Cara Membuat Polling (Pertanyaan) di Telegram

Gambar Cara Membuat Polling [Pertanyaan] di Telegram
Cara Membuat dan Mengirim Pesan Polling (Pertanyaan) Anonim dan Kuis di Telegram Terbaru 2021 - Pesan polling anonim atau kuis (pertanyaan) merupakan salah satu fitur canggih yang disuguhkan oleh developer telegram kepada para penggunanya guna membuat para penggunanya merasa terbantu dengan fitur-fitur tersebut.

Fitur polling (pertanyaan) anonim dan kuis ini biasa digunakan pada sebuah grup atau channel telegram guna mengetahui pendapat-pendapat dari para anggota dalam grup atau channel yang sudah dibuat.

Fitur polling ini juga hampir mirip dengan polling yang ada di aplikasi YouTube (bagi yang memiliki channel YouTube) atau polling pada insta story instagram. Namun sayangnya polling ini tidak di miliki oleh whatsapp.

Fitur polling yang ada di telegram sendiri memiliki beberapa metode pilihan juga. Yang pertama adalah polling seperti biasanya (hanya sekedar pertanyaan biasa), polling kuis dan polling mode pilihan jawaban.

Untuk jenis polling yang pertama, yaitu polling biasa dan polling ini akan mengumpulkan seluruh data riwayat pemilihan dari para anggota grup dan channel di telegram.

Polling jenis pertama ini kita bisa menawarkan banyak jawaban terkait pertanyaan yang diberikan kepada para anggota grup dan channel.

Untuk jenis polling yang ke dua, yaitu polling mode kuis, kita hanya bisa membuat dua jawaban terkait pertanyaan yang kamu berikan kepada para anggota grup dan channel. Dan jawabannya hanya "Ya" atau "Tidak" saja. Jadi kamu bisa mengetahui dengan jelas pendapat para anggota di grup dan channel telegram kamu.

Dan untuk jenis polling yang terakhir, yaitu polling dengan mode banyak pilihan. Jenis polling mode banyak pilihan ini kota bisa memberikan banyak jawaban dalam satu pertanyaan.

Polling jenis yang ke tiga ini biasanya digunakan ketika admin grup atau channel ingin menawarkan beberapa hal kepada para anggotanya.

Lebih spesifiknya, polling dengan jenis banyak pilihan ini digunakan untuk menawarkan banyak film yang akan di upload ke dalam grup atau channel tersebut.

Jadi admin bisa mengetahui film mana yang paling disukai dari para anggota grup atau channel-nya (ini pada grup atau channel berisi film-film ya dan saya juga yakin pasti kamu sering melihat polling seperti ini, kan).

Udah jelaskan fungsi dari masing-masing polling yang ada di telegram ini? Kalau sudah jelas, sekarang kita coba untuk membuat polling-polling anonim tersebut di aplikasi telegram. Berikut tutorial cara membuat polling anonim dan kuis di telegram.
Ouh ya, perlu di ingat, polling yang di sediakan oleh aplikasi telegram ini bersifat anonim. Jadi kamu gak bisa melacak dan cari tahu jawaban apa yang di pilih oleh setiap anggota.

Cara Membuat dan Mengirim Pesan Polling (Pertanyaan) Anonim Ke Grup dan Channel Di Telegram

Karena cara membuat semua jenis polling (pertanyaan) di telegram ini mirip-mirip, jadi kamu tinggal sesuaikan saja jenis polling apa yang ingin kamu buat dan kamu kirimkan kepada para anggota grup dan channel telegram kamu.
  1. Buka aplikasi telegram kamu dulu
  2. Kemudian masuk ke opsi chat mana pun yang ingin kamu kirimkan polling ini. Bisa di pribadi chat, grup ataupun channel
  3. Kemudian klik ikon kertas klip di pojok kanan bawah di tempat biasa kamu ngetik Gambar Cara Membuat Polling [Pertanyaan] di Telegram
  4. Setelah itu klik menu atau opsi Poll di bagian bawahnya. Saya akan membuat sebuah polling anonim dengan jenis kuis. Kamu bisa buat jenis polling anonim sesuai yang kamu inginkanGambar Cara Membuat Polling [Pertanyaan] di Telegram
  5. Kemudian akan muncul seperti halaman untuk membuat polling yang kamu inginkan. Seperti yang sudah di singgung di awal tadi, bahwa ada 3 jenis polling dan semuanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Silahkan pilih jenis polling anonim (pertanyaan) apa yang ingin kamu buat dan ingin kamu kirimkanGambar Cara Membuat Polling [Pertanyaan] di Telegram
    Keterangan : "Pertanyaan" isi dengan pertanyaan yang akan di kirim, "JW1-JW4" isi dengan jawaban-jawaban yang ingin di berikan kepada para anggota, kemudian pada opsi "Pilihan Polling" ada 3 jenis, kan. Kamu tinggal aktifkan jenis polling yang akan di buat.
  6. Setelah semuanya selesai di atur sesuai dengan keperluan dan keinginan, klik tombol "BUAT" yang ada di pojok kanan atas dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.Gambar Cara Membuat Polling [Pertanyaan] di Telegram
    Keterangan : nomor 1 adalah teks yang akan muncul jika jawaban (polling kuis) tidak sesuai dengan jawaban yang kamu tentukan, nomor 2 adalah tanda bahwa jawaban yang di pilih sudah benar, nomor 3 adalah hasil jawaban polling yang di isi oleh anggota ketika mereka menjawab dengan benar, dan nomor 4 (yang ada tulisan "kuis") adalah tanda jika polling tersebut berupa polling kuis. Untuk nomor 2 dan 4, pasti hasilnya akan berbeda sesuai dengan jenis polling yang di buat.
  7. Intinya, kamu bisa kostumisasikan jenis polling yang ingin kamu buat. Terutama pada jenis polling dengan pilihan jawaban yang banyak.

Gambar Cara Membuat Polling (Pertanyaan) di Telegram Gambar Cara Membuat Polling (Pertanyaan) di Telegram
Scroll gambar ke kanan atau ke kiri
Nah, itu dia tutorial cara membuat dan mengirim polling (pertanyaan) di telegram yang bisa saya jelaskan di artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Kalau kamu ada request lain terkait tutorial seputar aplikasi Andoid seperti telegram, whatsapp, instagram, facebook, twitter atau yang lainnya, bisa tulis di kolom komentar.
Cindy
Cindy NOTHING!!!

2 comments for "Cara Membuat Polling (Pertanyaan) di Telegram"

  1. Wah mantap bang...berhasil dan membantu banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. jangan lupa cek info menarik lainnya ya

      Delete

Tulislah komentar unik, jelas dan tidak mengandung LINK AKTIF atau PROMOSI.