Daftar Alat Tukang Kayu dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Alat Tukang Kayu dan Fungsinya

Alat Tukang Kayu dan Fungsinya - Nah, dalam kesempatan kali ini mari kita membahas beragam jenis alat tukang kayu dan fungsinya yang wajib Anda ketahui. Agar nantinya bagi Anda yang gemar kayu, Anda bisa menggunakan aneka perkakas-perkakas ini. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis alat tukang kayu yang harus Anda ketahui. 

Beberapa Alat Tukang Kayu dan Fungsinya

Apa saja alat alat tukang?  Alat Tukang Bangunan Modern Terlengkap dan Fungsinya seperti Bor Mesin, Grinda Tangan, Mesin Ketam / Serutan Kayu, Palu, Tangga Lipat Aluminium, Gergaji, Obeng, Tang, Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge. Yaitu alat tukang kayu yang bekerja secara manual dan juga alat tukang kayu modern yang bekerja dengan bantuan mesin.  Umumnya kedua alat jenis ini tidak bisa dilepaskan dalam pertukangan. Karena alat-alat dari jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagi Anda yang penasaran tentang alat tukang kayu beserta fungsinya yang akan kita bahas. Berikut ulasannya:

Planer dan Thicknesser atau Mesin Serut

Adalah jenis alat tukang modern yang digunakan untuk bahan kayu yang memiliki permukaan yang keras. Alat ini bisa digunakan untuk mendapatkan kayu dengan panjang lurus serta memiliki beberapa siku.

Router dan Trimmer

Merupakan alat tukang kayu dan fungsinya yang akan kita bahas selanjutnya. Alat ini berfungsi sebagai pembuat face frame dan edge banding yang digunakan pada kabinet. Sedangkan router umumnya bisa Anda gunakan untuk membuat bentukan dado, rabbet serta bentukan sambungan lain.

Drill Press

Alat ini masih sejenis bor. Kebanyakan tukang professional menggunakannya untuk membuat aneka lubang dengan berbagai ukuran.

Nailer atau mesin paku

Merupakan jenis alat pertukangan yang sering digunakan untuk membantu dalam proses perakitan atau assembly khususnya dalam mengunci kayu saat pengeleman. Hal ini agar kayu tadi tidak bergeser saat di klem dan juga memberikan tekanan pada kayu agar merekat. Mesin paku di pasaran saat ini, sering dijual dengan menggunakan udara. Sehingga penggunaannya membutuhkan kompresor.

Circular Saw atau Gergaji Sirkular

Merupakan perkakas tukang kayu yang sering digunakan. Hal ini karena umumnya banyak yang menggunakannya sebagai kebutuhan untuk memotong kayu dengan ukuran yang tipis. Sehingga alat tukang kayu kerja tradisional ini sangat cocok digunakan untuk memotong triplek.

Orbital Sander

Merupakan mesin amplas tangan yang paling banyak digunakan berikutnya. Sehingga tidak salah apabila alat tukang kayu dan fungsinya tersebut sangat dibutuhkan. Alat ini digunakan untuk mempercantik dan menyempurnakan berbagai karya yang telah berhasil Anda kerjakan.

Gergaji Sirkular

Merupakan jenis alat tukang kayu yang sangat kritis fungsinya. Hal ini karena ada beberapa alat tukang kayu yang bisa Anda kerjakan dengan hanya menggunakan satu alat ini. Walaupun memiliki harga yang relative mahal, alat tukang ini sangat dibutuhkan oleh tukang kayu professional.

Demikian informasi mengenai alat tukang kayu dan fungsinya yang bisa kita bahas dalam ulasan kali ini. Semoga dengan ulasan yang sangat singkat ini Anda bisa menemukan perkakas tukang kayu yang pas untuk Anda. Dan, akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Post a Comment for "Daftar Alat Tukang Kayu dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui"