Keuntungan Berkebun Pohon Karet Bagi Petani

bokban.my.id, Keuntungan Berkebun pohon karet bagi petani - banyak keuntungnya bagi petani karet dalam berkebun salah satunya menjadi mata pencaharian mereka.

tanaman karet,ciri ciri pohon karet banyak getahnya,bibit karet super,jenis bibit karet yang banyak getahnya,cara membuat pohon karet banyak getahnya,bibit karet daun lima,jenis-jenis bibit karet,

Manfaat getah karet

Pohon Karet merupakan Pohon yang bisa mengeluarkan getah karet dengan menyadapnya. Para petani yang menyadap pohon karetnya tentu ingin mendapatkan hasil getahnya.

Hasil getah yang didapat kan akan disusun atau dicetak lalu tentunya akan dijual kepada pengepul atau toke getah.

Biasanya para petani karet memanen hasil sadapannya 3 - 7 hari penyadapan dalam 1 hektarnya dengan normal berat getah yang diperolah 30 - 60 kilo gram bahkan lebih.

Bayangkan jika dalam 7 hari petani bisa menghasilkan getah 60 kilo gram saja jika dijual dengan harga Rp. 10.000, jadi total 60 x 10.000 = 600.000 dalam 7 hari penyadapan.

Itu jika para petani karet hanya memiliki 1 hektar lahan perkebunan karet, bagaimana jika petani memiliki banyak lahan lainnya. Tentu lumayan ya...

Keuntungan Berkebun Pohon Karet Bagi Petani

Menurut Admin sendiri Petani karet memiliki beberapa keuntungan dengan berkebun pohon karet seperti berikut ini :

1. Sumber Matapencaharian

Bagi para petani karet yang sudah lama bergelut dengan dunia kebun karet tentu sudah menjadi sumber matapencaharian mereka. Tak banyak dari mereka, Meskipun mereka memiliki usaha lainnya mereka lebih memilih untuk membuat kebun karet sebagai simpanan atau bahkan bisnis.

2. Mengubah Hutan Menjadi Indah

Walaupun petani menebang hutan dan membakar, tetapi disamping itu para petani akan menyulap lahan tersebut menjadi lebih indah dengan pohon karet tersusun rapih yang rindang.

3. Membuat Tubuh Sehat

Bagi petani karet selain sebagai sumber matapencarian pohon karet juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Dengan menyadap pohon karet tentunya tubuh selalu bergerak aktif sehingga mengeluarkan keringat.

Selain itu tubuh akan terbiasa bangun pagi, sarapan lalu ke kebun untuk menyadap untuk menghasilkan getah.

4. Tempat Bersosial

Memiliki perkebunaan karet juga menjadi salah satu tempat bersosial atau bertemu atau sekedar tegur sapa dengan orang lain.

Seperti saat menyadap atau saat menjual hasil getah ke pada toke getah yang pastinya terjadi suatu interaksi sosial.

Demikian dari keuntungan berkebun pohon karet bagi petani menurut admin semoga bermanfaat. Jika ingin melihat informasi seputar pohon karet lainnya bisa klik di www.bokban.my.id ya.

Post a Comment for "Keuntungan Berkebun Pohon Karet Bagi Petani "