Terbaru, Kini Peruri Menghadirkan E-Materai dan Begini Cara Beli E-Materai!

Bukan hanya surat yang berpindah dari konvensional ke elektronik. Namun, kini materai pun sudah bermigrasi ke dalam bentuk elektronik dengan nama e-materai. E-materai hadir sebagai alat bukti hukum yang sah pada dokumen elektronik.

Lantas, bagaimana cara membeli e-meterai? Dan Dimana kita bisa membeli materai? Jika materai fisik dapat kita beli di took-toko ATK atau di kantor pos, sedangkan e-materai dibeli dengan cara online. Cara beli e-meterai kita dapat mengakses halaman website e-meterai.co.id. Selain itu, kamu ngak perlu ragu untuk keasliannya  karena Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang mengelola website-nya (e-materai.co.id).

Dari berita santer yang terdengar, e-materai ini biasa digunakan sebagai syarat seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). So, kalau kamu lagi ikutan daftar seleksi PPPK dan bingung beli e-meterai dimana, kamu bisa simak informasi dari artikel di bawah ini.

Terbaru, Kini Peruri Menghadirkan E-Materai dan Begini Cara Beli E-Materai!

Terbaru, Kini Peruri Menghadirkan E-Materai dan Begini Cara Beli E-Materai!

Sebelum membeli e-materai, kamu harus punya akun e-materai terlebih dahulu. Cara daftarnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama kunjungi link https://e-meterai.co.id.Lalu, klik tombol “Daftar”. Setelah itu, akan muncul pilihan: personal atau enterprise.

Kamu bisa memilih pengguna personal, jika memang e-materai yang akan digunakan untuk personal/pribadi/individu. Kamu bisa memilih enterprise jika memang diperuntukkan badan hukum/organisasi/instansi.

Selanjutnya, jika kamu memilih perorangan/individu, siapkan dan unggah KTP kamu. Lalu, isi data diri, seperti mengisi NIK dan alamat e-mail aktif. nama lengkap, NPWP, dan sebagainya. Jangan lupa buat password/kata sandi akun.

Lalu, klik tombol “Daftar”. Jika kamu pengguna enterprise, maka siapkan dan unggah TDP dan NPWP. Kemudian, isi semua data dengan benar, seperti data nama perusahaan, alamat e-mail aktif, password akun, NPWP, dan sebagainya.

Klik tombol  “Daftar”. Jika sudah mengisi semua data dan telah mengklik tombol daftar, selanjutnya mengecek e-mail yang terdaftar di e-materai. Tujuannya untuk aktivasi akun. Jika di kotak masuk email terdapat pesan dari e-meterai.co.id, maka buka pesan tersebut dan klik “Aktivasi Akun”.

Lalu, login di e-meterai.co.id dengan email dan password yang kamu daftarkan terdaftar di akun e-materai.co.id.

Kemudian, masukkan kode OTP yang dikirim melalui email. Voila! Kamu sudah bisa beli akun di e-materai.co.id.

Nah, kalau kamu sudah daftar akun di e-meterai.co.id, langkah berikutnya adalah membeli materai. Berikut ini cara membeli e-materai:

Langkah Pertama

Login terlebih dahulu dengan email dan password yang telah terdaftar di e-materai.co.id. Lalu, masuk ke menu pembelian dan masukkan jumlah nominal e-materai yang kamu butuhkan. Misal kamu hendak beli yang Rp10.000, maka masukkan Rp10.000.

Langkah Kedua

Kemudian, akan muncul tampilan metode pembayarannya dan informasi pemesanan. Di situ kamu bisa memilih metode pembayaran yang menurut kamu mudah dan sesuai yang kamu inginkan. Kalau pembayarannya sukses, akan muncul notifikasi di akun e-materai kamu yang menandakan bahwa kuota e-materai sudah ditambahkan.

Nah, untuk membubuhi e-materai, masuk ke menu pembubuhan, setelah itu isi data domumen yang ingin dibubuhi e-materai di kolom yang tersedia di sana. Lalu, unggah dokumen elektronik yang ingin kamu bubuhkan e-materai.

Pastikan dokumen yang diunggah berformat PDF dan tidak lebih dari 10 MB. Jika sudah terunggah, atur posisi e-materai-nya. Kalau baru pertama kali membubuhi e-materai, akan diminta membuat PIN sebagai autentikasi. Jika pembuatan PIN berhasil, kamu bisa klik lanjutkan dan dokumen akan ditinjau dan bisa kamu download setelah peninjauan berhasil.

Demikian artikel tentang cara daftar, cara beli, dan cara membububi e-materai pada artikel berjudul Terbaru, Kini Peruri Menghadirkan E-Materai dan Begini Cara Beli E-Materai! Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Terbaru, Kini Peruri Menghadirkan E-Materai dan Begini Cara Beli E-Materai!"