Cara Membuat Halaman FAQ Di Blog Agar Muncul Di Google

Gambar Cara Membuat FAQ Page Blogger Muncul Di Google
Cara Membuat dan Memasang FAQ Page Schema Markup Di Blog Blogger Agar Muncul Di Hasil Penelusuran Google - FAQ page atau halaman faq merupakan salah satu fitur terpenting dalam mengelola sebuah website bisnis maupun personal.

Tapi keumuman penggunaannya pada sebuah situs bisnis dengan tujuan untuk mempermudah para audiens menjawab segala pertanyaan-pertanyaan terkait situs mereka.

Penggunaan FAQ sendiri terdapat banyak sekali manfaat dan kelebihannya untuk sebuah website bisnis maupun personal. Selain dapat membantu dan menjawab segala masalah dan pertanyaan para pengunjung dan audiens situs atau blog, FAQ juga dapat meningkatkan nilai pandang yang positif dari para pengunjung dan audiens. Sehingga website dan blog yang memasang FAQ page ini pastinya akan terlihat lebih profesional dan elegan.


Tentunya bagi setiap blogger maupun pemilik situs web akan berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dan rating terhadap blog dan situs mereka. Agar situs dan blog mudah di cari dan ditemukan. Umumnya, FAQ ini sering digunakan pada blog atau website yang menggunakan Wordpress dan untuk Blogger, saya jarang melihat FAQ page ini.


Walaupun jarang, bukan berarti di Blogger tidak bisa membuat FAQ page. Tetep bisa kok. Dan cara serta hasilnya juga gak jauh beda dengan Wordpress. Di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat halaman FAQ (yang valid) ini di Blogger.

Tapi sebelum lanjut ke inti pembahasannya, ada baiknya kamu mengetahui dan memahami terlebih dahulu yang di maksud dengan FAQ Schema Markup ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu FAQ Page Schema Markup?

FAQ Page schema markup ini adalah data yang berbentuk Json yang dibuat untuk menyajikan sekumpulan pertanyaan dan jawaban yang ada di website, blog ataupun artikel kamu, dan FAQ page ini juga bisa muncul di halaman pencarian Google. Pastinya ini akan terlihat jauh lebih unik, keren dan profesional. 

Apa FAQ Page Schema Markup Ini Berpengaruh Terhadap Ranking Website Atau Blog Di Halaman Google?

Tentu saja. Karena mesin pencari akan menilai bahwa artikel kamu itu memang berkualitas dan dapat membantu pembaca. Selain itu, kata kunci yang ada di daftar pertanyaan tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan peringkat artikel. Rata-rata artikel yang menggunakan FAQ ini selalu ditampilkan di halaman pertama agar lebih mudah diakses oleh pembaca.

Selain itu, FAQ page ini juga dapat menghemat waktu baca para pengunjung yang sedang membutuhkan informasi terkait yang mereka cari. Jadi gimana? Mau pasang FAQ ini juga? Kalau mau, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuat Dan Memasang FAQ Page Schema Markup Di Blog Blogger

Untuk membuat dan memasang FAQ page schema markup ini di blog, kamu bisa pasang di salah satu postingan, halaman atau di halaman utama blog kamu.
  1. Masuk ke dashboard blogger
  2. Masuk ke postingan atau halaman baru di mode HTML bukan mode Compose. Atau kalau kamu ingin memasang FAQ di halaman utama blog, taruh kode dibawah ini ke dalam template blog kamu.
    <script type="application/ld+json">
    {
      "@context": "https://schema.org",
      "@type": "FAQPage",
      "mainEntity": [{
        "@type": "Question",
        "name": "Pertanyaan 1",
        "acceptedAnswer": {
          "@type": "Answer",
          "text": "Jawaban 1"
        }
      },{
        "@type": "Question",
        "name": "Pertanyaan 2",
        "acceptedAnswer": {
          "@type": "Answer",
          "text": "Jawaban 2"
        }
      },{
        "@type": "Question",
        "name": "Pertanyaan 3",
        "acceptedAnswer": {
          "@type": "Answer",
          "text": "Jawaban 3"
        }
      },{
        "@type": "Question",
        "name": "Pertanyaan 4",
        "acceptedAnswer": {
          "@type": "Answer",
          "text": "Jawaban 4"
        }
      },{
        "@type": "Question",
        "name": "Pertanyaan 5",
        "acceptedAnswer": {
          "@type": "Answer",
          "text": "Jawaban 5"
        }
      }]
    }
    </script>
    Untuk memasang pertanyaan dan jawaban, hapus dan ganti tulisan yang ditandai dengan pertanyaan dan jawaban terkait dengan topik pembahasan di artikel kamu.
  3. Kemudian klik simpan atau publish dan cek hasilnya

Nah, sampai di tahap ini kamu sudah berhasil membuat dan memasang FAQ ini di blog kamu. Untuk memastikan kalau halaman atau blog kamu sudah valid schema markup FAQ atau belum, kamu bisa cek di halaman dibawah ini kemudian masukan url halaman yang ingin di uji coba.

Kalau halaman kamu sudah terpasang FAQ page schema markup ini, maka hasilnya di pengujian hasil kaya akan valid dan berwarna hijau dan kamu juga pratinjau hasil FAQ yang kamu buat tadi seperti gambar dibawah ini
 

Mungkin cukup segitu dulu untuk pembahasan cara membuat dan memasang FAQ page schema markup ini di blog Blogger. Di artikel berikutnya, akan saya bahas dan buatkan tutorial cara membuat menu Accordion FAQ di halaman statis dan postingan blog. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.

Post a Comment for "Cara Membuat Halaman FAQ Di Blog Agar Muncul Di Google"