Memasang Lazy Load Iklan MGID di Blog Untuk Mempercepat Loading Blog


Gambar Cara Memasang Script Lazy Load Iklan MGID di Blog Untuk Mempercepat Loading Blog
Cara Memasang Script Lazy Load Iklan MGID di Blog Untuk Mempercepat Loading dan Performa Blog - Sebagai seorang blogger, pasti selalu menginginkan hal yang terbaik untuk blog yang dimilikinya serta menjadikan blog sebagai sumber penghasilannya secara rutin.

Salah satu cara supaya blog menjadi sumber penghasilan adalah dengan memasang iklan atau menjadi seorang publisher dari berbagai jaringan periklanan yang ada di internet sekarang ini.

Contohnya seperti jaringan periklanan MGID yang merupakan jaringan periklanan terbesar dan terpopuler setelah Google Adsense. Pasti kamu juga sudah tahu dengan MGID ini, kan? MGID biasanya dimanfaatkan oleh para blogger yang ingin mencari penghasilan tambahan atau bagi blogger yang sulit di terima oleh Adsense.

Karena memang faktanya, sebagian blogger mengatakan bahwa MGID lebih mudah mengajukan pendaftaran sebagai publisher dibandingkan dengan Google Adsense.

Walaupun disisi lain penghasilan kamu bertambah dengan adanya iklan dari berbagai platform, pastinya kualitas blog kamu juga akan semakin menurun dari sisi loading. Karena semakin banyak iklan yang kamu pasang dalam blog, tentunya script tersebut akan menopang posisinya dalam blog sehingga loading akan semakin berkurang.

Seperti yang kamu ketahui, bahwa loading blog merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan dan harus dipertimbangkan pada setiap blog. Google akan selalu mengutamakan blog dan website yang memiliki kecepatan loading dan performa yang baik untuk diakses oleh calon pengunjung.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi penghambatan loading dan penghasilan kamu di blog, yaitu dengan cara mengoptimalkan seluruh iklan yang kamu pasang di blog menggunakan lazy load. Pasti kamu juga sudah tahu dengan istilah lazy load ini, kan.

Lazy load adalah salah satu fitur luar biasa yang dapat meningkatkan performa loading blog kamu. Kalau kamu mendengar dan memahami istilah lazy load itu hanya pada gambar dan iklan Adsense saja, kamu salah besar. Karena lazy load itu ternyata bisa kamu asumsikan dengan hal lainnya yang ada dalam blog. Misalnya seperti lazy load pada iklan MGID yang akan kita bahas ini.

Kenapa Sih Harus Pasang Lazy Load Iklan MGID?

Pasalnya, script iklan MGID yang kamu pasang ke dalam blog kamu itu tergolong cukup berat dan terutama script iklan dari Google Adsense. Kode tracking awal pendaftaran saja sudah sangat berpengaruh terhadap performa loading blog, apalagi dengan script iklannya. Pasti akan sangat berat dan ditambah lagi dengan script iklan dari MGID.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini agar kualitas, performa loading dan SEO blog tidak berkurang, yaitu dengan cara memasang script lazy load ini pada iklan MGID yang kamu pasang di blog.

Cara kerja dari script lazy load MGID ini juga mirip dengan lazy load pada umumnya. Yaitu menunda pemuatan sebagian script pada blog hingga user melakukan aktifitas scroll down atau scroll up (menggulir halaman blog ke atas atau ke bawah).

Apakah Lazy Load Iklan MGID Ini Berpengaruh Buruk Pada Penghasilan?

Mungkin saja bisa. Karena script lazy load ini berfungsi untuk menunda pemuatan sebagian script dan akan dimuat kembali setelah user menggulir halaman ke atas dan ke bawah.

Itu artinya, jika user yang membuka halaman blog kamu dalam waktu kurang dari 2 hingga 3 detik namun tidak melakukan scroll, otomatis iklan MGID tidak akan muncul dan ini akan mengurangi nilai impression atau tayangan iklan.

Namun ini bukan masalah yang besar. Karena saya yakin sebagian user yang masuk ke blog kamu pasti akan melalukan scroll walaupun hanya sekali atau dua kali saja.

Jadi menurut kamu gimana, tetap mengutamakan performa loading blog atau lebih mengutamakan penghasilan tapi mengorbankan performa loading blog kamu? Kalau kamu memilih untuk mengutamakan performa loading dengan memasang lazy load MGID di blog, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Memasang Script Lazy Load Iklan MGID Di Blog Untuk Mempercepat Loading Blog

  1. Buka dashboard blogger kamu
  2. Masuk ke menu ThemeEdit HTML
  3. Kemudian taruh JavaScript dibawah ini tepat di atas atau sebelum tag </body>
    <script>
    //<![CDATA[
    var lаzуmgіd=!1;wіndоw.аddEvеntLіѕtеnеr("ѕсrоll",funсtіоn(){(0!=dосumеnt.dосumеntElеmеnt.ѕсrоllTор&&!1===lаzуmgіd||0!=dосumеnt.bоdу.ѕсrоllTор&&!1===lаzуmgіd)&&(!funсtіоn(){vаr e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://jsc.mgid.com/f/p/dzuhalah.my.id.#######.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazymgid=!0)},!0); 
    //]]>
    </ѕсrірt>
    Ganti tulisan yang di mark dengan link iklan MGID milik kamu
  4. Setelah itu klik simpan dan kembali ke dashboard
  5. Masuk ke menu Layout atau  Tata LetakTambahkan Widget HTML/JavaScript di bagian yang kamu inginkan untuk menampilkan iklannya
  6. Lalu taruh kode atau script iklan MGID kamu. Contoh script iklan seperti ini :
    <div id="M******ScriptRootC******"></div>
    <script ѕrс="https://jsc.mgid.com/f/p/dzuhalah.my.id.######.js" async></script>
  7. Sampai di tahap ini sudah selesai memasang script lazy load untuk iklan MGID di blog. Sebagai pengingat, jangan lupa menambahkan file ads.txt dari MGID ke blog kamu. Contoh file ads.txt  :
    mgid.com, kode mgid, DIRECT, kode ads.txt mgid
    Ganti tulisan yang di mark dengan kode ads.txt MGID kamu
  8. Klik simpan dan uji coba hasilnya di Page Speed Insight
Cara ini juga saya gunakan sendiri di blog yang sedang kamu kunjungi ini. Dan hasilnya memang berfungsi dengan baik sesuai harapan saya. Kecepatan loading blog ini menjadi lebih cepat.

Nah, itulah tutorial singkat cara memasang script lazy load iklan MGID di blog blogger yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Kalau masih bingung tanyakan di kolom komentar.
Cindy
Cindy NOTHING!!!

3 comments for "Memasang Lazy Load Iklan MGID di Blog Untuk Mempercepat Loading Blog"

  1. Mantap om...loading jadi ijo lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke SETELAN > (scroll kebawah) ADS.TXT CUSTOM > Masukin Ads.txt MGID

      Delete

Tulislah komentar unik, jelas dan tidak mengandung LINK AKTIF atau PROMOSI.