Alat-alat Pembuatan Furniture, bisnis yang memiliki potensi sangat menjanjikan

 

Alat dan bahan membuat mebel kayu

Alat-alat Pembuatan Furniture mebel - Alat-alat Pembuatan Furniture - Dan topik pembahasan kita kali ini Tentang peralatan Tukang Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Furniture, Interior Atau sebatas hobi kayu. Kali ini kita akan lebih fokus membahas Interior atau furniture dengan finishing HPL Karena sebenarnya dunia kayu itu luas banget, Mulai dari ukiran, klasik atau minimalis Jadi, kali ini kita akan lebih fokus saja Dengan finishing HPL yang banyak diminati Oleh para konsumen saat ini Atau yang biasa kita sebut furniture HPL.

Alat dan bahan membuat mebel kayu

Bagaimana cara memulai usaha mebel? Langkah Cerdas untuk Memulai Bisnis Mebel yaitu Susun rencana yang matang, Tentukan target pasar, Pilih lokasi yang strategis, Siapkan modal yang cukup, Terapkan sistem dan strategi yang tepat, Jaga kualitas produk, Maksimalkan kegiatan promosi, Bangun kerjasama dan jaga hubungan baik. Apa saja peralatan tukang mebel? Alat Tukang Kayu Tradisonal dan Modern seperti Meteran atau Roll Meter, Pahat, Palu (besi, kayu, karet)\Gergaji (gergaji potong dan belah), Alat Pengukur Sudut, Penggaris dan Pensil, Mesin Bor, Alat Serut Kayu.

Nah, Jadi semoga untuk pembahasan kali ini Bisa menjawab pertanyaan teman-teman Atau sekedar menambah wawasan Untuk temen-temen yang mau memulai usaha furniture Atau interior Dan untuk mengetahui apa saja sih yang dibutuhkan Alat-alat Pembuatan Furniture. 

Topik Alat-alat Pembuatan Furniture Jadi, bukan sebagai referensi atau rekomendasi Untuk temen-temen dalam membeli alat Berdasarkan merek yang mungkin kita sebutkan Jadi kita fokus saja pada alat dan kegunaannya Ok, 

Alat-alat Pembuatan Furniture

Sekarang mari kita bahas secara spesifik Alat-alat Pembuatan Furniture apa saja yang perlu dibeli Atau yang pertama kali dibeli Serta harga dari masing-masing peralatan ini.

1. Circular Saw

lat-alat Pembuatan Furniture yang pertama adalah circular saw Dan menurut saya ini yang paling penting karena fungsi circular saw untuk memotong Jadi ... Sebenarnya dengan memiliki circular saw Kita sudah bisa memulai usaha Atau memulai hobi kayu Karena prinsip dari perkayuan adalah memotong.

Dan dengan circular saw ini kita sudah bisa membelah Memotong, bisa rip cut, bisa 45 derajat Bisa buat bevel, dan lain-lain Jadi, untuk Alat-alat Pembuatan Furniture yang lain bisa menyusul Sambil kita cicil saja. 

2. Bor

Alat yang kedua adalah bor, Fungsi awal dari Alat-alat Pembuatan Furniture satu ini mesin bor adalah untuk mengebor Tetapi untuk di dunia perkayuan Atau interior atau meubel ini Fungsi bor itu dialih fungsikan Sebagai untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup.

Karena di usaha interior ini Kita akan banyak berhubungan dengan jointer Atau yang biasanya kita sering menggunakan sekrup Jadi, alat atau bor ini sangat berguna sekali Kalau misalnya kita mau lebih cepat dalam bekerja Dan tidak terlalu capek menggunakan alat manual.

Seperti obeng Bor yang beredar di pasaran ada 2 jenis Pertama, ada yang tipe pakai kabel Dan yang kedua, tipe memakai baterai, Atau yang biasa kita sebut cordless drill. Jadi, teman-teman bisa menyesuaikan dari segi anggaran Karena, kalau misalnya menggunakan bor dengan kabel-pun Kita sudah bisa memulai usaha atau Memulai hobi kayu.

Tapi jika anggaran temen-temen lebih Bisa menggunakan Alat-alat Pembuatan Furniture seperti cordless Enaknya itu kita bisa bawa kemana-mana Dan lebih simpel.

3. Trimer / Router

Alat yang ketiga Trimmer / Router Sebenarnya kedua alat ini fungsinya sama Sama-sama untuk mengikis Atau merapikan tepian HPL Perbedaannya, kalau trimmer jauh lebih ringan Tetapi juga untuk pekerjaan bukan yang terlalu berat.

Sedangkan router Fungsinya bisa banyak Untuk selain mengikis Bisa juga untuk pembuat nat Atau coakan-coakan Tapi secara khusus. lebih baik Temen-temen memiliki trimmer dulu saja Untuk dibeli pertama kali Karena, untuk merapikan.

HPL Lebih gampang menggunakan trimmer Karena lebih ringan, dan ... Bobotnya tidak terlalu berat Dan memang lebih difokuskan untuk merapikan HPL Tapi, kalau misalnya Teman-teman lebih memikirkan anggaran Yaa mending beli router aja Karena nanti difungsikan untuk yang lainnya Seperti membuat coakan, atau membobok kayu.

4. Paku Tembak

Lanjut ke alat yang keempat Paku Tembak Di workshop saya lebih sering dalam merakit Saya biasanya menggunakan paku tembak dulu Baru kita berikan sekrup Kebutuhan saya di workshop ... Paku tembak ini sangat berguna sekali Karena, mempercepat kita dalam pekerjaan Saat perakitan Jadi biasanya, kita kasih paku tembak dulu Sebelum kita sekrup Jadi, paku tembak ini Kita fungsikan pertama untuk penahan Hal ini sangat berguna kalau kita kerja sendiri. 

5. Mesin Amplas

Dan berikutnya yang kelima Mesin Amplas Nah, mesin ampelas ini opsional Butuh tidak butuh Tapi, kalau misalnya temen-temen Ternyata ada perkembangan pekerjaan Dari segi model atau tingkat kerumitan lain Mesin ampelas ini berguna Jika kalau mau melakukan proses semprot / duco Kita pasti memerlukan proses ampelas Dan mesin ini berguna sekali.

Harga Alat-alat Pembuatan Furniture

Dan berikutnya kita akan membahas soal anggaran Atau berapa harga masing-masing Alat-alat Pembuatan Furniture ini Yang pertama.

1. Circular Saw 

Untuk circular saw harganya bervariasi Saya cek di toko-toko atau online shop Sekitar 400 ribu yang paling murah Dan sampai sekitar ... 2.500.000 untuk yang versi bagus.

Tapi sebenarnya Menurut saya ... Untuk anggaran berapapun Atau merek apapun Itu tergantung dari keahlian yang kita miliki Jadi, temen-temen bisa belajar Dari Alat-alat Pembuatan Furniture yang murah dulu saja Yang penting kita punya keahlian atau ketelitian Atau keterampilan Dan lama-lama keahlian bertambah Baru kita upgrade alatnya.

2. Bor

Dan yang kedua adalah bor. Yang tipe konvensional memakai kabel Di pasaran itu sekitar 150 sampai 250 ribu Untuk merek standar Sedangkan untuk bor baterai Harganya variasi sekitar 275 sampai 500 ribu bahkan ada yang lebih bagus Sekitar 1 juta keatas.

Nah, temen-teman pertimbangkan anggaran yang dimiliki Kita tidak harus memakai bor baterai Bisa saja yang menggunakan kabel Tapi kita memiliki fungsi yang sama Untuk memasang atau melepas sekrup.

3. Trimer / Router

Yang ke tiga  Router / Trimmer Harganya berbeda Untuk router lebih mahal, sedangkan trimmer lebih murah Trimmer harganya sekitar 275 sampai 400 ribu Sedangkan harga router Harganya diatas 1 juta.

Untuk memulai usaha Alat-alat Pembuatan Furniture ini, trimmer sudah cukup Untuk kita fungsikan sebagai finishing HPL Atau kalau ternyata anggaran temen-temen terbatas, Temen-temen pertimbangkan untuk membeli router dulu Karena juga bisa untuk merapikan HPL Dan juga bisa difungsikan sebagai alat bobok.

4. Paku Tembak

Yang keempat  Paku Tembak. Harga di online shop kalau saya perhatikan Sekitar 150 ribuan Tapi sayangnya, temen-temen harus punya kompresor dan harga kompresor sekitar 1 jutaan Sebagai opsi, temen-temen menggunakan ... 

Paku tembak elektrik Harganya lumayan mahal sekitar 750 ribu Dan sekali lagi, paku tembak bersifat opsional Jadi tidak harus dipikirkan dan dibeli Saat memulai usaha atau hobi woodworking Dan kesimpulannya dari semua alat ini ... 

Yang paling bermanfaat dan harus dibeli Yaitu circular saw Karena, proses membelah, memotong kayu Membuat bevel atau membuat sudut. Itu semua bisa kita kerjakan Dengan circular saw dan untuk upgrade berikutnya Alat-alat Pembuatan Furniture setelah circular saw, Temen-temen pertimbangkan membeli table saw.

Harga table saw di pasaran sekitar 2.5 Juta Untuk yang 10 Inch Dan ini juga bersifat opsional Jika nanti sudah ada perkembangan dari usaha Atau hobi kita Boleh kita membeli table saw. Dan sebenarnya dari keempat alat ini Masih adalagi powertools atau peralatan lain Yang harus kita miliki di workshop.

Nah itulah Alat-alat Pembuatan Furniture, Interior Semoga memberi wawasan atau manfaat Bagi temen-temen yang mau mulai usaha furniture Atau sebatas melakukan hobi kayu

Post a Comment for "Alat-alat Pembuatan Furniture, bisnis yang memiliki potensi sangat menjanjikan"