Harga Kain Batik Murah per meter yang Bagus

harga kain batik per meter,harga kain batik per meter,harga kain batik per meter yang bagus,harga kain batik per roll,kain batik meteran murah,kain batik per meter berapa,kain batik tulis,harga kain

bokban.my.id  Harga Kain Batik Murah per meter yang Bagus - Tahukah Anda bahwa semenjak 2 Oktober 2009, batik telah ditetapkan Unesco sebagai salah satu dari kekayaan budaya dunia? Kita sebagai bangsa Indonesia tentu bangga memiliki batik. Pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal tersebut sebagai hari batik nasional. Beberapa motif batik sangat terkenal hingga mancanegara seperti : motif parang, motif keris, motif pedang, motif barong, motif kawung, dan masih banyak lagi. Harga kain batik biasanya bervariasi tergantung dari kualitas bahan dan kerumitan motif.

Batik berasal dari gabungan kata bahasa Jawa "amba" dan "titik". Amba artinya menulis sementara titik artinya titik. Membatik adalah kegiatan menulis titik-titik di selembar kain menggunakan pewarna khusus. Kegiatan membatik sendiri dimulai dari Nyungging (mendesain pola di atas kertas), Njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), Nglowong (menempelkan malam ke kain), Ngiseni (menambahkan motif isi), Nyolet (memberikan warna bagian tertentu), Mopok (menutup bagian yang dicolet), Ngelir (mewarnai kain keseluruhan), Nglorod (mencairkan lapisan malam), Ngrentesi (menambahkan cecek atau titik di klowongan atau lubang), Nyumri (menutup kembali bagian tertentu), Nyoja (mencelupkan kain ke bagian tertentu dengan malam) dan Nglorod Akhir (tahap mencairkan lapisan malam keseluruhan).

jenis kain batik dan harganya

Membatik adalah aktifitas yang dilakukan para wanita Jawa di zaman dahulu. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang berkelas. Tiap daerah memiliki corak batik yang bermacam-macam. Keragaman corak batik tersebut muncul disebabkan pengaruh budaya, seni dan lainnya. Setidaknya terdapat tiga teknik membatik yaitu membatik cap, membatik tulis dan membatik lukis. Batik kini sudah berkembang dengan sangat pesat dengan banyaknya kreasi dan inovasi dalam hal desain, corak maupun aplikasi penggunaan. Kini batik tidak cuma untuk bahan pakaian semata namun sudah mulai melebar menjadi kerajinan sepatu, tas, dompet dan beberapa aksesoris lain.

Melengkapi informasi tentang batik, berikut adalah informasi terkini harga kain batik yang dijual per meter, per lembar dan juga per rol. Harga kain batik murah per meter dijual mulai Rp.35.000. Sementara harga kain batik dalam bentuk lembaran berukuran 210 x 110 cm dijual mulai Rp.60.000. Harga kain batik katun per meter ditawarkan beberapa penjual di situs belanja online mulai dari Rp.17.500. Harga kain batik per roll kualitas halus dijual Rp.1,4 juta dimana 1 roll panjangnya 60 yard atau 54 meter.

Ketenaran kain batik memang kian melejit sehingga makin banyak perusahaan yang mencoba menjiplak batik hasil karya perajin. Untuk menentukan perbedaan antara keduanya tentu bukan perkara gampang khususnya bagi mereka yang bukan ahli. Ini sering dialami utamanya para kaum muda yang tak bisa membedakan antara batik cetak, batik cap, dan batik tulis. Macam teknik membatik pun belum banyak yang paham sehingga mereka pun tak dapat membedakan ketiganya bila dijejerkan.

Batik tulis tentu harganya jauh lebih mahal dibanding batik cap. Sementara batik cetak adalah jenis batik yang murah. Meskipun harga dapat sebagai acuan dalam membedakan jenis batik namun tentu bukan itu saja yang dipegang para pembeli. Tak setiap batik dengan harga mahal adalah batik tulis yang dibuat perajin. Menggunakan teknologi saat ini, hasil cetak kain sudah bisa menghasilkan produk yang menyerupai batik tulis. Jika pada masa lalu batik printing bisa dikenali dengan di balik kain yang polos, namun kini sudah ada produk batik printing yang gambarnya bolak balik.

Hanya saja, jika dicermati lebih dekat, motif batik cetak seringnya nampak lebih kaku ketimbang batik cap dan batik tulis. Utamanya untuk batik tulis, jelas nampak lebih halus untuk gambar motifnya, tak kaku sama sekali sebab melalui proses manual dengan sentuhan tangan manusia. Untuk batik cap biasanya akan ada satu pola yang mengalami perulangan. Jika menjumpai batik tulis yang mempunyai pola diulang-ulang, jika dilihat dari dekat satu sama lain mempunyai bentuk berbeda. Sementara untuk batik cap, kalau diperhatikan dari dekat memiliki pola dasar yang sama.

Sementara batik tulis nampak cenderung kasar garisnya atau tak teratur. Jika memperhatikan motif daun pada batik tulis akan memiliki garis yang tak rata. Akan tetapi inilah kekhasan batik tulis, tak ada kembarannya dan betul-betul asli karya perajin. Pilihan sepenuhnya tergantung kepada pembeli. Baik mengenakan batik cap, batik tulis atau batik cetak tetap sama-sama ikut andil melestarikan budaya bangsa Indonesia. Hanya saja penjual pun harus jujur, jika memang itu batik cap yang katakan apa adanya. Harga pun harus menyesuaikan dengan jenis batiknya. Harga batik tulis mahal karena memang kualitasnya yang unggul, proses pengerjaan lama dan sebagai tanda penghargaan bagi para perajin batik.

Post a Comment for "Harga Kain Batik Murah per meter yang Bagus"