Mengetahui Pentingnya Penggunaan Alat Service AC Slit atau AC Split

Komponen-komponen ac split

Alat Service AC Slit atau AC Split - Menggunakan alat service ac slit untuk memperbaiki AC tentunya sangat diperlukan. Peralatan yang digunakan untuk service AC dapat kita gunakan apabila kita mengetahui fungsi dari alat service tadi. Dengan menggunakan peralatan service untuk AC yang lengkap tentunya hasil service kita akan memuaskan. Sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan nantinya. 

Komponen-komponen ac split

Meliputi apa saja peralatan untuk perawatan dan perbaikan pada AC split? Berikut ini Adalah Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memperbaiki AC seperti Thermometer, Peralatan Cuci AC, Pemotong Pipa, Las, Dental Mirror dan Magnet Set, Pompa Vakum, Refrigerant atau Freon.Bagaimana cara mengisi kembali freon di sistem AC? Lakukan pengisian freon pada saluran hisap atau suction ( S / L ) yang terdapat pada kompresor AC. Pasang manifold gauge, lalu buka kran tabung freon dan tutup rapat kran saluran tinggi. Buka kran tekanan rendah perlahan-lahan agar freon yang masuk ke dalam saluran kompresor AC berupa gas. 

Hal Penting yang Harus Diketahui Teknisi Dalam Menservice AC

Ada beberapa hal yang wajib teknisi tahu sebelum mereka menservice AC yang rusak. Karena apabila mereka sembrono, bisa-bisa AC malah makin parah kerusakannya. Adapun beberapa hal penting yang harus diketahui oleh teknisi AC, diantaranya adalah saat memperbaiki AC, teknisi harus tahu bagian mana yang mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga harus memilih dan menggunakan berbagai alat service ac slit dengan tepat.

Tak hanya itu saja, menjaga pendingin agar selalu bersih dan juga kering saat proses pengerjaannya juga sangat penting. Bahkan, selalu menjaga keselamatan diri mereka dalam bekerja pun harus diutamakan. Nah, setelah hal-hal tadi, ada beberapa alat service AC komplit yang umumnya selalu digunakan oleh teknisi AC. Alat-alat tersebut adalah:

Peralatan untuk Cuci AC

Alat untuk menyuci AC umumnya terdiri menjadi tiga bagian. Yang mana bagian-bagian tadi mempunyai ciri dan fungsi sendiri-sendiri. Sebut saja pada bagian jet pump (yang digunakan untuk mencuci unit dari AC indoor atau evaporator dan juga outdoor condenser). Bagian plastik steam dari AC yang digunakan untuk melindungi dan mengalirkan air bekas cucian AC. Dan juga bagian ember yang digunakan untuk menampung bekas air cucian AC

Thermometer

Merupakan alat service AC yang berfungsi sebagai pengukur suhu. Kerja yang ada pada thermometer ini ada pada efek pemuaian serta penyusutan air raksa. Sedangkan thermometer model yang bekerja secara digital tidak memanfaatkan air raksa, namun ada sensor panas yang ditampilkan dengan digit angka.

Gauge Manifold

Merupakan jenis alat service ac slit yang digunakan mengukur berbagai tekanan pada sistem AC dan juga Refrigerator saat adanya pengisian. Hal yang bisa Anda lihat dari Gauge Manifold merupakan aneka tekanan evaporator dan juga tekanan kondensor pada setiap kompresor. Ada dua jenis Gauge manifold yang harus Anda ketahui. Yaitu gauge manifold dengan dua laluan serta gauge manifold dengan empat laluan.

Kedua jenis alat servise ac terbaru harga murah ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama. Sebut saja gauge manifold yang memiliki dua sisi yang memiliki tekanan rendah serta sisi yang bertekanan tinggi. Setiap sisi tadi dihubungkan pada sisi isap serta keluaran kompresor dengan bantuan selang penghubung atau hose.

Demikian informasi mengenai alat service ac slit terbaru yang bisa kita bahas pada ulasan ini. Dengan menggunakan alat service AC ini, tentunya Anda akan sangat terbantu untuk memperbaiki AC yang bermasalah ataupun AC yang sedang rusak. Dan, akhir kata terima kasih dan sampai jumpa pada ulasan berikutnya.

Post a Comment for "Mengetahui Pentingnya Penggunaan Alat Service AC Slit atau AC Split"