Cara Mengatasi Bullying Pengertian Bullying Dan Jenis-Jenis Bullying

Ditahun 2023 ini, kita dihadapkan pada kelakukuan anak-anak yang semakin tidak terkontrol dan terjadi bullying di berbagai lini pendidikan Indonesia, selain itu, anak-anak zaman sekarang juga tidak takut dengan hukuman. Belum lagi, banyaknya anak-anak yang tidak berani melawan dan melaporkan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh temannya.

Menurut saya pribadi, anak-anak zaman sekarang itu harus mulai di edukasi lagi, tentang  Apa yg termasuk bullying? Dan harus memahami juga, apa dan  seperti apa bullying di sekolah? Agar anak-anak kita nantinya lebih bisa memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Cara Mengatasi Bullying Pengertian Bullying  Dan Jenis-Jenis Bullying

Kenapa kita sebagai orang tua harus benar-benar waspada terhadap tindakan dan perilaku bullying ini? Karena dampak bullying sangatlah nyata dan sangat berbahaya.

Maka dari itu, berangkat dari kekhawatiran saya pribadi tentang bullying. Saya membuatkan artikel khusus yang membahas tentang cara mengatasi bullying dan juga beberapa hal lainnya tentang bullying, seperti pengertian bullying dan juga jenis-jenisnya.

Pengertian Bullying

Pertama yang akan kita bahas, adalah pengertian Bullying. Apa itu Bullying? Yuk langsung simak dibawah ini, pembahasanya.

Pengertian bullying ini, saya dapatkan dari buku Cegah dan Stop Bullying sejak dini, karya Widya Ayu. Dalam buku itu, dijelaskan bawa Bullying berasal dari Bahasa inggris, yang memiliki makna orang yang menggangu yang lemah. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Bullying bermakna, mengusik, menggangu dan penindasan.

Secara umum Bullying, berarti penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat dan berkuasa, kepada orang lain dengan tujuan untuk menyakiti secara terus menerus.

Untuk kamu ketahui nih, kalau jenis-jenis bullying itu banyak sekali dan mungkin setiap tahunya akan semakin bertambah jenisnya. Untuk kamu yang belum mengetahui jenis-jenis bullying yang umum, berikut dibawah ini adalah jenis-jenis bullying yang biasa ditemui di sekolah.

  • Kontak Fisik Langsung
  • Kontak Verbal Langsung
  • Perilaku Nonverbal Langsung
  • Perilaku Nonverbal Tidak Langsung
  • Cyber Bullying
  • Pelecehan Seksual

Cara Mengatasi Bullying Pengertian Bullying  Dan Jenis-Jenis Bullying

Jadi, bagaimana cara mengatasai Bullying? Caranya sebenarnya, sangat mudah dan bisa dilakukan dirumah ataupun disekolah. Cara yang paling dasar yang biasa saya sampaikan ke anak-anak saya adalah, jangan pernah menjadi orang yang lemah, baik dari segi penampilan ataupun dari pergaulan.

Tapi, tentu banyak hal lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi tindakan bullying, khusus untuk kamu berikut dibawah ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi Bullying.

Tanggapi Kejadian Yang Dilaporkan Dengan Serius

Jika kamu seorang guru, atau wali murid dan mendapatkan laporan tentang bullying dari siswa yang kamu didik. Jangan anggap remeh dan segera tanggapi dengan serius. Hal ini, akan bisa menjadi efek jera bagi pelaku bullying dan menjadikan rasa aman untuk murid yang menjadi korban.

Hargai Dan Ucapkan Terima Kasih Kepada Siswa Karena Telah Melapor

Jangan pernah memandang rendah, siswa yang melaporkan tindakan bullying. Kamu harus menghargai keberanian dari siswa yang melaporkan tindakan bullying itu dan jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada siswa yang telah melapor.

Yakinkan Siswa Tersebut Bahwa Perundungan Terjadi Bukan Karena Salahnya

Jangan pernah membuat siswa yang menjadi korban bullying, menjadi lebih takut karena telah melaporkan tindakan bullying itu. Buat siswa yang melaporkan tindakan menjadi lebih tenang dan tunjukan kesan, kalau tindakan bullying itu terjadi bukan karena kesalahannya.

Tunjukkan empati.

Hal yang paling penting, dan wajib sekali untuk kamu lakukan adalah. Menunjukan rasa empati. Dan buatlah anak yang di bully itu, untuk bisa membela dirinya, dengan memberikan sugesti terbaik untuk bisa mengatakan tidak suka jika dikerjai atau dijahili oleh temanya.

Dalam Menyelesaikan Masalah,  Selalu Utamakan  Ketenangan

Sebagai tenaga pendidik, kamu pasti diharuskan untuk memberikan contoh yang baik. Dalam menyelesaikan masalah bullying. Kamu tidak boleh menintegorasi anak dengan cara menyalahkan, mengkritik, atau bahkan meneriaki didepan wajah mereka. Hal yang harus kamu lakukan adalah, mengutamakan ketenangan dan menghargai setiap kejujuran yang keluar dari korban, atau bahkan pelaku.

Ambil tindakan Terbaik

Jika masalah dirasa sudah menemui titik temu. Kamu harus segera mengambil tindakan untuk pelaku perundungan. Kamu bisa langsung memberitahu pelaku perundungan itu, lalu orang tuanya dan kemudian mempertemukan pelaku dengan orang tuanya, lalu sampaikan tindakan kamu terkait dengan pelaku perundungan itu, ke orang tuanya.

Demikian artikel dari saya tentang Cara Mengatasi Bullying Pengertian Bullying  Dan Jenis-Jenis Bullying. Nah, setelah kamu mengetahui tentang pengertian, jenis-jenis bullying dan cara mengatasinya. Semoga kamu bisa belajar banyak hal dan mampu menjadi pemutus rantai perundungan di sekolah yah!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Bullying Pengertian Bullying Dan Jenis-Jenis Bullying"