3 Cara Mengunci Jaringan 4G Di Semua Hp Android

Gambar 3 Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G Di Semua Hp Android

3 Cara Ampuh Mengunci Jaringan Sinyal 4G Pada Smartphone Android Terbaru 2021 - Jaman sekarang hampir semua provider yang ada di Indonesia sudah meluncurkan dan menggunakan jaringan 4G. Asal kamu tahu aja dengan kecepatan jaringan 4G ini, mampu menghasilkan kecepatan 1000mb hingga 1Gb per-detiknya.

Tapi sayangnya tidak semua daerah atau ada beberapa tempat yang kurang stabil saat menggunakan internet dengan kecepatan 4G ini. Biasanya kalau udah gak stabil seperti ini sinyal bisa menurun dari 4G menjadi H/H+(3G) bahkan dapat menurun hingga 2G. Nah, kalau mengalami seperti ini pastinya kamu merasa kesal banget. Karena udah enak-enak dengan kecepatan internet yang stabil di 4G tiba-tiba aja sinyal turun. 


Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya adalah karena jarak kamu dengan tower berbeda jauh, berada di dalam ruangan yang tertutup sehingga ponsel yang kamu gunakan kurang mendapatkan sinyal atau sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) dan beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan sinyal jadi menurun.

Tapi kamu jangan khawatir dulu. Karena masalah seperti ini masih bisa ditangani dengan mudah. Ada beberapa solusi supaya kecepatan sinyal kamu kembali lagi seperti semula dan lebih stabil. Saya akan memberikan tips dan trik cara mengunci jaringan 4G di semua smartphone Android dengan mudah tanpa Root. 

Ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk mengunci jaringan internet kamu di tingkatan 4G. Mau tau gimana caranya? Simak terus penjelasannya sampai tuntas ya. Perhatikan dengan baik jangan sampai gagal paham.

3 Cara Ampuh Untuk Mengunci Jaringan Internet 4G Di Semua Smartphone Android Dengan Mudah Tanpa Root

Gambar cara kunci jaringan 4G pada semua smartphone Android
Mengunci atau mengubah jaringan internet pada smartphone Android sebenarnya terbilang sangat mudah. Karena fitur tersebut ternyata sudah ditanamkan otomatis di semua jenis smartphone.

Dan untuk mengubah jaringan tersebut gak nyampe dua menit atau bahkan gak nyampe satu menit kita bisa ubah jaringan internet yang kita gunakan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Kita bisa ubah yang awalnya H atau H+ menjadi 4G atau bahkan sebaliknya. 

Tapi rata-rata bahkan semua orang lebih suka menggunakan jenis jaringan 4G kan. Mungkin kebanyak orang juga sudah pada tau cara-cara ini. Tapi gak ada salahnya saya bahas ulang di artikel ini karena siapa tau ada yang belum tau dan belum pahan dengan cara ini. 

2. Mengunci Atau Mengubah Jaringan 4G Lewat Pengaturan Ponsel

Cara pertama yang paling mudah untuk mengunci jaringan 4G kamu bisa memanfaatkan aplikasi pengaturan yang ada di smartphone kamu. Untuk caranya seperti berikut :
  • Buka aplikasi pengaturan ponsel kamu 
  • Lalu masuk ke Setelan Telepon
  • Buka menu Mode Jaringan lalu pilih saja jaringan yang kamu inginkan misalnya Hanya 4G
  • Tunggu beberapa detik hingga jaringan diubah kembali dengan stabil

Sampai disini jaringan kamu sudah berhasil diubah belum? Kalau masih belum dan masih bingung dengan cara pertama diatas atau tidak menemukan setelan seperti diatas, bisa coba langkah yang selanjutnya dibawah ini.

2.1 Mengunci jaringan Lewat Aplikasi Panggilan Telepon Dengan Memasukan Kode Jaringan

Cara selanjutnya untuk mengunci jaringan bisa lewat kode rahasia ini. Kode ini tidak berfungsi di semua perangkat. Tapi hanya beberapa perangkat saja seperti perangkat yang saya gunakan sekarang yaitu Xiaomi Redmi 7a. Tapi gak ada salahnya kalau dicoba dulu. Siapa tau kodenya berfungsi dengan baik. Untuk caranya sebagai berikut :
  • Buka aplikasi Telepon kamu
  • Lalu masukan kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*
  • Kalau kode tersebut berfungsi sebagai mestinya, kamu akan langsung dialihkan ke halaman Pengujian
  • Lalu pilih saja Informasi Telepon kemudian gulir ke bawah terus hingga di menu Set Preferred Network Type
  • Diklik aja menu tersebut dan pilih jaringan yang kamu inginkan misalnya LTE Only
  • Tunggu beberapa detik hingga sinyal berhasil diubah ke jaringan yang kamu pilih tadi

Sampai disini sudah berhasil belum mengubah jaringan yang kamu mau? Kalau masih belum juga atau bingung dengan langkah-langkah diatas, kamu masih bisa ubah jaringan dengan mencoba cara yang selanjutnya. Cara ini mungkin sedikit lebih lama karena harus menggunakan aplikasi bantuan. Walaupun langkahnya sedikit mirip dengan cara yang kedua ini.

2.2 Cara Mengunci Jaringan 4G Di Semua Smartphone Android Menggunakan Aplikasi 4G LTE Switch

Cara terkahir yang bisa kamu coba untuk mengubah atau mengunci jaringan pada smartphone kamu adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan bernama 4G LTE Switch yang sudah tersedia di Play Store secara gratis. Caranya sebagai berikut :
  • Download dan pasang terlebih dahulu aplikasi tersebut. Bisa cari di Play Store atau langsung klik tautan disini
  • Setelah ter-install di smartphone kamu langsung saja dibuka dan kamu akan langsung diarahkan ke halaman yang sama seperti pada cara yang kedua yaitu Informasi Perangkat/Telepon
  • Kalau sudah masuk gulir saja ke bawah dan cari menu seperti cara kedua tadi yaitu Set Preferred Network Type kemudian klik saja menu tersebut dan pilih jaringan internet yang kamu inginkan misalnya saya akan memilih jaringan LTE Only. Maka jaringan akan otomatis dirubah ke jaringan yang telah dipilih tadi dalam beberapa detik ke depan.

Nah itulah tutorial cara mengunci dan mengubah jaringan 4G pada semua jenis smartphone Android dengan mudah. Kalau masih belum paham juga bisa langsung tanyakan saja di kolom komentar. 

Post a Comment for "3 Cara Mengunci Jaringan 4G Di Semua Hp Android"