Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Di Hack atau Lupa Password

Cara mengembalikan akun IG yang dibajak dengan mudah - pembajakan akun memang sudah tidak asing lagi di jaman ini. Apalagi akun instagram dan facebook. Banyak banget yang mengalami akunnya dibajak orang lain. Terkhusus akun instagram yang belakangan ini sedang booming dengan aktifitas hacking atau pembajakan. Saat pertama kali akun kamu kena hack, kamu jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat akun IG kamu dibajak orang lain.

Cobalah untuk mengambil akun instagram kamu, jika memang sudah tidak ada jalan keluar lagi, ya mau apalagi...bikin akun baru sudah. Pembajakan akun instagram ini memang sangat menyebalkan. Terlebih lagi kalau ternyata akun yang dibajak adalah akun penting bagi kita. Contohnya seperti akun yang khusus digunakan untuk bisnis penjualan produk. 

Pasti akan sangat merugikan sang pemilik akun tersebut. Nah, kalau kamu mengalami hal seperti ini langsung tinjau apa sebabnya. Jika memang benar itu bajakan, cepat-cepat rebut kembali akun kamu sebelum pembajak mengganti semua data-datanya. Atau bagikan masalah kamu ini kepada teman, kerabat dekat atau orang yang terhubung dengan akun instagram instagram kamu.

Karena biasanya si pelaku akan mengincar orang-orang yang dekat dengan pemilik korban. Semuanya bertujuan ingin menipu dengan modus peminjaman uang misalnya atau hal yang serupa dengan ini. Dan intinya yang wajib kamu perhatikan adalah jangan pernah kamu melakukan aktifitas login melalui link yang diberikan oleh orang lain. Karena disinilah celah pelaku agar dia bisa mengakses seluruh data yang ada di akun kamu.

Lalu bagaimana cara untuk mengambil kembali akun Instagram yang dibajak? Simak caranya dibawah ini. Cara ini adalah cara paling efektif dan paling mudah dilakukan. Walaupun tidak menjamin 100% bisa kembali. Ada beberapa hal yang dapat menggagalkan cara dibawah ini. Salah satunya akun yang sudah lama dibajak dan sudah terlanjur diganti datanya.

1.  Cara Mengembalikan Akun IG Yang Sudah Dibajak Atau Di Hack Menggunakan Nomor Hp Pemulihan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan saat kamu mengetahui bahwa akun kamu dibajak ialah berupaya mereset password yang ada. Caranya bagaimana? Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan
  • Masuk ke aplikasi Instagram dan masukan username IG kamu. 
  • Kemudian pilih lupa password.
  • Kemudian akan muncul perintah untuk login menggunakan nomor Hp yang terhubung, email atau username akun kamu. Jika nomor Hp atau email kamu sudah terlanjur diganti atau lupa, cara ini tidak akan bisa dilanjutkan. Cukup sampai disini saja. Tapi kalau semuanya masih normal, kamu masih bisa melanjutkan cara ini.
  • Jika sudah memasukan alamat email, nomor Hp ataupun username, pihak instagram akan langsung mengirimkan link ke email atau nomor kamu tadi. Link ini berguna untuk mereset ulang kata sandi baru. 
  • Langsung saja cek sms atau email yang masuk ke Hp kamu dari pihak instagram. 
  • Klik link yang dikirim oleh pihak instagram melalui sms atau email tadi. Jika sudah kamu akan disuruh untuk membuat ulang kata sandi baru untuk akun kamu.
  • Selesai. Kini akun kamu sudah berhasil diambil kembali. 

Nah itulah cara pertama untuk mengambil kembali akun yang dibajak orang lain. Namun jika akun kamu ternyata sudah diganti nomor Hp dan emailnya, kamu bisa coba cara yang kedua. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti :

2. Cara Mengembalikan Akun IG Yang Dibajak Yang Sudah Diganti Nomor Dan Emailnya.

Sebelum kamu melakukan cara yang kedua ini, pastikan bahwa akun instagram kamu itu pernah terhubung dengan email kamu sebelumnya. Ini bertujuan supaya jika ada aktifitas tidak valid, pihak instagram akan mengirimkan sebuah email pengingat terhadap akun yang tidak valid aktifitasnya. Contoh aktifitas yang tidak valid adalah kata sandi yang diubah. Berikut cara-cara nya :
  • Masuk ke aplikasi Gmail kamu.
  • Lalu masuk ke akun Gmail kamu yang pernah terhubung dengan instagram sebelumnya.
  • Cobalah untuk cek semua isi pesan Gmail yang masuk.
  • Jika ada pesan masuk dari pihak instagram, langsung saja buka isi pesannya dan lihat apa isi pesan yang dikirimkan. Mungkin saja tentang akun kamu.
  • Jika memang benar ada aktifitas hacking, kamu bisa langsung klik link dengan tulisan security account seperti gambar dibawah ini.
Construction of New Highway Langtang Tracking Major Attraction

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman untuk mereset ulang kata sandi kamu. Sampai disini kamu sudah berhasil merebut akun kamu yang dibajak tadi. Tapi bagaimana kalau emailnya juga sudah diganti atau tidak aktif lagi? Berarti cara ini tidak mempan untuk kasus yang seperti itu. 

Untuk kasus seperti itu kamu bisa coba cara yang ketiga dibawah ini untuk mengembalikan akun IG yang terkena bajakan. Berikut adalah caranya.

3. Cara Mengambil Akun IG Yang Dibajak Dan Tidak Ada Kontak Pemulihan Kata Sandi

Cara yang ketiga ini mungkin cara yang terakhir bagi kamu yang merasa akunnya dibajak dan tidak ada satu pun kontak yang bisa dihubungi. Satu-satunya cara adalah melaporkan kasus ini langsung kepada pihak instagramnya. Cara ini menjadi jalan terakhir jika tidak ada peluang lain untuk merebut kembali akun tersebut.

Ada dua cara untuk melaporkan masalah kamu kepada pihak instagram langsung yang terkait dengan masalah pembajakan akun instagram. Yang pertama melalui report di aplikasi yang disediakan oleh instagram. Disitu tertera beberapa bantuan yang biasa terjadi pada user. Dan terdapat bantuan mengenai akun yang diretas. Kamu bisa baca terlebih dahulu solusinya dan caranya, kalau memang tidak membantu kamu bisa kirim bahwa bantuan tersebut tidak membantu masalah kamu sama sekali. 

Jika sudah kamu akan diarahkan ke halaman yang dimana itu adalah pertanyaan keamanan akun. Instagram akan menanyakan apakah aktifitas login ini memang benar kamu atau orang lain yang sudah berusaha login ke akun kamu. Ada dua tombol yang tersedia disitu, klik "Tidak, ini bukan saya" jika memang aktifitas login ini bukan kamu. Dan klik " Ya, itu saya" jika kamu yang melakukannya.

Kalau kamu mengklik tombol "Tidak, itu bukan saya" kamu akan disuruh untuk mengamankan akun kamu dengan cara mengganti password dulu dengan yang baru. Silahkan masukan kata sandi baru kamu dan amankan akun kamu. Sampai disini masalah akun kamu sudah diproses dan selesai. Berikutnya bagaimana jika bisa mereset kata sandinya? Untuk masalah seperti ini, kamu bisa coba cara yang terkahir ini ;
  1. Login ke instagram instagram menggunakan akun mana saja.
  2. Kemudian cari akun kamu yang sudah dibajak tersebut.

Jika memang akun kamu dibajak, pasti si pelaku akan mengganti seluruh isi data di akun tersebut dan termasuk username nya juga. Jadi kemungkinan akun tidak ditemukan. Namun carilah akun yang mirip dengan usernamenya. Pergantian username biasanya tidak akan jauh beda dan biasanya hanya menambah atau mengurangi 1-2 huruf.

3. Jika sudah ketemu akunnya klik saja titik tiga yang ada di akun tersebut dan pilih menu "Report" hingga berkali-kali dan terus klik tulisannya sesering mungkin. Dengan melakukannya hal ini pihak instagram akan mengirimkan pesan kepada akun tersebut dan akan ditindak lanjuti. 
Biasanya pengiriman pesan akan berjalan hingga 4-5 jam ke depan Jadi sabar aja dulu sambil klik "Report" hingga dikirimnya pesan dari pihak instagram. Jika pesan sudah diterima kamu sudah bisa mereset ulang kata sandi kamu dan akun kamu sudah berhasil diamankan. 
Biasanya pembajakan akun ini bertujuan karena ingin menipu orang-orang yang ada di akun si korban. Entah itu menipu dengan modus meminjam uang atau yang lainnya yang berhubungan dengan transfer uang. Kasus seperti ini memang sering terjadi pada orang yang belum berpengalaman termasuk saya juga pernah mengalami hak seperti ini. 
Nah itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan saat akun instagram kamu di hack. Cara ini sudah saya lakukan sendiri dan hasilnya berhasil. Akun saya kembali lagi ke tangan saya walaupun ada sedikit masalah. 

Intinya sih ya, jangan pernah mengirimkan password atau kode OTP kepada siapapun itu dengan alasan apapun itu. Karena ini mencangkup keamanan akun kamu. Dan jangan pernah melakukan login menggunakan link yang diberikan siapapun kecuali link asli dari instagram.com.

Semoga artikel ini dapat membantu masalah yang sedang kamu alami sekarang. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan langsung saja komentar dibawah artikel ini. Tinggalkan komentar diluar topik pembahasan.

2 comments for "Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Di Hack atau Lupa Password"

Tulislah komentar unik, jelas dan tidak mengandung LINK AKTIF atau PROMOSI.