Alat Alat Tukang Listrik yang Wajib Diketahui

Alat instalasi listrik

Alat Alat Tukang Listrik - Listrik merupakan suatu kebutuhan untuk mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya listrik, maka beberapa industri akan mengalami suatu hambatan sehingga kebutuhan manusia pun tidak tercukupi. Semestinya Anda juga perlu tahu tentang alat alat tukang listrik agar dapat mengatasi masalah kecil terkait dengan listrik yang sering terjadi sehingga Anda dan keluarga dapat menjalankan aktivitas dengan lancar. 

Alat instalasi listrik

Apa saja alat-alat listrik? untuk Alat Alat Tukang Listrik yang Wajib Diketahui seperti Stop Kontak, Saklar Listrik, Steker Listrik, Kepala Steker, Meteran Listrik, Fitting Lampu, Kabel Listrik, Pengaman Listrik tersebut Peralatan listrik jenis yang sering kita gunakan sehari hari. Untuk itu, berikut ini kami sajikan ulasan mengenai beberapa alat tukang listrik yang wajib Anda tahu dan Anda miliki.

Volt meter

Volt meter merupakan salah satu alat alat tukang listrik yang biasanya digunakan dalam mengukur suatu besaran tegangan atau beda potensial listrik diantara dua titik pada suatu rangkaian listrik yang memiliki arus listrik. Alat ini mampu digunakan untuk mengukur jumlah atau adanya tegangan yang dapat masuk pada suatu rangkaian, dan biasanya sering dimanfaatkan oleh teknisi elektronika.

Ampere meter

Alat ini difungsikan sebagai alat untuk mengukur ampere meter pada suatu rangkaian elektronika. Ampere meter memiliki cara kerja dengan cara menderetkannya dengan kata lain memasang komponen secara seri pada suatu penghantar. Biasanya alat ini bisa bekerja secara maksimal apabila dipasang pada bagian ujung penghantar. Ampere meter biasanya dipasang pada jet ump ataupun panel box.

Frekuensi Meter

Alat ini digunakan sebagai pengukur frekuensi yang bisa masuk ke dalam beban atau disebut rangkaian. Frekuensi hanya bisa bekerja di arus listrik yang AC sedangkan DC atau direct curret tidak mempunyai frekuensi. Frekuensi dapat diartikan sebagai jumlah gerakan per detik. Sebenarnya pada arus listrik AC bekerja seperti berkedip-kedip akan tetapi gerakan yang cepat terjadi sehingga semua terlihat tidak berkedip.

OHM meter

OHM meter ini memiliki fungsi sebagai pengukur hambatan atau tahanan pada suatu rangkaian. Biasanya dimanfaatkan untuk mengetahui rangkaian satu dengan yang lain tersambung atau tidak. Para teknisi listrik sangat bergantung karena dapat memperlancar kinerjanya dan bisa mengatasi solusi. Pemakaian OHM meter ini bisa dilakukan dengan meletakkan jarum ukur satu menuju ujung satu sedangkan jarum ukur dua menuju ujung yag lainnya.

Watt meter

Alat ini sangat berguna dalam pengukuran daya yang dapat dihasilkan oleh suatu komponen. Biasanya hitungan watt dimanfaatkan para pegawai PLN untuk mengecek daya yang telah dikeluarkan pada suatu rumah. Watt akan menjadi pedoman apabila Anda ingin mengambil suatu alat ataupun komponen. Watt ini sangat berpengaruh dalam menentukan biaya pengeluaran listrik.

Itulah beberapa alat alat tukang listrik yang wajib diketahui dan dimiliki. Penggunaan listrik sebaiknya dilakukan secara efektif atau pun efisien sehingga tidak terjadi pemborosan. Apabila terjadi pemborosan, tidak hanya Anda yang terkuras ekonominya akan tetapi juga akan merugikan negara karena pasokan listrik dapat berkurang.

Post a Comment for "Alat Alat Tukang Listrik yang Wajib Diketahui"