7 Manfaat Pohon Karet Bagi Kehidupan Alam

bokban.my.id, Manfaat Pohon Karet Bagi Kehidupan Pohon karet adalah pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan alam terutama manusia. Setiap pohon karet yang sudah dewasa akan memiliki manfaat bagi kehidupan.
tanaman karet,ciri ciri pohon karet banyak getahnya,bibit karet super,jenis bibit karet yang banyak getahnya,cara membuat pohon karet banyak getahnya,bibit karet daun lima,jenis-jenis bibit karet,

Bibit karet terbaik di dunia

Pohon karet memang sudah terkenal di indonesia terutama di daerah yang banyak menghasilkan getah karet seperti di daerah Sumatera, Riau, Sulawesi, dan daerah lainnya.

Karena pohon ini memiliki banyak manfaatnya bagi manusia tak jarang orang membuka lahannya untuk ditanam pohon karet. Pasalnya pohon ini sangat menguntungkan bagi pemilik lahan pohon karet.

Dengan adanya penanaman pohon karet yang baik dalam perkebunan tentunya akan juga membuat lahan lebih tertata rapih, karena pohon karet akan tumbuh dengan baik jika jarak dan penempatan tanam yang sesuai.

7 Manfaat Pohon Karet Bagi Kehidupan Kita :


1 .  Dibutuhkan Semua Produk

Karet merupakan bahan yang banyak digunakan oleh semua produk. Karet yang awalnya hanya berupa bahan mentah dari kebun lalu di proses di pabrik – pabrik industri sehingga menghasilakan produk yang banyak digunakan manusia seperti ban pada kendaraan dan produk – produk penting lainnya.

2 . Menghasilkan Oksigen Untuk Manusia

Pohon karet yang tumbuh tinggi dan memiliki daun yang lebat dapat menyerap gas karbon dioksida atau polusi lalu menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Oksigen ini berdampak baik bagi lingkungan dan manusia.

3 . Membuka Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya lahan perkebunan pohon karet dapat membuka lapangan pekerjaan. Secara ekonomi pohon karet yang menghasilkan getah bisa mencukupi kebutuhan ekonomi masyarakat. Pohon karet yang sudah di sadap dapat menghasilkan getah yang langsung bisa dijual pada toke / pengepul getah. Biasanya getah dijual perminggu atau perbulan tergantung ditempat anda berada.

4. Dapat Bersosial Dengan Orang Lain

Penanaman sampai penyadapan pohon karet biasanya membutuhkan orang lain untuk merawat dan melakukan penyadapan, karena pohon karet memerlukan lahan yang luas sehingga dalam pengerjaan kita dapat bertemu orang lain sehingga tercipta fungsi bersosial.

5. Pembuatan Mebel

Industri mebel membutuhkan banyak bahan dasar kayu. Pohon karet merupakan salah satu bahan dasar industri mebel karena kayu pohon karet memiliki yang keras, awet dan mudah dibentuk. Jenis mebel yang dapat dibuat seperti kursi, meja serta produk berguna lainnya.


6 . Menjaga Kontur Tanah

Pohon karet memiliki akar tunjang dan serabut yang kokoh, sehingga keberadaan pohon karet dapat membantu mengatasi masalah lingkungan seperti banjir, longsor yang membuat tanah stabil.

7. Meningkatkan Kerjasama Ekonomi Internasional

Negara Indonesia merupakan salah satu penyumbang bahan karet dunia sehingga banyak mengekspor ke negara lain. Dengan adanya kegiatan saling mengekspor terciptalah jalinan kerjasama ekonomi internasional.

Nah, manfaat pohon karet dapat dirasakan oleh semua kehidupan di alam. Jadi hampir semua produk berbahan dasar dari karet. Jika kamu ingin mengetahui tentang pohon getah karet lainnya bisa mengakses di www.bokban.my.id

Post a Comment for "7 Manfaat Pohon Karet Bagi Kehidupan Alam"