Cara Mengatasi Memori Internal Hp Xioami MIUI12 Penuh

Penyebab dan Cara Menghapus Sampah File Lainnya Yang Ada Di Hp Xiaomi MIUI 12 - Kalau kamu pengguna Xiaomi pasti kamu tahu atau mungkin mengalami hal seperti ini. Yaitu banyaknya sampah file yang tidak tahu dari mana asalnya. Pada umumnya semua aplikasi yang terinstall di smartphone kamu itu akan menanam sebuah folder yang berisi sekian file tanpa kita ketahui.

Semakin banyaknya aplikasi yang terpasang maka semakin penuh juga penyimpanan internal hp kamu. Itu pada umumnya, tapi apa jadinya kalau ternyata di hp xiaomi ini banyak sekali file-file tersembunyi yang tidak kita ketahui sama sekali dari mana asal file tersebut dan dimana letaknya file itu. Dan ini juga salah satu sebab memori internal Hp Xiaomi kamu penuh tiba-tiba. 

Mungkin kalau file berupa foto atau vidio itu mudah untuk ditelusuri. Tapi kalau file sampah yang numpuk gimana nyarinya? Tiba-tiba penyimpanan sudah penuh dan tidak lagi dapat memasang aplikasi yang kita inginkan. Nah, sebenarnya ada beberapa sebab yang menyebabkan penyimpanan Hp kamu itu penuh tanpa kamu sadari. 

Banyak orang yang menganggapnya sepele padahal jika dilihat lagi filenya sangat mematikan. Di artikel kali ini saya akan memberikan informasi sekaligus tips cara mengatasi memori internal Xioami yang penuh, dan cara menghapus file lainnya (file sampah) di memori internal xioami. Berikut adalah penyebab memori atau penyimpanan penuh di Hp Xiaomi.

Penyebab Penyimpanan Memori Di Hp Xiaomi Penuh Pada MIUI 12 Dan Cara Menghapusnya

1.Banyak media foto atau vidio bekas yang sudah terhapus lama namun belum terhapus dari perangkat secara permanen

Sebab pertama yang bikin memori internal Hp bikin kembung (penuh) adalah banyak file-file sampah berupa foto atau vidio yang sudah terhapus lama namun masih berada di penyimpanan hp.

Biasanya di Hp xiaomi yang menggunakan MIUI 11 keatas, itu akan menyimpan riwayat file yang pernah terpasang di smartphone kamu. Walaupun file-file tersebut sudah terhapus sejak lama. File tersebut akhirnya menjadi sampah yang bersarang di penyimpanan smartphone kamu. 

Untuk cara melihat berkas foto atau vidio yang pernah dihapus sejak lama (biasa disebut dengan file sampah) kamu bisa cek langsung melalui galeri kamu. Kemudian cari album yang bernama "sampah". Maka akan muncul semua berkas berupa foto atau vidio yang sudah lama terhapus. Agar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini. 
Cara menghapus sampah file lainnya di MIUI 12
Langsung saja dibuka albumnya dan hapus semua berkas foto atau vidio yang ada. Ini juga salah satu sebab penuhnya memori penyimpanan smartphone kamu. 

2. Banyak Berkas Cache Tersembunyi Yang Tidak Diketahui 

Penyebab lainnya yang menyebabkan memori penuh adalah ada banyak file yang tersembunyi dengan nama yang tidak jelas. Penyebab yang satu ini mungkin hampir dialami oleh semua orang bahkan mungkin semuanya. Pasalnya semua smartphone itu pasti akan ada yang nama file "cache". File ini biasanya muncul karena semua aktifitas yang sudah kita lakukan di Hp kita. 

Cache ini mirip dengan sampah atau mungkin memang sampah file ya. Contohnya jika kamu baru saja melakukan searching di internet menggunakan chrome atau sosmed-an menggunakan aplikasi seperti facebook.

Setelah kamu menggunakan aplikasi tersebut pasti akan muncul berkas file bernama cache. Cache inilah yang bisa menyebabkan penyimpanan smartphone kamu membengkak tanpa kamu sadari.

Untuk cara menghapusnya cukup mudah dan simpel. Kamu buka saja aplikasi yang sudah kamu jelajahi tadi di setelan > setelan tambahan > manajemen aplikasi > kemudian cari aplikasi yang sudah kamu gunakan tadi. Setelah itu hapus saja data "cache" pada aplikasi tersebut. Biasanya ukurannya cukup besar namun semuanya tergantung dengan pemakaian aplikasi tersebut.

Kalau kamu menggunakan smartphone Xiaomi yang sudah MIUI 12, ini akan lebih mudah dari pada langkah diatas. Kamu tidak perlu mencari chase aplikasi di menu setelan. Kamu bisa melakukannya langsung di home page Hp kamu. 

Contohnya, kembali ke peluncur atau home page > cari aplikasi yang ingin kamu hapus chase-nya > tekan beberapa detik pada ikon aplikasi tersebut > kemudian pilih "info apl" > kamu akan diarahkan langsung ke info aplikasi tersebut dan akan muncul semua histori penggunaan aplikasinya mulai dari "hapus data aplikasi", "hapus chase", dan "paksa berhenti". Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas dan lebih paham.

Cara hapus semua sampah file lainnya di hp xiaomi     Gambar cara mengatasi memori Hp xiaomi Penuh dengan mudah

Cara ini bisa kamu lakukan untuk memperluas ruang penyimpanan smartphone kamu. Karena biasanya ada banyak file sampah yang tersembunyi dan tidak dapat ditelusuri melalui penyimpanan memori.

Cara lain untuk menghapus file sampah kamu bisa cek semua data, berkas atau folder yang tersimpan di aplikasi file manajer. Biasanya file sampah yang ada di file manajer ini namanya gak jelas dan gak tahu dari mana asalnya. 

Untuk cara menghapusnya kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka aplikasi file manajer.
  • Klik ikon pencarian dipojok kanan atas.
  • Kemudian cari file sampah yang ada di file manajer ini. Kamu bisa urutkan dari huruf a hingga z. Contohnya bisa kamu lihat gambar dibawah ini. 
  • File itu tersimpan di penyimpanan "file lainnya" yang tidak tahu dari mana asalnya. Biasanya "file lainnya" itu ukurannya sangat besar. Tergantung banyaknya aplikasi yang terpasang. Kamu hapus saja semua folder yang serupa dengan itu. 

3. Berkas Sampah Foto, Stiker Dan Video Yang Berasal Dari WhatsApp

Penyebab terkahir yang membuat memori hp kamu penuh bisa jadi karena aplikasi WhatsApp. Pasalnya aplikasi ini akan menyimpan seluruh media yang terkirim dan diterima di memori hp kamu. Apapun medianya itu akan masuk ke folder yang bernama whatsapp. 

Termasuk yang disimpan juga berupa status whatsapp yang ada di kontak kamu. Whatsapp akan menyimpan semua media yang pernah dibagikan di status whatsapp berupa foto, vidio maupun stiker. Mungkin kalau media yang ada di chat pribadi sudah tahu semuanya dan tahu cara menghapusnya. 

Tapi yang ini berbeda dengan masalah tersebut. Semua media yang di postingan status akan tersimpan di memori hp walaupun tidak muncul di album ataupun galeri. Di kasus seperti inilah banyak orang yang tidak tahu hal ini. Banyak orang yang menganggapnya sepele namun bisa berakibat besar bagi memori hp kamu.

Tapi sebelum kamu menghapus semua media yang di posting di status whatsapp, ada satu hal yang wajib kamu tahu. Yaitu semua media status whatsapp yang sudah terkirim (status kamu ataupun orang lain) tidak bisa dilihat kembali di aplikasi whatsapp. Jika dilihat statusnya, maka akan muncul tulisan "maaf, pengunduhan tidak dapat dimulai, file ini mungkin tidak ada di penyimpanan kamu".

Jadi resiko jika kamu menghapus semua media yang ada di status whatsapp, kamu tidak akan bisa lagi melihatnya di aplikasi whatsapp. Karena jika berkasnya dihapus, maka akan terhapus secara permanen dan keseluruhan dari hp kamu termasuk aplikasinya. 

Jadi intinya kalau ingin menghapus berkas ini, pastikan kamu sudah melihat semua status orang-orang yang ada di kontak kamu. 

Untuk cara menghapusnya cukup mudah dan simpel. Berikut adalah cara menghapus file sampah yang ada di aplikasi whatsapp.
  • Buka aplikasi file manajer.
  • Buka penyimpanan internal hp kamu.
  • Lalu carilah folder bernama whatsapp.
  • Buka folder yang ada di media whatsapp ini. 
  • Hapus semua folder yang tidak jelas atau media yang sudah tidak dipakai lagi. Untuk contohnya bisa lihat gambar berikut ini :
            
  • Selesai, semua file sampah yang ada di penyimpanan internal hp akan hilang dan memori akan terasa lebih luas dan lega.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghapus file sampah yang ada di memori internal hp kamu. Selain cara di atas ada cara yang lebih efektif untuk kamu coba. Namun caranya perlu bantuan sebuah aplikasi yang ada di play store. Download aplikasinya disini.

Tutorial ini saya praktikan langsung di Hp xioami saya. Dan hasilnya lumayan bisa mengurangi file sampah yang ada. Jika ingin menghapusnya dengan maksimal, kamu bisa download aplikasi di atas.

Semoga artikel ini bisa membantu mengurangi masalah yang kamu alami terkait penyimpanan internal yang penuh di hp xiaomi.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Memori Internal Hp Xioami MIUI12 Penuh"