Menghitung 1 Meter Kubik Sama dengan Berapa Meter Persegi Pakai Asumsi

1 kubik hebel berapa meter,1 kubik kayu berapa meter,1 kubik pasir berapa meter,1 kubik tanah berapa meter,cara menghitung meter kubik,meter kubik ke meter persegi

bokban.my.id  1 Meter Kubik Sama dengan Berapa Meter Persegi - Mungkinkah menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi? Meter persegi merupakan pengukuran luas, lazimnya diaplikasikan untuk mengukur ruang dua dimensi misalnya bidang datar atau lantai. Anda bisa mengukur bagian bawah sofa dalam meter persegi, kemudian mengukur ruang tamu Anda dalam meter persegi untuk mengetahui apakah sofa tersebut muat. 

Apabila Anda cuma mempunyai penggaris dengan satuan feet atau unit non-metrik lainnya, Anda tetap dapat memakainya untuk menghitung luas, selanjutnya mengonversi menjadi meter persegi.

1. Menghitung Area dalam Meter Persegi

Pilih meteran yang sesuai misalnya penggaris kayu ukuran satu meter dengan sentimeter (cm) tertera di atasnya. Alat ini akan memudahkan untuk mengkalkulasi meter persegi, sebab dibuat dengan sistem pengukuran yang sama. Apabila Anda cuma memiliki penggaris dengan satuan feet (kaki) atau inci (In), tak mengapa mengukur dengan itu, sebab nanti bisa dikonversi menjadi meter persegi. 

Meter persegi adalah unit untuk mengukur area, atau ukuran objek dua dimensi seperti lantai atau bidang. Gunakan alat ukur Anda untuk mengukur satu sisi objek, dari satu sudut ke sudut lainnya. Tulis hasilnya. Jika bidang yang diukur melebihi 1 meter, ingatlah untuk menuliskan satuan meter dan sentimeter sisanya umpamanya didapatkan hasil 2 meter 35 sentimeter. Setelah panjang bidang datar diketahui ukurannya, selanjutnya adalah mengukur lebar. 

Pakai penggaris yang sama untuk mengukur lebar bidang tersebut. Sisi yang Anda ukur tersebut harus memiliki sudut mendekati 90º dari panjang bidang tersebut. Catat hasilnya. Umumnya, pengukuran tersebut tak akan persis berapa meter. Contohnya anda mendapatkan hasil panjang 2 meter 35 sentimeter. Berhubung 1 sentimeter = 0,01 meter, Anda bisa mengonversi hasilnya sebagai berikut 35cm = 0.35m, jadi 2m 35cm = 2m + 0.35m = 2,35m. Misalnya untuk lebar didapatkan hasil 1,8 m sehingga menghitung meter persegi adalah mengalikan 2,35m x 1,08m = 2,538 meter persegi (m2).

2. Menghitung Area dalam Meter Kubik

Masih menggunakan hasil perhitungan di atas untuk mengukur kamar dimana panjang = 2,35 m dan lebar 1,8 m. Sekarang kita akan mengukur berapa volume dari kamar Anda tersebut. Untuk itu masih dibutuhkan hasil pengukuran lain yaitu tinggi dari kamar tersebut. Anda telah mengukurnya dan mendapatkan hasil 2,75 m. 

Dengan demikian kita sudah bisa menghitung volume kamar dalam meter kubik yaitu dengan mengalikan 2,35 m x 1,8 m x 2,75 m = 6,98 m. Jadi volume atau bila kamar anda diisi dengan air hingga penuh akan membutuhkan 6,98 meter kubik air.

3. Mengkonversi 1 Meter Kubik Berapa Meter Persegi

Sudah jelas jika Meter Kubik adalah pengukuran untuk volume dan Meter Persegi adalah pengukuran untuk luas sehingga keduanya tak bisa dikonversikan. Dalam prakteknya di kehidupan sehari-hari pun mungkin sangat jarang yang menghitung meter kubik ke meter persegi. 

 Ketika membeli pasir untuk kebutuhan membangun rumah, satuan yang digunakan adalah meter kubik dan bukan meter persegi. Asumsi yang kita pakai satu meter kubik pasir berapa meter persegi pasang bata? 1 m kubik pasir dapat berapa meter persegi pasang bata? 

jawabanya cukup rumit karena faktor mesti kita pertimbangkan adalah ; pasir kasar atau halus, tebal, volume berbeda dan bahan kosentrat terdiri dari apa saja misal pasir, koral semen dan air atau pasir, batu kapur, semen maka  hasil luas per meter persegi nya pun akan berbeda. Secara asumsi dan pengalaman kebutuhan pasir per meter pasang bata adalah 0,05 meter kubik pasir per meter persegi dinding (pasang bata).

Contoh bila dinding 4 m x 4 m = 16 m persegi maka 16 x 0,05 = 0,8 kubik pasir yang di butuhkan atau setara satu meter kubik pasir dengan asumsi adukan 1 : 5.

Pun demikian ketika membeli bata ringan atau hebel akan digunakan satuan meter kubik. Memang untuk bata ringan atau batu bata terkadang ada yang menghitung 1 meter kubik bisa untuk membangun tembok berapa meter persegi. Ini tentu tergantung ukuran hebel. Hebel dengan ketebalan 10 cm untuk 1 meter kubik = 111 buah. Dari hasil perhitungan 1 meter kubik hebel akan bisa digunakan membuat dinding seluas sekitar 83 meter persegi.

Post a Comment for "Menghitung 1 Meter Kubik Sama dengan Berapa Meter Persegi Pakai Asumsi"