Apa Saja Alat Tukang Kayu Tradisional, Cari Tahu Yuk

Alat tukang kayu tradisional dan fungsinya

Alat tukang kayu tradisional dan fungsinya - Zaman sekarang ini peralatan sudah semakin maju. Termasuk juga dengan peralatan yang digunakan di dunia pertukangan. Tapi, kira-kira bagaimana ya alat tukang kayu tradisional yang digunakan di zaman dahulu? Kira-kira mengapa ya walaupun peralatannya tradisional tapi tukang kayu mampu memberikan hasil yang terbaik untuk pekerjaannya? Selain itu kita lihat bangunan zaman dulu juga tidak kalah dari segi kualitas dan kekuatan dari bangunan zaman sekarang. Dalam postingan berikut, kami akan membahas beberapa peralatan pertukangan tradisional yang akan membuka wawasan Anda sekalian.

Alat tukang kayu tradisional dan fungsinya

Alat tukang kayu tradisional yang akan dibahas ini ada beberapa, mungkin beberapa istilahnya akan sedikit berbeda di daerah satu dengan daerah lainnya.

Unar

Alat ini berfungsi untuk membuat garis pada sisi kayu. Alat unik ini memang sudah semakin langka dan tidak banyak digunakan lagi sekarang ini. Akan tetapi dimasanya, alat ini cukup populer. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan bagian alat yang berisi paku ke bagian kayu. Dengan demikian, kayu akan tergores dan bergaris yang dihasilkan tekanan paku.

Gergaji tradisional

Tentunya untuk memotong kayu, gergaji sangat diperlukan. Tapi jangan bayangkan gergaji mesin listrik terlebih dahulu karena zaman dulu, gergaji yang digunakan adalah versi manualnya. Ada dua jenis gergaji yang umum digunakan secara tradisional, yang pertama adalah gergaji pembelah dan yang kedua adalah gergaji potong.

Ketam

Ketam adalah mesin serut tradisional. Jika sekarang mesin serut modern sudah banyak dijual di pasaran dan sangat mudah digunakan, zaman dahulu jika ingin menghaluskan bagian sisi kayu, maka akan digunakan ketam. Ada empat jenis ketam dengan fungsi yang berbeda-beda. Pertama, ketam halang yang berfungsi untuk menghaluskan bagian kayu yang masih kasar. Kedua, ketam licin.

Ketam ini berfungsi untuk menghaluskan kayu yang telah dihaluskan dengan ketam halang. Sementara itu jenis ketam ketiga adalah ketam panjang. Ketam panjang ini digunakan untuk menghaluskan bagian sisi dari kayu. Ketam jenis keempat adalah ketam raut atau ketam kecil. Ketam ini digunakan untuk menghaluskan kayu yang berukuran kecil yang tidak dapat dijangkau oleh tiga jenis ketam yang disebutkan sebelumnya. Sebagai tambahan, di beberapa daerah ketam juga disebut sebagai sugu.

Bor tangan

Sebelum adanya mesin bor listrik, proses untuk melubangi suatu permukaan kayu, misalnya untuk memasang sekrup, ditangani oleh bor tangan.

Amplas

Amplas adalah alat tukang kayu tradisional yang digunakan sebagai finishing untuk memastikan permukaan kayu menjadi halus dan siap diproses lebih lanjut.

Demikianlah beberapa alat tukang kayu tradisional yang dapat kami sajikan. Mudah-mudahan artikel ini membawa manfaat bagi Anda yang membutuhkan, terutama membuka wawasan terkait dengan jenis-jenis peralatan tradisional yang dulu digunakan sebelum peralatan modern ditemukan. Ternyata peralatan tukang bangunan sangat beragam dari dulu ya. Hanya saja memang masih lebih sulit digunakan daripada peralatan modern saat ini.

Post a Comment for "Apa Saja Alat Tukang Kayu Tradisional, Cari Tahu Yuk"