Informasi Terbaru Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi

harga borongan bangunan per meter 2022,harga borongan cat per meter,harga borongan pasang keramik tangga,harga borongan rumah 2 lantai,harga borongan rumah 2 lantai per meter

bokban.my.id  Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi - Daftar harga borongan bangunan per meter persegi tentunya menjadi hal yang penting bagi semua orang yang akan melakukan proses pembangunan rumah dengan memanfatakan bantuan tukang borongan, kuli borongan, dan juga pekerja bangunan borongan. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pemberian gaji nantinya. Sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

borongan tenaga bangun rumah

Bagi Anda dengan rencana pembangunan rumah atau yang ingin melakukan renovasi rumah, berikut adalah ini beberapa informasi mengenai harga borongan bangunan per meter persegi   untuk berbagai jenis pekerjaan pembangunan rumah. Upah dari harga borongan tentunya harus sesuai dengan harga pasaran borongan tenaga kerja di Indonesia. 

Pengertian Sistem Borongan

Mengambil pembangunan bangunan dengan menggunakan sistem borongan tentunya bisa Anda jadikan alternatif dsebagai cara tercepat menghasilkan rumah idaman Anda. Namun didalam rencana pembangunan ini, hal yang terlebih dahulu Anda lakukan adalah dengan mencari mandor yang bisa dipercaya. Sehingga Anda tidak dirugikan apabila salah memilih mandor. Biasanya sistem borongan bangunan dilakukan dalam proses pembangunan musholla, apartemen serta perumahan skala besar ataupun kecil. 

Melakukan pembangunan dengan sistem borongan dipercaya bisa mengirit atau menghemat biaya pembangunan bangunan Tentunya, sebelum melakukan pembangunan bangunan, baik itu rumah atau pun bangunan lainnya, tentunya Anda tahu bagiamana konsep yang akan Anda bawa dalam proses pembangunan tersebut. Sehingga Anda tidak mengalami kerugian dan juga kebingungan saat melakukan pembangunan ataupun renovasi rumah nantinya.

daftar harga borongan bangunan

Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah harga borongan bangunan per meter persegi 2019 yang nantinya akan diterapkan saat pembangunan rumah. Untuk itu, berikut detail dari pembangunan rumah dengan menggunakan sistem borongan. Pembangunan bangunan utama sekitar 500.000 - 1.000.000 per meter perseginya tergantung kerumitan, bentuk desain tingkat atau tidak dan kontur tanah serta kontruksi cor. Untuk pembangunan Bouwplank, adapun biaya yang perlu dipersiapkan sekitar 16.500 per meter perseginya. Pekerjaan dalam hal pemasangan pagar diaptok dengan harga 25.000 untuk tiap meter perseginya. Sedangkan pembersihan lokasi sekitar bangunan adalah sekitar 5000 per meternya. 

Selain hal diatas, Anda juga akan memerlukan biaya untuk penggalian tanah yang akan digunakan untuk pondasi yang dipatok dengan harga 63.000 per meter kubiknya. Pemasangan batu kali yang akan dipatok dengan harga 93.000 per meter kubiknya. Misalnya untuk mem-plester dinding borongan 15.000 - 30.000 tergantung perjanjian di aci licin atau plamir biasa. Dan masih banyak lagi biaya-biaya lain yang akan Anda keluarkan nantinya. 

Perbandingan Ongkos Tukang harian

1. Kepala Tukang gaji harian bervariasi 150.000 - 300.000 , sesuai dengan perbandingan UMR dan upah yang telah berlaku umum di daerah masing-masing.

2. Tukang gaji harian 100.000 - 200.000

3. Pekerja Biasa atau kernet 80.000 - 150.000

Cara menentukan Borongan Bangunan Per Meter Persegi

  • Wajib membuat dan menentukan perjanjian kerja serta sistem pembayaran upah di tanda tangani di atas materai
  • Memilih tim kerja yang profesional, bertanggung jawab dan handal.
  • Mengetahui track record tim kerja tersebut
  • Sangat penting sekali melibatkan ahli desain, kontruksi dan atau insinyur sipil pada saat pelaksanaan dan pengawasan harian.
  • Pemilihan bahan pendukung yang terukur dan sesuai semisal papan cor, kayu atau pun craffolding.

Itulah sedikit informasi tentang harga borongan bangunan per meter persegi yang dilengkapi dengan beberapa tarif upah atau gaji dari pekerja borongan bangunan di tahun ini. Dalam melakukan proses pembangunan borongan, Anda wajib melihat sisi keuangan yang Anda miliki. Karena kita tahu bahwa dengan menggunakan system ini, uang yang akan dikeluarkan akan langsung habis pada waktu tersebut. Perlu juga memiliki uang tambahan yang bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dadakan dalam proses pembangunan rumah borongan Anda. itulah Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi semoga bermanfaat ya..

Post a Comment for "Informasi Terbaru Harga Borongan Bangunan Per Meter Persegi"