Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri di Semua Hp Android

Gambar Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri di Semua Hp Android
Penyebab Bluetooth Hidup Sendiri/Tidak Bisa di Matikan dan Cara Mengatasinya Terbaru - Hingga saat ini, bluetooth merupakan salah satu fitur perangkat device yang cukup penting dan sering digunakan. Umumnya bluetooth sering digunakan untuk mengirim dan menerima file-file juga data-data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Meskipun berguna, namun sayangnya fitur bluetooth ini terkadang sering aktif atau hidup sendiri walaupun sudah kita matikan. Hal ini bisa saja menjadi masalah yang sangat menggangu dalam beberapa aktivitas keseharian kita saat menggunakan ponsel kan. Contohnya ketika saat bermain game online atau menjalankan aplikasi lainnya yang bisa mengganggu jika bluetooth dihidupkan.

Mungkin kamu juga pernah atau sedang mengalami masalah yang seperti ini. Ada beberapa hal sebenarnya yang menyebabkan bluetooth di ponsel kamu bisa hidup sendiri dan tidak bisa di matikan. Dan walaupun bluetooth tersebut kamu matikan juga tetap akan hidup kembali.


Biasanya masalah yang seperti ini terjadi pada pengguna yang sering mengotak-atik pengaturan smartphone mereka tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang dirubah. Contohnya seperti bluetooth ini yang banyak dialami sekarang ini.

Di artikel kali ini saya akan memberikan tutorial dan tips untuk mengatasi masalah bluetooth yang tidak bisa dimatikan atau hidup sendiri. Tapi sebelum lanjut, ada baiknya kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Untuk penyebabnya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Bluetooth Hidup Sendiri dan Tidak Bisa di Matikan di Semua Android dan Cara Mengatasinya

Seperti yang sudah saya katakan diawal tadi, ada beberapa hal yang menyebabkan fitur bluetooth ini aktif sendiri dan bahkan tidak bisa kita nonaktifkan. Berikut beberapa penyebab bluetooth Hp hidup sendiri dan tidak bisa di matikan.

1. Pengaturan GPS Lokasi Yang Mengharuskan Terhubung dengan Bluetooth

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah karena perangkat kamu Mengaktifkan lokasi atau GPS pada perangkat smartphone Android kamu. Biasanya fitur pelacakan lokasi dan histori kunjungan membutuhkan riwayat dan informasi yang lengkap dan akurat terkait lokasi pada perangkat yang kamu gunakan.

Bahkan bukan cuma bluetooth saja yang biasa terhubung sendiri dengan GPS, terkadang wi-fi juga dibutuhkan untuk terhubung dengan GPS guna memberikan lokasi yang lebih akurat terhadap lokasi kamu sekarang. Pengaturan ini biasanya diaktifkan untuk melacak semua histori kunjungan dan lokasi terkini pada ponsel kamu. Dan biasanya juga fitur ini diaktifkan tanpa di sadari.

Untuk mengatasi masalah yang seperti ini, kamu cukup nonaktifkan saja GPS pada ponsel Android kamu. Dengan begitu Hp Android kamu tidak akan lagi terhubung dengan bluetooth secara otomatis.

2. Aplikasi Pihak Ke Tiga Yang Meminta Untuk Selalu Terhubung Dengan Bluetooth Secara Otomatis

Aplikasi pihak ke tiga juga dapat mempengaruhi bluetooth yang menyala otomatis. Bluetooth akan otomatis menyala ketika aplikasi tersebut sedang digunakan atau dijalankan di latar belakang.

Untuk mengatasi hal yang semacam dengan ini, kamu tinggal atur saja setelan perizinan perangkat dengan aplikasi tersebut. Nonaktifkan setelan yang dirasa mengganggu dan tidak penting.

3. Terlalu Banyak Perangkat Yang Tersimpan di Bluetooth Hp Kamu

Penyebab lainnya yang membuat bluetooth sering hidup sendiri adalah dikarenakan terdapat banyak riwayat perangkat yang tersimpan di bluetooth Android kamu. Biasanya setiap kali kamu menyandingkan bluetooth dengan perangkat lainnya seperti desktop, earphone, speaker atau yang lainnya itu akan tersimpan di pengaturan bluetooth Hp kamu. Ketika perangkat-perangkat tadi sedang aktif (bluetooth-nya), otomatis akan menyandingkan juga dengan ponsel Android kamu.

Nah, untuk mengatasi hal yang seperti ini cukup mudah namun sedikit lama. Kamu harus menghapus seluruh riwayat yang pernah di sandingkan dengan perangkat bluetooth Hp Android kamu. Setelah dihapus, semuanya akan kembali dengan normal dan bluetooth Android kamu tidak lagi hidup sendiri.

4. MI Drop Yang Dapat Menghidupkan Bluetooth Hp Secara Otomatis

Untuk penyebab yang satu ini khusus untuk perangkat Android Xioami. Mi drop adalah aplikasi bawaan Xiaomi yang berguna untuk mengirimkan file ke perangkat Xioami lainnya menggunakan fitur bluetooth. Cara penggunaan dan cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi pengirim file ShareIt yang membutuhkan wi-fi atau hotspot untuk mengirim file ke perangkat lain.

Jadi solusi untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan cara menghapus seluruh riwayat atau data cache pada aplikasi Mi drop ini. Cara menghapus data cache-nya juga mudah kan. Saya anggap kamu juga sudah tahu semua dengan cara yang satu ini.

Gimana, udah selesai belum permasalah yang kamu alami dengan melakukan tips dan cara diatas? Masih belum juga? Kalau masih belum teratasi juga, mungkin kamu bisa coba cara yang terakhir dibawah ini. Cara ini mendukung atau berlaku untuk semua jenis ponsel Android yang kamu gunakan. Baik itu ponsel versi terbaru ataupun lama.
Balik ke atas

Cara Mengatasi Bluetooth Yang Hidup Sendiri di Semua Hp Android

  1. Pertama-tama buka dulu aplikasi pengaturan ponsel kamu
  2. Kemudian cari menu "Pemindaian Bluetooth & Wi-Fi" (cari menu ini di kolom pencarian agar mudah ditemukan)
    Gambar Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa di Matikan di Semua Hp Android
  3. Setelah itu lihat apakah pemindaian bluetooth aktif atau tidak. Kalau pengaturan ini aktif, silahkan nonaktifkan setelan ini.
    Gambar Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa di Matikan di Semua Hp Android
    Disinilah faktor yang menyebabkan bluetooth kamu selalu aktif sendiri dan tidak bisa di matikan
  4. Kalau sudah di nonaktifkan, coba kamu matikan bluetooth Hp kamu, maka fitur bluetooth di ponsel Android kamu akan kembali normal

Kalau masih belum normal juga, cara terakhir adalah melakukan reboot pada smartphone Android kamu. Karena bisa jadi sistem Android mengalami eror atau bug.
Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan fitur bluetooth Hp Android yang selalu aktif sendiri dan tidak bisa di matikan dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
Balik ke atas

Post a Comment for "Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri di Semua Hp Android"