Macam-Macam Alat Kerja Tukang Kayu Tradisional

Alat pertukangan kayu manual

Alat pertukangan kayu manual - Alat-alat yang tradisional ternyata belum ditinggalkan oleh sebagian para tukang kayu karena dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara ekonomis. Peralatan tradisional yang murah belum tentu menghasilkan barang atau benda yang kurang berkualitas akan tetapi justru menuntut kemahiran tukang untuk menghasilkan pekerjaan yang bagus dan rapi. 

Alat pertukangan kayu manual

Apa alat yang digunakan untuk memotong kayu? handsaw adalah alat yang digunakan untuk memotong kayu dalam ukuran yang telah ditentukan. Gergaji tangan terbuat dari bahan baja tipis berkualitas tinggi dengan panjang 200mm hingga 300mm dengan jarak antara puncak gigi 0,8mm hingga 1,8mm. Lalu, apa saja jenis peralatan tukang tradisional tersebut? Berikut ini kami rangkumkan informasi beberapa alat kerja tukang kayu tradisional. 

Palu

Palu merupakan alat yang sangat familiar bagi sebagian orang, akan tetapi bagi seorang tukang kayu merupakan suatu alat yang harus di miliki. Hal tersebut dikarenakan alat ini bisa digunakan untuk memaku dan membuat garis di bagian sisi-sisi kayu. Pembuatan garis pada sisi kayu menggunakan palu dapat dilakukan dengan menempelkan bagian ujung paku kemudian didorong menggunakan palu mengikuti sisi-sisi kayu sehingga akan terlihat bekas goresan ujung paku yang runcing.

Amplas

Amplas yang tradisional masih dibutuhkan oleh para tukang kayu meskipun ada mesin amplas yang modern. Hal ini berfungsi untuk memperhalus bagian-bagian kayu secara detail dan bagian-bagian yang kecil yang susah dijangkau oleh mesin amplas modern. Mesin amplas ini juga berfungsi untuk menghaluskan permukaan alat atau benda-benda di dalam rumah yang dapat mengakibatkan luka atau goresan.

Kampak

Alat kerja tukang kayu ini memiliki fungsi untuk memukul ataupun memotong, serta dapat digunakan sebagai pembelah kayu yang bagus. Ketajaman pada mata kampak akan mempermudah tukang kayu ataupun yang lain dalam membelah kayu yang biasanya masih berukuran besar. Besi yang ada pada kampak bisa digunakan untuk memukul benda-benda yang keras, dan lainnya. Kampak lebih berguna bagi orang-orang desa yang menggunakan bahan bakar berupa kayu karena akan memudahkan memotong dan membelah hingga ke bentuk yang kecil-kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam tungku pembakaran.

Gergaji

Gergaji dapat membantu para tukang dalam membelah kayu yang bentuknya panjang. Saat ini banyak gergaji yang modern akan tetapi para tukang masih memilih gergaji tradisional karena lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan gergaji yang modern. Gergaji yang tradisional mudah dipakai tanpa prosedur tertentu dan dapat di tentukan arah pemotongannya sesuai dengan arah gerakan tangan para tukang. Penggunaan gergaji tradisional juga tidak rentan terkena luka karena dapat dikendalikan secara langsung oleh tangan.

Itulah beberapa ulasan macam-macam alat kerja tukang kayu tradisional, akan tetapi juga masih ada banyak yang lain yang bisa mempertajam alat-alat pemotongan seperti asahan atau gerinda dan kikir. Gerinda merupakan alat pengasah untuk kapak, tatah, dan parang. Sedangkan kikir digunakan untuk mempertajam gigi pada gergaji sehingga enak untuk dipakai. Semoga bermanfaat dan dapat membantu memperluas wawasan Anda.

Post a Comment for "Macam-Macam Alat Kerja Tukang Kayu Tradisional"