Cara Memperbaiki Kloset Duduk Bocor dan Mampet

cara memperbaiki kloset duduk toto air keluar terus,closet duduk rembes di lantai,cara memperbaiki kloset duduk tidak keluar air,air rembes dari bawah kloset,tombol flush toilet duduk rusak,air kloset tidak mengisi,cara memperbaiki pelampung closet duduk toto

bokban.my.id  Cara Memperbaiki Kloset Duduk Bocor dan Mampet - Kebocoran yang terjadi pada kloset bisa menyebabkan air terbuang percuma, hingga mencapai 3.800 liter setiap bulannya. Jumlah ini tentu tidaklah sedikit. Jika dihitung, setiap bulannya kita akan membuang uang hingga ratusan ribu rupiah karena masalah tersebut. Oleh karena itu, kloset yang mengalami kebocoran ataupun masalah lainnya seperti mampet harus segera ditangani. Cara memperbaiki kloset duduk bocor dan mampet bisa dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan sumber masalahnya. Cara tersebut adalah:

Mengganti pelampung

Salah satu penyebab bocornya kloset duduk adalah pelampung otomatisnya yang sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pelampung tersebut tidak mampu lagi menghentikan air secara otomatis. Akibatnya air akan mengalir terus untuk mengisi tangki, hingga meluber ke bagian atas dan menyebabkan kebocoran. Untuk mengatasinya, cara bongkar kloset duduk harus dilakukan, terutama pada bagian tangki. Setelah dibuka, pelampung yang mengalami masalah bisa diganti dengan yang baru.

Mengganti plug

Penyebab lain kloset duduk mengalami kebocoran adalah adanya masalah pada karet dari plug atau pembilas. Karena usia, karet tersebut biasanya tidak mampu lagi menutup secara sempurna. Akibatnya walaupun tombol pembilas tidak ditekan, air tetap mengalir menuju lubang kloset. Cara memperbaiki kloset duduk bocor seperti ini adalah dengan mengganti karet atau spare part dari plug tersebut. Perbaikan ini harus dilakukan dengan terlebih dahulu membongkar tabung kloset, baru karet bisa diganti dengan yang baru.

Menutup lubang antara kloset dan pembuangan

Selain dari tabung air pembilas, kebocoran kloset juga bisa terjadi dari bagian bawah. Ketika dilakukan penyiraman untuk membilas kloset, dari bagian bawah air akan kembali keluar hingga mengotori keramik. Air yang keluar tersebut juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, kita harus menutup atau merekatkan celah yang ada antara kloset dengan pembuangan. Lem atau aspal menjadi bahan yang bisa digunakan untuk menutup bagian tersebut. Setelah itu, sisi kloset kemudian ditutup dengan semen putih.

Mengatasi kloset yang mampet

Selain kebocoran, kloset juga bisa mengalami mampet. Cara memperbaiki kloset duduk mampet dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika kloset mampet karena salurannya tertutup kotoran seperti tissue atau pembalut wanita, maka lubang ini harus dibersihkan dengan soda api atau dengan cara dibongkar. Tetapi jika kloset mampet akibat septik tank-nya yang penuh, maka penyedotan atau pengurasan septik tank menjadi solusinya.

Cara memperbaiki kloset duduk bocor ataupun mampet tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi dengan cara coba-coba. Harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab dari kebocoran maupun mampet yang terjadi. Jika perbaikan kloset tidak dilakukan dengan benar dan teliti, maka kerusakan bisa menjadi semakin buruk. Hal ini tentu akan memakan biaya lebih banyak, apalagi jika harus mengganti dengan kloset yang baru.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kloset Duduk Bocor dan Mampet"