Jarak Tanam Pohon Karet Yang Ideal, Sangat Mempengaruhi Kuantitas Getah

bokban.my.id, Jarak Tanam Pohon Karet Yang IdealPohon karet merupakan pohon yang bisa menghasilkan getah karet / lateks. Menanam pohon karet bisa menjadi matapencaharian bagi petani karet.

tanaman karet,ciri ciri pohon karet banyak getahnya,bibit karet super,jenis bibit karet yang banyak getahnya,cara membuat pohon karet banyak getahnya,bibit karet daun lima,jenis-jenis bibit karet,

Hasil produksi karet

Petani karet akan menyadap pohon karet yang sudah berumur sekitar 5 - 7 tahun tergantung pada bibit dan perawatan kebun itu sendiri.

Petani karet biasa menanam pohon karet secara teratur atau berbaris dengan rapih sehingga mempermudah saat penyadapannya nanti.

Dengan penanaman yang secara teratur dan rapih bukan hanya mempermudah saat penyadapan tetapi juga dalam urusan merawat lahan perkebunan karet sehingga sangat mempermudah pekerjaan petani karet.

Selain itu penanaman yang teratur dan rapih akan menambah keindahan dari lahan tersebut sehingga pemandangan mata tidak bosan.

Jarak Tanam Pohon Karet Yang Ideal

Menanam pohon karet juga memeperhatikan jarak antar pohon yang lain supaya bisa menghasilkan getah yang diharapnya.

Jika menanam pohon karet terlalu rapat atau kerap dapat membuat pohon karet sulit berkembang sehingga pertumbuhan menjadi tidak maksimal.

Namun juga jika menanam terlalu jarang akan mengurangi jumlah pohon karet dalam lahan. sehingga pohon karet menjadi sedikit.

Lalu berapa jarak yang idealnya menanam pohon karet...?

Menurut pengalaman admin sebagai petani karet jarak yang ideal itu antara 4 x 4 meter atau 4 x 5 meter.

Jika dibawah itu menurut admin terlalu rapat yang membuat pohon karet sulit berkembang dan pertumbuhan pohon menjadi tidak normal.

Penanaman pohon karet yang terlalu rapat membuat ranting / daun pohon karet akan bertabrakan sebelum pertumbuhannya yang optimal, sehingga pertumbuhan tidak maksimal.

Selain itu penanaman pohon karet yang terlalu rapat membuat akar pohon karet bertabrakan yang menimbulkan perebutan makanan dan nutrisi sehingga pohon karet menjadi kerdil.

Jika jarak penanaman dilakukan dengan ideal akan membuat pertumbuhan pohon karet menjadi optimal sehingga pohon karet bisa menghasilkan getah karet yang banyak.

Nah itulah jarak tanam pohon karet yang ideal menurut pengalaman admin sendiri di daerah Sumatera Selatan, jika ingin mengetahui informasi seputar kebun karet bisa mengunjungi www.bokban.my.id ya.

Post a Comment for "Jarak Tanam Pohon Karet Yang Ideal, Sangat Mempengaruhi Kuantitas Getah"