halamannya, tanyakan ke layanan support.
  5. Masuk ke layanan DNS Management
  6. Tambahkan dua buah record CNAME yang sudah kamu dapat di langkah awal tadi. Contoh :
    Gambar Cara Membuat Subdomain Gratis Di Blogger
    Gambar Cara Membuat Subdomain Gratis Di Blogger
    Gambar Cara Membuat Subdomain Gratis Di Blogger
    {1} Record CNAME pertama :
    Name   : Nama sub domain (contoh : najehabaid)
    Type     : CNAME 
    TTL       : Biarkan default
    RDATA / Tujuan : ghs.google.com

    {2} Record CNAME ke dua :
    Name  : CNAME nama yang kamu dapat dari blogger
    Type    : CNAME
    TTL      : Biarkan default
    RDATA / Tujuan : CNAME tujuan yang kamu dapat dari blogger
  7. Kalau semua sudah diatur sesuai dengan CNAME yang kamu buat di DNS Management, klik simpan domain custom-nya. 

Nah, sampai disini sebenarnya sudah selesai membuat blog dengan subdomain yang tadi dibuat. Tapi untuk ketersediaan HTTPS masih belum aktif. Untuk mengaktifkan HTTPS di sub domain ini, kamu aktifkan pengalihan HTTP hingga HTTPS di menu yang ada dibawahnya. 
Gambar Cara Membuat Subdomain Gratis Di Blogger
Tunggu status ketersediaan HTTPS di blog kamu hingga aktif. Ini mungkin akan memakan waktu 5-10 menit. Sebelum HTTPS tersedia untuk alamat blog kamu, blog kamu tidak akan bisa di buka terlebih dahulu.

Nah, itulah tutorial cara membuat subdomain gratis di blogger yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan tutorial ini.

Post a Comment for "Cara Membuat Subdomain Gratis di Blogger"