Tips Investasi Emas untuk para Investor Pemula

keuntungan investasi emas dalam setahun,cara investasi emas pemula,cara investasi emas agar untung,kerugian investasi emas antam,cara menabung emas di rumah,cara investasi emas di pegadaian,cara investasi emas di shopee,cara investasi emas di dana

bokban.my.id  Tips Investasi Emas untuk para Investor Pemula - Investasi emas kini sudah bukan hal baru lagi. Pasalnya banyak orang kini beralih dari menabung uang biasa baik di bank ataupun menyimpannya sendiri menjadi memilih langkah ini. Selain karena keuntungannya yang stabil, dengan cara seperti ini terlihat lebih menguntungkan. Bagi Anda yang ingin memulainya, perhatikan tips investasi emas dahulu. 

Mengapa Harus Investasi Emas ? 

Investasi Emas dianggap sebagai barang berharga dan bernilai tinggi oleh orang-orang sehingga dijadikan alternatif untuk simpanan serta tabungan yang menguntungkan. Selain lebih stabil ketimbang rupiah, emas juga bisa jadi menguntungkan ketika dijual saat harga naik. 

Sebagai salah satu barang yang banyak dijadikan sebagai asset terpercaya, investasi emas merupakan aset riil atau aset investasi yang berbentuk atau berwujud sehingga dapat disandingkan dengan property. Bicara soal risiko, benda ini tergolong stabil dan sangat cocok untuk dijadikan bahan investasi menjanjikan. Banyaknya peminat dalam hal ini, tidak sedikit juga orang salah ambil langkah untuk memulai investasi menguntungkan ini.  

Apa Saja Tips Investasi Emas ? 

Untuk Anda yang sedang mencari-cari bagaimana tips untuk mengawali kegiatan berinvestasi emas menguntungkan ini, mari simak pembahasan dibawah: 

1. Buatlah Perencanaan serta Perhitungan Rinci di Awal 

Perencanaan sangatlah penting untuk Anda yang akan memulai sesuatu, karena tanpanya pasti akan bingung jalan kedepannya. Memilih jenis produk apa adalah langkah awalnya, banyak sekali macam-macam investasi emas yang bisa dipilih untuk berinvestasi. 

Macam-macam emas ini bisa dijadikan pilihan, seperti batangan, koin, dinar, emas, emas kuno dan lokal, saham perusahaan pertambangan emas, kontrak emas berjangka dan masih banyak lagi. Tentu masing-masing jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihannya , jadi pilihlah sesuai kebutuhan investasi emas anda. 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan 

Setelah Anda tahu jenis investasi emas apa yang akan dijadikan pilihan untuk berinvestasi, juga harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Seringkali bagi para pemula investasi terburu-buru untuk memilih jenis emas, namun tidak mengetahui berapa banyak dana yang harus dikeluarkan. 

Tidak perlu untuk seorang pemula mengeluarkan dana yang besar dalam membeli emas ini. Banyak yang terjebak serta tergiur untuk mendapatkan keuntungan tinggi sehingga mencekik sendiri finansialnya.Ada juga yang memilih investasi emas dengan harga kurang sesuai. 

3. Simpan Emas di Tempat yang dirasa Paling Aman 

Seringkali kecerobohan seorang peng investasi emas adalah tidak memperhatikan dimana tempat yang tepat untuk menyimpan emasnya tersebut. Dengan begitu, ketika saat akan dijual malah ditemukan kecacatan pada emasitu dan malah jadi menurunkan harga jual. 

Anda bisa memilih untuk menyimpan sendiri dengan menaruhnya di tempat yang aman seperti brankas besi ataupun menyimpan di lembaga investasi emas yang aman serta terpercaya. Selain itu, juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan dari pegadaian ataupun Penyimpanan Brankas dari PT Antam. 

4. Pantau Pergerakan Harga Emas 

Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli dalam investasi emas, ada baiknya cek terlebih dahulu pergerakan harga emas tersebut, apakah sedang naik, turun, atau bahkan stabil. Jangan sampai salah atau menjual di waktu yang tidak tepat, itu akan membuat kerugian bahkan besar. 

Memperhatikan pergerakan dan laju harga emas di pasaran bisa dikatakan sebagai point terpenting dalam berinvestasi emas. Jika tidak memperhatikan hal tersebut, sangat riskan terjadi kerugian, bukan keuntungan yang akan didapat nantinya. 

5. Pastikan Membeli di Tempat yang Tepat untuk Investasi Emas 

Dalam dunia investasi emas Jangan sembarangan membeli emas. Anda bisa mencari referensi dari sumber sumber yang terpercaya atau bertanya kepada sejawat sekiranya telah memulai hal ini terlebih dahulu serta berpengalaman juga terbukti nyata. 

Dalam hal apapun penipuan dapat terjadi, jadi harus lebih ekstra hati-hati apalagi barang yang akan dibeli ini adalah hal yang sangat bernilai. Jangan sampai kecewa di akhir, banyaklah bertanya dan mencari wawasan serta koneksi untuk memperdalam pengetahuan tentang investasi emas ini. 

6. Fokus dengan Masa Depan 

Ketika akan memulai untuk melakukan investasi emas, banyak yang diterpa godaan sehingga menjadi goyah pendirian, ribuan alasan kadang menghampiri. Mulai dari takut dengan kerugian karena merasa belum paham dengan berinvestasi ini, merasa tidak yakin atau bahkan malah tidak perlu melakukan hal ini. 

Memang investasi emas itu hasilnya tak bisa dinikmati secara cepat karena ini semacam pengamanan aset, hasil baru bisa dirasakan ketika 5 hingga bahkan 10 tahun berjalan, bukanlah waktu yang singkat. Kebutuhan kehidupan kedepan semakin pasti sedangkan ini belum tau hasilnya bagaimana. 

7. Promo Bisa Menjadi Andalan untuk Mencicil Pembelian Emas 

Jika Anda masih merasa bahwa membeli aset investasi emas adalah suatu hal yang sangat sulit untuk didapatkan karena pengeluaran tinggi atau semacamnya. Hal ini bisa diakali dengan membeli emas ketika harganya sedang promo atau potongan sehingga tidak terlalu membebani serta dapat dibeli secara terjangkau. 

Sebagai contoh misalnya platform media sosial untuk bertransaksi seperti tokopedia, bukalapak, atau sebagainya. Disana dapat membeli emas nol sekian gram dengan harga mulai dari Rp. 500 hingga Rp. 1.000. Bisa anda gunakan dalam mencari asset investasi emas. Selain itu juga terkadang tersedia promo sehingga semakin menekan harga emas yang akan dibeli. 

8. Tentukan Berapa Banyak Jumlah untuk di Investasikan 

Selain memperhatikan emas untuk dibeli, menentukan jumlah juga sangatlah sama pentingnya dalam berinvestasi emas. Hal ini didasarkan kemampuan finansial yang dimiliki oleh seorang investor. Perencanaan tersebut akan menjadi acuan hitungan berapa banyak emas dibeli dalam beberapa periode serta jangka waktu. 

Walaupun begitu perlu diingat bahwa sebaiknya investasi emas seperti ini diambil dalam jangka waktu Panjang. Dengan begitu seorang investor dapat membeli emas secara berkala, dimana hal tersebut sangat membantu dalam menambah jumlah investasi dan juga keuntungan yang besar dimasa mendatang. 

9. Buatlah Tabungan Emas 

Tips investasi emas selanjutnya adalah buatlah tabungan. Menabung dengan emas memang benar-benar kita menabung dengan menggunakan emas. Hal ini sama seperti dengan menabung pada umumnya hanya saja disini bukan dengan menggunakan uang kertas ataupun sebagainya. 

Dengan seperti ini maka tidak akan terjadi inflasi dalam investasi emas, karena tabungan semacam itu bersifat utuh. Bahkan cenderung meningkat meskipun terjadi inflasi pada produk-produk yang diinginkan di masa mendatang. Hal ini terjadi karena inflasi yang ada akan tertutupi dengan harga emas saat dikonversikan menjadi gram. 

10. Cermati Lagi Apa Tujuan Berinvestasi 

Coba ingat kembali, apa tujuan utama Anda dalam berinvestasi emas, apakah hanya sekedar mencari peluang keuntungan besar. Alasannya, memang bisnis ini sangat menjanjikan ataukah benar benar ingin belajar bagaimana caranya menjadi seorang investor demi mengamankan sebuah aset berharga. 

Bagaimanapun juga ketika ingin mendalami sebuah pekerjaan yang utama apalagi investasi emas, pastikan paham dengan apa yang akan dijalani. Karena jika tidak justru akan menjadi masalah di kemudian hari, bukannya berjalan mulus malah bisa bisa stuck di tengah jalan dikarenakan tak tahu lagi arah mau kemana, ini yang utama. 

Memanfaatkan invetasi emas adalah salah satu solusi yang menguntungkan. Akan tetapi dengan begitu tetap perhatikan banyak sedikitnya resiko yang akan didapat dalam menjalani investasi ini agar menghasilkan hal yang diinginkan. Semoga tips investasi emas di atas dapat membantu berinvestasi.

Search keywordkerugian investasi emas antam,keuntungan investasi emas dalam setahun,cara investasi emas agar untung,keuntungan investasi emas,investasi emas terbaik,cara menabung emas di rumah,cara investasi emas di pegadaian,tips investasi emas antam

Post a Comment for "Tips Investasi Emas untuk para Investor Pemula"